KEMAMPUAN MENYIMAK DIALOG BAHASA MANDARIN SISWA KELAS V SD SWASTA FRATER THAMRIN

Muh Arif M(1*), Misnawaty Usman(2), Burhanuddin Burhanuddin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/wenchuang.v1i1.23037

Abstract


MUH. ARIF M, 2021. “Kemampuan Menyimak Dialog Bahasa Mandarin Siswa Kelas V SD Swasta Frater Thamrin”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin, Jurusan Pendidikan Bahasa Asing, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Misnawaty Usman dan Burhanuddin).

Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh data dan informasi tentang kemampuan menyimak dialog bahasa Mandarin Siswa Kelas V SD Swasta Frater Thamrin. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini siswa kelas V SD Swasta Frater Thamrin yang terdiri atas 1 kelas dengan 18 siswa. Pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan sampel 1 kelas terdiri atas 18 siswa. Data penelitian ini diperoleh melalui tes keterampilan menyimak dialog bahasa Mandarin. Data dianalisis menggunakan teknik persentase dengan hasil termasuk dalam kategori Baik (83,6%). Dengan demikian, penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan menyimak dialog bahasa Mandarin Siswa Kelas V SD Swasta Frater Thamrin adalah baik (83,6%).

Kata Kunci : Dialog, Menyimak, Bahasa Mandarin


Full Text:

PDF

References


Atoshoki, Antonius. 2006. Relasi Dengan Tuhan. Jakarta: PT Alex Media Komputindo.

Hardjana, Agus. M. 2007. Komunikasi Intrapersonal dan Interpersonal. Yogyakarta: Kanisius.

Kamdhi, J.S. 2012. Mandiri IPA/IPS.PT Tiga Serangkai Pusaka Terampil Berekspresi. Jakarta: Grasindo.

Laurencia, Noviana. 2015. Analisis Tes bahasa Mandarin percakapan Tingkat Dasar (Studi Kasus di Program Studi bahasa Mandarin Universitas “X” Bandung). Jurnal Bahasa dan Budaya China Vol 6, No 1.

Musfiroh. 2004. Menyimak Komprehensif dan Kritis. Yogyakarta: BPFE.

Robbins, P. Stephen. 2009. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Rochmadhoni, Chusnul. 2019. Penerapan Metode Pembelajaran Two Stay Two Stray dalam Pembelajaran Menyimak Pemahaman Dialog Berbahasa Mandarin Siswa Kelas X IPA 1 SMA HANG TUAH 2 Sidoarjo. Jurnal Mahasiswa Unesa.

Saddhono, K. 2012. Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Bandung: CV. Karya Darwati.

Soelaiman. 2007. Manajemen Kinerja; Langkah Efektif untuk Membangun, Mengendalikan dan Evaluasi Kerja. Jakarta: PT. Intermedia Personalia Utama.

Sobandi. 2012. Bahasa Indonesia untuk SMA/MA. Jakarta: Erlangga.

Subyantoro dan Bambang Hartono. 2003. Pengembangan Kemampuan Berbahasa (Pembelajaran Keterampilan Mendengarkan, berbicara, Membaca, dan Menulis). Makalah disajikan pada Pelatihan Terintegrasi Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi Tahun 2003.

Tatang. 2012. Bahasa Indonesiaku Bahasa Negeri 2 untuk Kelas XI SMA dan MA Program.


Article Metrics

Abstract view : 387 times | PDF view : 82 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Wen Chuang





Published by:

Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin

Fakutas Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Daeng Tata Raya Kec. Parangtambung Kota Makassar. Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: wenchuang@unm.ac.id  Contact: +6281354525821


This is a website that publishes an open-access article distributed under Licensed Creative Commons License Creative Commons License the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License.