PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS FLIP PDF CORPORATE EDITION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH KONSTRUKSI BUSANA WANITA DI JURUSAN PKK FT UNM

Nur Wahdaniah(1*), St Aisyah(2), Nahriana Nahriana(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ujtv.v7i3.53183

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk; (1) mengetahui hasil pengembangan bahan ajar e-modul interaktif berbasis Flip PDF Corporate Edition pada mata kuliah konstruksi busana wanita untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa di Jurusan PKK FT UNM; (2) menghasilkan bahan ajar e-modul berbasis Flip PDF Corporate Edition yang valid digunakan sebagai bahan ajar pada mata kuliah konstruksi busana wanita di Jurusan PKK FT UNM; (3) menghasilkan bahan ajar e-modul berbasis Flip PDF Corporate Edition yang praktis digunakan sebagai bahan ajar pada mata kuliah konstruksi busana wanita di Jurusan PKK FT UNM; (4) menghasilkan bahan ajar e-modul berbasis Flip PDF Corporate Edition yang efektif meningkatkan hasil belajar pada mata kuliah konstruksi busana wanita di Jurusan PKK FT UNM. Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian berjumlah 30 orang mahasiswa dan 1 orang dosen Jurusan PKK FT UNM. Pengumpulan data melalui metode wawancara, observasi, dokumentasi dan angket yang dianalisis dengan teknik statistik deksriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil pengembangan bahan ajar e-modul interaktif berbasis Flip PDF Corporate Edition pada mata kuliah konstruksi busana wanita untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa di Jurusan PKK FT UNM melalui tahapan Analisis (Analysis), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation) dan Evaluasi (Evaluation). (2) E-modul valid digunakan berdasarkan nilai dari ahli media sebesar 89,58 dengan kategori Sangat Valid dan ahli materi sebesar 88,65 dengan kategori Sangat Valid; (3) E-modul praktis digunakan dengan nilai dari dosen sebesar 95 dengan kategori Sangat Praktis, mahasiswa sebesar 94,31 dengan kategori Sangat Praktis, dan observer sebesar 94, 44 dengan kategori Sangat Praktis, serta (4) Nilai N-Gain hasil Pre-test dan Post-test adalah 0,80 dengan kategori Tinggi sehingga dapat dikatakan bahwa e-modul berbasis flip pdf corporate efektif meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah konstruksi busana wanita di jurusan PKK FT UNM

 

Keywords


Bahan Ajar, E-Modul, Konstruksi Busana Wanita, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Agustin dkk. (2021). Pengembangan E-modul berbantuan aplikasi Flip Builder pada mata pelajaran marketing (Studi pada kelas x bisnis daring dan pemasaran SMKN 1 Turen). 1(5), pp. 471-478.

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Anggraeni , W. P., & Puspasari, D. (2022). Jurnal Pendidikan Tambusai. Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbantuan Aplikasi Flip PDF Corporate Editionpada Materi Penanganan Telepon, 6(2), 14825-14836.

Badan Pengemban & Pembinaan Bahasa. 2018. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Adi Perkasa.

Fahmida, A. N. (2021). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Interaktif Berbasis Flip Pdf Professional Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Mtsn 5 Tulungagung. Institutional Repository of UIN SATU Tulungagung.

Fatimah, S., & Ramadhana, R. (2017). “Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Keterampilan Literasi. Inspiratif Pendidikan, 2(8).

Fausih, M., & Danang, T. (2015). Pengembangan Media E-Modul Mata Pelajaran Produktif Pokok Bahasan ‘Instalasi Jaringan Lan (Local Area Network)’ Untuk Siswa Kelas Xi Jurusan Teknik Komputer Jaringan Di Smk Nengeri 1 Labang Bangkalan Madura. Jurnal UNESA, 1(1), 1-9.

Firmansyah, D. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan UNSIKA , 39.

Fitinline. (2018, November 21). Kelebihan dan Kekurangan 6 Macam Pola Pakaian Berdasarkan Desain dan Kegunaannya. Cara Menjahit.

Imansari, N., & Sunaryantiningsih, I. (2017). Pengaruh Penggunaan E-Modul Interaktif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Materi Kesehatan Dan Keselamatan Kerja. VOLT:Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 11-16.

Indah, L. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika dengan Memanfaatkan Geogebra Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 26-36.

Jamilah, N. (2020). “Pengembangan Bahan Ajar Interaktif ‘POST’ Dalam Pembelajaran Apresiasi Puisi Untuk Siswa Kelas X SMA. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1(3), 14-23.

Kristi, P. O., & Utami, N. P. (2016). Panduan Lengkap Membuat Pola dan Menjahit Busana. Jogjakarta: Trans Idea Publishing.

Lismina, 2017. Pengembangan Kurikulum. Sidoarjo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Peraturan Mentri Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Repulik Indonesia Nomor 14 Tahun 2015 Tentang Panduan Dan Pelaksanaan Program Pengembangan Teknologi Industri Kementerian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi. 2015. Jakarta: Sekretariat Negara RI.

Republik Indonesia. 2012. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi 2012. Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Jakarta.

Republik Indonesia. 2019. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2019 Tentang Sistem Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Pemerintah Pusat. Jakarta

Rosmiaty. (2019). Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Pada Mata Kuliah Konstruksi Busana Wanita Jurusan Pkk Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Teknik UNM.

Soekarno. 2019. Buku Penuntun Membuat Pola Busana Tingkat Terampil. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Soekarno, 2021. Buku Penuntun Membuat Pola Busana Tingkat Dasar. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Shoum, N., Dewi, R., & Nurhayati. (2016). Hubungan Keterampilan Menjahit Dengan Nilai Mata Kuliah Konstruksi Busana Wanita Pada Mahasiswa Tata Busana Pkk Fkip Unsyiah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 1(1), 1-11.

Simanihuruk , S., & Hia, Y. (2022). Pengembangan E-ModulMenggunakan Flip PDFCorporate Editionpada Materi Perbandingan Trigonometri pada Segitiga Siku-Siku di SMAN 1 Sumbul. Formosa Journal of Applied Sciences (FJAS), 1(5), 775-788.

Sriwahyuni, I., Johan, H., & Risdianto, E. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Menggunakan Flip Pdf Professional Pada Materi Alat-Alat Optik Di Sma. Jurnal Kumparan Fisika, 3(2), pp. 145-152.

Sugiyono, 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono, 2022. Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta

Susanti, E. D., & Sholihah, U. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Flip Pdf Corporate Pada Materi Luas Dan Volume Bola. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 37-46.

Yensey, N. A. (2020). Keefektifan Pembelajaran Statistika Matematika Melalui Media Whatsapp Group Ditinjau dari Hasil Belajar Mahasiswa (Masa Pandemik Covid 19). Jurnal Pendidikan Matematika Reflesia, 5(2), 65-74.

Zainul, R., Oktavia, B., & Putra , A. (2018, Agustus 16). Pengenalan Dan Pengembangan E-Modul Bagi Guru- Guru Anggota MGMP Kimia Dan Biologi Kota Padang Panjang. INArxiv.

Zinnurain. (2021). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Interaktif Berbasis Flip Pdf Corporate Editionpada Mata Kuliah Manajemen Diklat. ACADEMIA : Jurnal Inovasi Riset Akademik, 1(1), 132-139.


Article Metrics

Abstract view : 213 times | PDF view : 37 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.