Pengembangan Media Interaktif Berbasis Model Pembelajaran Guided Inquiry Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/ujtv.v7i3.52958
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Hasil pengembangan media interaktif berbasis model pembelajaran guided inquiry pada mata pelajaran simulasi digital; (2) keefektifan penggunaan media interaktif berbasis model pembelajaran guided inquiry untuk menumbuhkan minat dan aktivitas belajar siswa; (3) Kepraktisan penggunaan media interaktif berbasis model pembelajaran guided inquiry pada mata pelajaran simulasi digital. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari beberapa tahap, yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi dan evaluasi sistem. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Subjek uji coba produk penelitian ini adalah 2 orang ahli media pembelajaran, 1 orang ahli materi, 3 orang guru dan 35 siswa SMK Nasional Kota Makassar. Sementara itu, objek uji coba yang diteliti adalah kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media interaktif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media interaktif berbasis model pembelajaran quided inquiry dapat memotivasi siswa untuk belajar mandiri, kreatif, efektif dan efisien dengan penilaian pada unsur kevalidan yang diberikan oleh ahli media yakni rata-rata 4,74. Kemudian ahli materi memberikan rata-rata penilaian 4,81, rata-rata pada setiap hasil tersebut nilainya lebih besar dari median skala likert. Dengan demikian dapat dikatakan media pembelajaran berbasis model pembelajaran quided inquiry sangat layak untuk digunakan. kemudian pada unsur keefektifan yang diberikan oleh 3 orang guru pada uji coba lapangan yakni rata-rata 4,69 dan untuk uji coba skala besar terhadap 35 siswa mendapat rata-rata 4,70. Rata-rata pada setiap hasil tersebut lebih besar dari median skala likert. Dengan demikian dapat dikatakan media pembelajaran berbasis model pembelajaran quided inquiry sangat efektif. Kemudian pada unsur kepraktisan yang diberikan oleh 3 orang guru pada uji coba lapangan yakni rata-rata 4,76 dan untuk uji coba skala besar terhadap 35 siswa mendapat rata-rata 4,81. Rata-rata pada setiap hasil tersebut lebih besar dari median skala likert. Dengan demikian dapat dikatakan media pembelajaran berbasis model pembelajaran quided inquiry sangat praktis.
Kata Kunci : Media Interaktif, Simulasi Digital, Adobe Flash CS6, Guided Inquiry
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, R. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran Kimia Di Madrasah Aliyah. Lantanida Journal, 5(1), 13. https://doi.org/10.22373/lj.v5i1.2056
Aminah, S., & Roikan. (2019). Pengantar Metode Penelitian Kualitatif Ilmu Politik. In Edisi Pertama. Jakarta Timur: Prenadameedia Group.
Ani Cahyadi. (2019). Pengembangan Media dan Sumber Belajar: Teori dan Prosedur. In Serang:Laksita Indonesia (Issue January 2018).
Asyhari, A., & Silvia, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.100
Elizabeth DePoy, L. (2016). Instroduction To Research. USA: Elsevier.
Erita, S. (2016). Beberapa Model, Pendekatan, Strategi, dan Metode dalam Pembelajaran Mamtematika. Ilmu Pendidikan, 1(2), 1–13. http://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/tarbawi/article/download/68/67
Faisal Ananda, W. M. (2018). Metodologi Penelitian Hukum Islam. Jakarta : Prenadamedia Group.
Fitria, A. D., Mustami, M. K., & Taufiq, A. U. (2017). Pengembangan Media Gambar Berbasis Potensi Lokal Pada Pembelajaran Materi Keanekaragaman Hayati di Kelas X di SMA 1 Pitu Riase Kab. Sidrap. Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 14–28. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/download/5176/4669
Hartoto, T. (2016). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (Gi) Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Sejarah. Historia, 4(2), 131–142. https://doi.org/10.24127/hj.v4i2.553
Haryoko, S., & Jaya, H. (2017). Pengembangan Media Ajar Pada Mata Kuliah Pengantar Pendidikan Kejuruan. Jurnal MEKOM (Media Komunikasi Pendidikan Kejuruan), 4(2), 104–112. https://doi.org/10.26858/mekom.v4i2.5134
Article Metrics
Abstract view : 93 times | PDF view : 14 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.