PENGARUH PRAKTIK KERJA INDUSTRI, PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PRODUKTIF DAN MINAT BERWIRAUSAHA TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA SMK NEGERI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI KOTA MAKASSAR

Yermia Yunus(1*), Abdul Muis Mappalotteng(2), Syafiuddin Panrenrengi(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ujtv.v7i2.49175

Abstract


SMK merupakan pendidikan menengah kejuruan yang bertujuan mempersiapkan peserta didik menjadi tenaga kerja yang profesional untuk bekerja dalam bidang tertentu. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa kesiapan kerja siswa SMK Negeri Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di Kota Makassar masih belum maksimal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran praktik kerja industri, prestasi belajar mata pelajaran produktif, minat berwirausaha dan kesiapan kerja serta untuk menganalisis pengaruh praktik kerja industri, prestasi belajar mata pelajaran produktif dan minat berwirausaha terhadap kesiapan kerja siswa SMK Negeri Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di Kota Makassar secara parsial maupun simultan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian expost-facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa SMK Negeri Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di Kota Makassar. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling sebanyak 122 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi, sedang analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat praktik kerja industri dikategorikan dalam kategori baik sebesar 91%, prestasi belajar mata pelajaran produktif dikategorikan dalam kategori baik sebesar 89%, minat berwirausaha dikategorikan pada kategori tinggi sebesar 86% dan kesiapan kerja dikategorikan pada kategori tinggi sebesar 84%. Terdapat pengaruh positif dan signifikan praktik kerja industri, prestasi belajar mata pelajaran produktif dan minat bewirausaha terhadap kesiapan kerja kerja siswa secara parsial masing-masing sebesar 61%, 77,5%, 29% dan secara simultan 85,3%.

 

Keywords


Praktik Kerja Industri; Prestasi Belajar; Mata Pelajaran Produktif; Minat Berwirausaha; Kesiapan Kerja

Full Text:

PDF

References


Amalia, P. I., & Murniawaty, I. (2020). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Efikasi Diri dan Minat Kerja Terhadap Kesiapan Kerja. Economic Education Analysis Journal, 9(3), 907-922.

Anoraga, P. (2006). Psikologi Kerja. Jakarta: Rineksa Cipta.

Badan Pusat Statistik Sulawesi Selatan. (2021). Keadaan Ketenagakerjaan Sulawesi Selatan Agustus 2021. Berita Resmi Statistik. No. 30/05/73/Th. XIV. Diakses 11 April 2022.

Baiti, A. A., & Munadi, S. (2014). Pengaruh pengalaman praktik, prestasi belajar dasar kejuruan dan dukungan orang tua terhadap kesiapan kerja siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(2).

Dalyono. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Dikmenjur. (2013). Pedoman Pelaksanaan Prakerin. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Depdiknas.

Emir, O. (2013). The effect of training on vocational high school students in their professional development. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 106, 2724-2738.

Fitriyanto, A. (2006). Ketidakpastian Memasuki Dunia Kerja karena Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, O. (2005). Pengembangan Sumber Daya Manusia Manajemen Pelatihan Ketenagakerjaan Pendekatan Terpadu. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Handayani, U. S., & Setiyani, R. (2015). Pengaruh prestasi akademik mata diklat produktif akuntansi, praktik kerja industri, dan lingkungan keluarga terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII SMK Negeri 1 Kebumen Program Keahlian Akuntansi Tahun Ajaran 2014/2015. Economic Education Analysis Journal, 4(3).

Ihsan, M. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesiapan Kerja pada Siswa SMK Negeri 1 Sinjai. Jurnal Pendidikan, vol. 6, no. 2, 2018, pp. 105-115.

Kardimin, A. (2004). Strategi Melamar Kerja dan Bimbingan Karier. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Kasmir. (2011). Kewirausahaan - Edisi Revisi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Khoiroh, M., & Prajanti, S. D. W. (2018). Pengaruh Motivasi Kerja, Praktik Kerja Industri, Penguasaan Soft Skill, dan Informasi Dunia Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK. Economic Education Analysis Journal, 7(3), 1010-1024.

Ngalim, P. M. (2006). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 07/D.D5//KK/2018 Tentang Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK).

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Syah, M. (2017). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wibowo. (2016). Manajemen Kinerja. Jakarta: Rajawali Pers.

Yulanto, D. M., Januariyansah, S., & Rohmantoro, D. (2020). Pengaruh Praktik Kerja Industri dan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Produktif terhadap Kesiapan Kerja Siswa. Journal of Automotive Technology Vocational Education, 1(1), 40-46.


Article Metrics

Abstract view : 73 times | PDF view : 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.