PENGARUH PEMBELAJARAN KOMPETENSI DASAR KETERAMPILAN, PRAKTIK KERJA LAPANGAN, DAN SELF EFFICACY TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA DI SMK NEGERI TAKALAR TAHUN 2023

Ariyanto ariyanto(1*), Amiruddin Amiruddin(2), Faizal Amir(3),

(1) Universitas Negeri Makassar.
(2) Universitas Negeri Makassar.
(3) Universitas Negeri Makassar.
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ujtv.v7i2.46524

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) gambaran pembelajaran kompetensi dasar keterampilan siswa di SMK Negeri Takalar, (2) gambaran Praktik Kerja Lapangan (PKL) siswa di SMK Negeri Takalar, (3) gambaran Self-Efficacy siswa di SMK Negeri Takalar, (4) gambaran kesiapan kerja siswa di SMK Negeri Takalar, (5) pengaruh pembelajaran kompetensi dasar keterampilan terhadap kesiapan kerja siswa di SMK Negeri Takalar, (6) pengaruh Praktik Kerja Lapangan (PKL) terhadap kesiapan kerja siswa di SMK Negeri Takalar, (7) pengaruh Self-Efficacy Terhadap Kesiapan kerja siswa di SMK Negeri Takalar, (8) pengaruh secara bersama-sama pembelajaran kompetensi dasar keterampilan, praktik kerja lapangan, dan self efficacy terhadap kesiapan kerja siswa di SMK Negeri Takalar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode Ex-post Facto. Sampel pada penelitian sebanyak 123 siswa kelas XII. Data penelitian diperoleh dengan teknik dokumentasi dan angket. Teknik analisis data yang dilakukan adalah analisis statistik desktiptif, statistik inferensial dan uji hipotesis menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) pembelajaran kompetensi dasar keterampilan siswa berada pada kategori “tinggi”, (2) Praktik Kerja Lapangan siswa berada pada kategori “tinggi”, (3) Self-Efficacy berada pada kategori “tinggi”, (4) kesiapan kerja siswa berada pada kategori “tinggi” (5) ada pengaruh pembelajaran kompetensi dasar keterampilan terhadap kesiapan kerja siswa di SMK Negeri Takalar, (6) ada pengaruh Praktik Kerja Lapangan (PKL) terhadap kesiapan kerja siswa di SMK Negeri Takalar, (7) ada pengaruh Self-Efficacy Terhadap Kesiapan kerja siswa di SMK Negeri Takalar, (8) adanya pengaruh secara bersama-sama antara pembelajaran kompetensi dasar keterampilan, praktik kerja lapangan, dan self efficacy terhadap kesiapan kerja siswa  di SMK Negeri Takalar.

Keywords


Pembelajaran Kompetensi Dasar Keterampilan, Praktik Kerja Lapangan, Self Efficacy, Kesiapan Kerja

Full Text:

PDF

References


Amiruddin, Kustono, D., Hadi, S., & Djuanda. (2016). Analisis Implementasi Pendidikan Sistem Ganda Pada Smk Masa Studi 3 Tahun Dan 4 Tahun. Teknologi Dan Kejuruan, 39(1), 87–98.

Bandura, A. (1989). Social cognitive theory. In R. Vasta (Ed.), Annals of child development. 6, (pp. 1-60).

Lestari I (2015). Pengaru pengalaman prakerin, hasil belajar prodiktif dan dukungan sosial terhadap kesiapan kerja siswa SMK. Jurnal pendidikan vokasi, vol 5, Nomor 2, Juni 2015.

Lie, N. L. C., & Darmasetiawan, N. K. (2018). Pengruh Soft Skill terhadap Kesiapan Kerja Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean pada Mahasiswa S1 Fakultas Bisnis dan Ekonomika. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 6(2), 1496–1514.

Melinda novia saputri (2016). Pengaruh praktik kerja lapangan (PKL), Lingkungan keluarga, dan selff efficacy terhadap kesiapan kerja siswa kelas program keahlian akuntansi kelas XII. Tesis fakultas ekonomi universitas negeri semarang.

Nurul Huda (2015). Pengaruh mata pelajaran produktif, praktrk kerja industri dan keadaan ekonomi keluarga terhadap kesiapan kerja siswa kelas XI jurusan bangunan program keahlian teknik gambar bangunan SMK Negeri 4 Semarang tahun pelajaran 2014/2015. Tesis fakultas ekonomi universitas Negeri semarang.

Prasmeswary, Redinta (2019). Pengaruh praktek kerja lapangan dan efikasi diri terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII di SMK Negeri 40 jakarta ; repositori fakultas ekonomi univeristas negeri jakarta ; tesis

Saputri, M. N. (2016). Pengaruh Praktik Kerja Lapangan (PKL), Lingkungan Keluarga, Dan Self-Efficacy Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Kebumen Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi Fakultas Ekonomi UNS, 29–31.

Soematjadi (1991). Psikologi keterampilan. Jakarta: Depdikbud.

Soni Kuncoro (2013) Pengaruh efikasi diri dan informasi pekerjaan terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII di SMK negeri 2 wonosari jakarta. Tesis, Fakultas tekhnik univeritas Negeri jogjakarta ; skripsi

Supriyanti, 2013. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Jaya Ilmu

Wibowo, A., & Rahmadi, D. W. I. (2020). Best Score Psikotes Kerja. Genta Smart Publisher.


Article Metrics

Abstract view : 161 times | PDF view : 38 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.