ANALISIS PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER PADA SMK NEGERI 1 KOLAKA MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM)

Husna Saleh(1*), Purnamawati Purnamawati(2), Anas Arfandi(3), Alimuddin Sa'ban Miru(4), Abdul Muis Mappalotteng(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ujtv.v7i2.46111

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku penggunaan e-learning: (1) persepsi kemudahan penggunaan e-learning (Perceived Ease of Use), (2) persepsi kegunaan/kemanfaatan e-learning (Perceived Usefulness), (3) sikap penggunaan e-learning (Attitude Toward Using), (4) niat perilaku penggunaan e-learning (Behavioral Intention to use), dan (5) implementasi e-learning (Actual technology use) dalam penerapan media pembelajaran berbasis komputer pada SMK Negeri 1 Kolaka menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Terdapat persepsi kemudahan penggunaan e-learning (Perceived Ease of Use) dengan kategori sedang. (2) Terdapat persepsi kegunaan/kemanfaatan e-learning (Perceived Usefulness) dengan kategori sedang. (3) Terdapat sikap penggunaan e-learning (Attitude Toward Using) dengan kategori lebih tinggi dari pada kategori lainnya. (4) Terdapat niat penggunaan e-learning (Behavioral Intention to use) dengan kategori rendah dibandingkan dengan level kategori sebelumnya. (5) Terdapat implementasi e-learning (Actual technology use) dengan kategori rendah dibandingkan dengan level kategori sebelumnya.

 

Keywords


Media Pembelajaran Berbasis Komputer; Deskriptif; E-learning; Technology Acceptance Model (TAM)

Full Text:

PDF

References


Abe Tuska. (2020). Analisis Penerimaan Terhadap Penerapan Sistem E-learning Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Media Informatika Budidarma, 4(4): 924-929. Oktober, 8 2022. http://ejurnal.stmik-budidarma.ac.id

Abdillah. (2020). Studi Penerapan Konsep Teacherpreneur Pada Guru Produktif Di Kota Semarang. Journal of Vocational Education and Automotive Technology. 2(2): 141-151. Oktober, 13 2022. https://e-journal.ivet.ac.id

Anshori. (2018). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan, 88-100. 4 Januari 2023.

Ardiyanto, Kusumadewi. (2019). Pengintegrasian Technology Acceptance Model (TAM) dan Kepercayaan Konsumen Pada Marketplace Online Indonesia. Jurnal Inspirasi Bisnis & Manajemen, 3(2): 177-192. Oktober, 12 2022. http://jurnal.unswagati.ac.id

Arfandi, Purnamawati & Mangesa. (2021). Penguatan Kapasitas Guru SMK Kompetensi Keahlian Elektronika Industri Pada Pembelajaran Berfikir Kritis dan Penyusunan Soal HOTS. Jurnal Dedikasi. 23(1): 50-63. Januari, 14 2023.

Arwani. (2018). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multimedia. 9(2): 170-186. Oktober, 12 2022. https://ejournal.iainpekalongan.ac.id

Ariyanto. (2018). Upaya Peningkatan Kompetensi Profesional Guru di SMK Negeri 1 Surabaya. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya. September, 28 2022. http://core.ac.uk

Azwar. (2017). Metode Penelitian Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bhasari, Rokhmawati. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penerimaan Teknologi Menggunakan Kuesioner Technology Acceptance Model (TAM) Pada E-elearning Google Classroom di SMK Negeri 2 Kupang.

Cholil, Muhammad. (2018). Aplikasi Technology Acceptance Model Pada Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit. Jurnal Bisnis & Manajemen, 17 (1): 81 – 102. September, 22 2022. https://jurnal.uns.ac.id/

Dalimunthe, Nurmaini & Himawan Wibison. (2019). Analisis Penerimaan Sistem E-Learning SMK Labor Pekanbaru Dengan Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Sains, Teknologi dan Industri, 11(1): 1-8. Oktober, 12 2020 http://ejournal.uin-suska.ac.id

Darman, Hasnawati. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Berorientasi Model Drills and Pratice, Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(1): 1-7. Oktober, 12 2020. http://journal.umkendari.ac.id

Depdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia No 2 Tahun 2013 Tentang Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Edi, Suharno & Widiastuti. (2018) Pengembangan Standar Pelaksanaan Praktik Kerja Industri (Prakerin) Siswa Smk Program Keahlian Teknik Pemesinan Di Wilayah Surakarta. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Kejuruan (JIPTEK), 10(1): 22-30. Oktober, 13 2022. https://jurnal.uns.ac.id

Fatmawati. (2018). Technology Acceptance Model (TAM) Untuk Menganalisis Penerimaan Terhadap Sistem Informasi Perpustakaan. Jurnal Iqra’, 9(1): 1-13. Okotober 12 2022. https://media.neliti.com

Ferdiansyah, dkk. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis E-learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Matakuliah Media Pembelajaran Musik. Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni, 21(1): 63-71. 6 Januari 2023. http://ejournal.unp.ac.id

Fitrianingrum. (2018). Penggunaan Media Komputer Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Skripsi Tidak Diterbitkan. Jakarta: Universitas Islam Negeri Hidayatullah Jakarta. Oktober, 13 2022. https://repository.uinjkt.ac.id

Hartanto. (2018). Penggunaan E-learning Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1-15. 7 Januari 2023.

Hasibuan, Nasruddin. (2018). Implementasi Media Pembelajaran Dalam Pendidikan Agama Islam. Jurnal Darul ‘Ilmi, 4(1):22-39. Oktober, 7 2022. jurnal.iain- padangsidimpuan.ac.id

Hawarni. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Presentasi Multimedia Terhadap Hasil Belajar Informatika di SMA Negeri 1 Tilamuta. Jurnal Normalita, 9(1): 63-74. Oktober, 8 2022. https://ejurnal.pps.ung.ac.id

Ika, Tanamah & Setiyani. (2020). Analisis Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis computer Pada SMP Negeri 1 Salatiga Dengan Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM), 1(1): 6-25. Oktober, 8 2022. https://repository.ukws.edu

Iqbal, Arisman. (2018). Metode Pembelajaran e-learning Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) Untuk Pembelajaran Akuntansi. Jurnal inFestasi, 14(2): 116-125. Oktober, 7 2022. https://jurnal.trunojoyo.ac.id

Kuncahyono. (2019). Analisis Penerapan Media Berbasis Komputer Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD, 5(2): 773-780. Oktober, 8 2022. http://eprints.umm.ac.id

Lestari, Suryadi & Ismail. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Komputer Dengan Model Tutorial Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran TIK. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 6(1): 1-9. Oktober, 8,2022.http://journal.institutpendidikan.ac.id

Liana, Leonard. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Dalam Pembelajaran Matematika SMP. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 122-131. https://journal.lppmunindra.ac.id

Mahnun. (2018). MEDIA PEMBELAJARAN (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). 37(1): 27-33. Oktober, 13 2022. http://ejournal.uin-suska.ac.id

Muhson, Ali. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2): 1-10. Oktober, 8 2022. https://journal.uny.ac.id

Muspawi. (2021). Strategi Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(1): 101-106. Oktober, 10 2022. http://ji.unbari.ac.id

Novianti, dkk. (2021). Analisis Penerimaan Sistem Informasi Menggunakan Technology Acceptance Model (Studi Kasus: Sijalak Desa Pohsanten Kabupaten Jembrana Provinsi Bali). Information System and Emerging Technology Journal, 2(2): 113-125. Oktober, 14 2022. https://ejournal.undiksha.ac.id

Nurrita. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat: Jurnal ilmu-ilmu Al-Quran, Hadits, Syariah dan Tarbiyah, 3(1): 171-187. Oktober 17 2022. https://www.neliti.com

Nursamsu, Kusnafizal. (2018). Pemanfaatan Media Pembelajaran Ict Sebagai Kegiatan Pembelajaran Siswa Di Smp Negeri Aceh Tamiang. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA (JIPI), 1(2): 165-170. Oktober 12 2022. www.jurnal.unsyiah.ac.id

Permana, Putu Adi Guna. (2018). Penerapan Metode TAM (Technology Acceptance Model) dalam Implementasi Sistem Informasi Bazzar Banjar. Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 10(1). September, 23 2022.

Pradiatiningtyas, Suparwanto. (2018). E-learning Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Web Pada SMK N 4 Purwarejo. Indonesian Journal on Networking and Security, 7(2): 1-8. 5Januari 2023.

Purnamawati, dkk. (2020). Pelatihan Mendesain Media Pembelajaran Trainer Sensor dan Transduser. Prosiding Seminar Nasional.

Purwandani, Syamsiah. (2020). Analisa Penerimaan dan Penggunaan Teknologi Google Classroom dengan Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan, 3(2): 247-255. Oktober, 8 2022. http://journal.rekarta.co.id

Rosyadi, Suyantiningsih. (2020). Korelasi Antara Persepsi Pengelolaan dan Layanan Pustaka dengan Motivasi Belajar di Digital Library UNY. Jurnal EPISTEMA, 1(1): 59-67. Oktober, 8 2022. https://journal.uny.ac.id

Satrio. Dedy Budi, Muhammad Su’un dan Syamsuri Rahim. (2019). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Kemudahan, dan Kerumitan Terhadap Aplikasi E- Faktur di Makassar. Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi, 7(2): 183-196. Oktober, 12 2022. http://journal.uin-alauddin.ac.id

Sari, P. (2019). Analisis Terhadap Kerucut Pengalaman Edgar Dale dan Keragaman Gaya Belajar Untuk Memilih Media yang Tepat Dalam Pembelajaran. Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1): 43-57. Oktober, 8 2022. http://ejournal.insud.ac.id

Santi, dkk. (2021). Analisa Penerimaan Sistem Pakar Penentuan Jenis Kulit Wajah Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis, 9(1): 16-30. Oktober, 13 2022. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id

Sihotang. I. M. (2019). Media Pembelajaran Berbasis Komputer Dalam Penyusunan Laporan Keuangan. Proseding Seminar nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi, 541-545. Oktober, 9 2022. http://fe.unp.ac.id

Simanjuntak, dkk. (2020). Peran Teknologi Informasi dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1): 1-10. Januari 5 2023. http://jurnal.unipasby.ac.id

Sudjana, Nana. (2018). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sukari. (2019). Multimedia Berbasis Komputer Dalam Proses Pembelajaran, 15(2): 234-241. Oktober, 13 2022. https://jurnal.iimsurakarta.ac.id

Suminar. (2019). Penerapan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Sosiologi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 2(1): 774-783. 4 Januari 2023. https://jurnal.untirta.ac.id

Supriadi, I. (2022). Riset Akuntansi Keperilakuan Penggunaan SmartPLS dan SPSS Include Macro Edrew F. Hayes. CV. Jakad Media Publishing.

Tafonao T. (2019). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2): 1-13. Oktober 8 2022. http://journal.univetbantara.ac.id

Taluke, dkk. (2019). Analisis Preferensi Masyarakat Dalam Pengelolaan Ekosistem Mangrove Di Pesisir Pantai Kecamatan Loloda Kabupaten Halmahera Barat. Jurnal Spasial, 6(2): 531-540. Oktoeber 25 2022. https://ejournal.unsrat.ac.id

Utami, Vioreza. (2021). Teacher Work Productivity in Senior High School. International Journal of Instruction, 14 (1): 599-614. Oktober 7 2022

Wahid A. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar, 5(2): 1-11. Oktober 8 2022.

Zaki, Yusri. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7 (2): 809-820. Oktober, 7 2022. https://journal.iainlangsa.ac.id


Article Metrics

Abstract view : 221 times | PDF view : 40 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.