Pengaruh Media Presentasi Interaktif dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Peserta Didik SMA Kristen Gamaliel Makassar.

Yonathan - Sapan(1*), M. Sidin Ali(2), Muhammad Arsyad(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ujtv.v7i1.43535

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen murni menggunakan desain faktorial 2×2 yang bertujuan untuk: 1) mendeskrisipkan perbedaan hasil belajar fisika yang signifikan antara peserta didik yang diberikan media presentasi interaktif dengan media konvensional, 2) menganalisis perbedaan hasil belajar fisika yang signifikan antara peserta didik yang diberikan media presentasi interaktif dan media konvensional, bagi peserta didik yang memiliki motivasi belajar tinggi, 3) menganalisis perbedaan hasil belajar fisika peserta didik yang diberikan media presentasi interaktif dan media konvensional, bagi peserta didik yang memiliki motivasi belajar rendah, 4) menganalisis pengaruh interaksi antara media presentasi interaktif dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar fisika peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI MIPA SMA Kristen Gamaliel Makassar dengan pengumpulan data dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu; 1) tahap persiapan yang meliputi observasi awal pada sampel penelitian dan penyusunan perangkat dan instrumen penelitian termasuk validasi isi dan empiris, 2) tahap pelaksanaan berupa pemberian angket motivasi pada peserta didik, penerapan media presentasi interaktif pada kelas eksperimen dan penerapan media konvensional pada kelas kontrol, 3) tahap akhir dengan pemberian tes akhir hasil belajar yang kemudian dilakukan analisis untuk uji hipotesis. Hasil pengujian hipotesis yang dilakukan dengan analisis varians dua arah yang menunjukkan bahwa (1) secara keseluruhan, terdapat perbedaan hasil belajar fisika peserta didik yang diberikan media presentasi interaktif dengan media konvensional, (2) untuk peserta didik yang memiliki motivasi belajar fisika tinggi, terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar fisika antara peserta didik yang diberikan media presentasi interaktif dengan media konvensional, (3) untuk peserta didik yang memiliki motivasi belajar fisika rendah, terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar fisika antara peserta didik yang diberikan media presentasi interaktif dengan media konvensional, (4) tidak terdapat interaksi antara media pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar fisika peserta didik.


Keywords


media presentasi interaktif; motivasi belajar; hasil belajar fisika; eksperimen; desain faktorial

Full Text:

PDF

References


Aiken, L. R. (1985). Three Coefficients for Analyzing the Reliability, and Validity of Ratings. Educational and Psychological Measurement, 45, 131-142.

Alex, S. 2009. Psikologi umum, CV. PUSTAKA SETIA Bdg.

Arikunto, S. 2002. Metode penelitian. Jkt. Rineka Cipta 89–71.

Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Briggs, A., & Cobley, P. 2002. The media: an introduction. Pearson Education.

Chaudhry, A. K., Kalwar, M. A., Khan, M. A. & Shaikh, S. A. (2021). Improving the Efficiency of Small Management Information System by Using VBA. International Journal of Science and Engineering Investigations (IJSEI), 10 (111), 7-13. http://www.ijsei.com/papers/ijsei1011121 02.pdf

Gunawan, I. 2016. Pengantar Statistika Inferensial. Jakarta. PT Raja Graf. Persada.

Hamalik, O. 2005. Kurikulum dan Pendidikan. Jakarta: Bumi Akasara.

Hasan. (2011). Hubungan Antara Pengetahuan Dasar Matematika dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Fisika Peserta didik Kelas Xi IPA SMA Negeri 1 Makassar Tahun Ajaran 2010/2011. JSPF. 7(2)

Hamzah, K. (2019). Efektifitas Penggunaan Media PowerPoint Topik Lingkaran Terhadap Motivasi, Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa. Proximal Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika. 2(1). 18-24

Ketut Dedi Juniadi, Nyoman Dantes, Gede Rasben Dantes. (2015). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Media TIK Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Motivasi Belajar Peserta didik Kelas IX SMP Nasional Denpasar Tahun Ajaran 2014/2015. e-Journal Program Universitas Pendidikan Ganesa, Universitas Pendidikan Ganesa.

Mary, I., & Elizabeth, C. (2019). Use of Power Point Presentations (PPT) in Promoting Constructivist Learning at College Level - A Study. India’s Higher Education Authority UGC Approved List of Journals. 19(4). 254-265.

Mayer, R.E., Stull, A., DeLeeuw, K., Almeroth, K., Bimber, B., Chun, D.,

Bulger, M., Campbell, J., Knight, A., Zhang, H. (2009). Clickers in college classrooms: Fostering learning with questioning methods in large lecture classes. Contemp. Educ. Psychol. 34, 51–57.

Mustakim. (2020). Efektivitas pembelajaran daring menggunakan media online selama pandemi covid-19 pada mata pelajaran matematika. Al asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 1-12.

Nithya, S. (2016). Effectiveness Of PowerPoint Method in Learning Measurement Concepts at Standar VII. Bhartiyam International Journal Of Education & Research. 5(2). 39-36.

Pardede K, dkk. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Siswa SMA Negeri 1 Sunggal. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan, 3 (1), 54-67.

Purwanti, B. (2015). Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika dengan Model Assure. J. Kebijak. Dan Pengemb. Pendidik. 3.

Pujiastuti,A. (2019). Interactive Learning Media "JELONPRO" to Learn Paraboli Motion in Physics For X Grade Students of Science Class in SMA Negeri 1 Malang. Journal of Innovative Studies on Character and Education. 3 (1). 78-86

Putra, Z., Witri, G., & Yulita, T. (2019). Development Of Powerpoint-Based Learning Media In Integrated Thematic Instruction Of Elementary School. International Journal Of Scientific Technology Research. 8(10). 697-702

Putri, Hanny., & Nurafini. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran PowerPoint Interaktif Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan. 3(6). 3538-3543.

Putry, A., Pratama, A., Delima, E. (2017). Enhancing Physics Student’s Achievement Through Problem Based Learning Assisted PhET on High School. 3rd International Seminar On Science Education. 3. 189-192

Rusliadi, R., Yani, A., Hustim, R. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Presentasi Interaktif Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Cokroaminoto Makassar Tahun Ajaran 2015/2016. JPF J. Pendidik. Fis. 4, 309–327.

Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sadiman, A. 2009. Media pendidikan. Rajawali Pers.

Siregar, S. 2013. Metode penelitian Kuantitatif dilengkapi dengan perbandingan perhitungan manual & SPSS. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

Suniati, Ni Made Sari. (2013). Pengaruh implementasi pembelajaran kontekstual berbantuan multimedia interaktif terhadap penurunan miskonsepsi (Studi Kuasi Eksperimen dalam Pembelajaran Cahaya dan Alat Optik di SMP Negeri 2 Amplapura). E Journal Program Universitas Pendidikan Ganesa, Universitas Pendidikan Ganesa.

Suryabrata, S. 2005. Psikologi pendidikan. PT Rajagrafindo.

Tobin, Kenneth. 2015. Pengajaran dan Pembelajaran Sains. Bandung: Penerbit Nusa Media

Wijaya,M.,& Devianto,Y. (2019). Application


Article Metrics

Abstract view : 141 times | PDF view : 31 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.