Pengaruh Pelatihan, Pendidikan Lanjutan, dan Pengalaman Mengajar Terhadap Peningkatan Profesionalisme Guru Produktif Pada SMK Negeri di Kota Makassar

Husnaeni Husnaeni(1*), Muh Nasir Malik(2), Hasanah Nur(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ujtv.v7i2.42845

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan, pendidikan lanjutan, dan pengalaman mengajar terhadap peningkatan profesionalisme guru. Metode penelitian ex-post facto. Jumlah populasi sebesar 423 orang dan sampel berjumlah 112 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas data, uji linearitas data, uji multikolinearitas data, dan uji heteroskedastisitas data. Hasil analisis deskriptif menunjukkan pelatihan, pendidikan lanjutan, dan pengalaman mengajar terhadap peningkatan profesionalisme guru produktif pada SMK Negeri di Kota Makassar berada pada kategori sangat tinggi. Uji hipotesis menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara pelatihan dengan peningkatan profesionalisme guru produktif pada SMK Negeri di Kota Makassar. Hasil uji menunjukkan bahwa nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05 dengan kontribusi sebesar 33,1%. (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara pendidikan lanjutan dengan peningkatan profesionalisme guru produktif pada SMK Negeri di Kota Makassar. Hasil uji menunjukkan bahwa nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05, dan berpengaruh sebesar 31,3%. (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara pengalaman mengajar dengan peningkatan profesionalisme guru produktif pada SMK Negeri di Kota Makassar. Hasil uji menunjukkan bahwa nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05, dan berpengaruh sebesar 46,4%. (4) pelatihan, pendidikan lanjutan, dan pengalaman mengajar berpengaruh secara bersama-sama terhadap peningkatan profesionalisme guru produktif pada SMK Negeri di Kota Makassar. Hasil uji menunjukkan bahwa nilai sig. 0,000 < 0,05 dan berpengaruh sebesar 50,6%.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 62 times | PDF view : 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.