PENGARUH MINAT, MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN LITERASI TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Nur Intan Baharsyah(1*), Aisyah Aisyah(2), Samnur Samnur(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ujtv.v7i2.41161

Abstract


Belajar merupakan proses perubahan tingkah laku manusia menjadi lebih baik. Di lingkungan sekolah, perubahan tersebut dapat dilihat melalui hasil belajar, dimana dalam pelaksanaan untuk mencapai hasil belajar tersebut dipengaruhi oleh berbagai faktor antara lain minat dan motivasi belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah minat dan motivasi belajar secara parsial maupun secara simultan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jenis penelitian adalah literature review. Sampel berjumlah 10 jurnal internasional dan nasional. Teknik pengumpulan data artikel dan jurnal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode review jurnal, menggunakan Google Scholar. Pada penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan berbagai artikel pendukung jurnal Nasional dan Internasional. Kriteria artikel ilmiah yang digunakan sebagai data berupa artikel ilmiah yang bersumber dari jurnal dengan kemuktakhiran 5 tahun terakhir. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan berbagai artikel pendukung yaitu beberapa jurnal Nasional dan 10 jurnal Internasional.


Keywords


Minat; Motivasi Belajar; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Cevahir, H., Özdemir, M., & Baturay, M. H. (2022). The Effect of Animation-Based Worked Examples Supported with Augmented Reality on the Academic Achievement, Attitude and Motivation of Students towards Learning Programming. Participatory Educational Research, 9(3), 226–247. https://doi.org/10.17275/per.22.63.9.3

Gulo, A. (2022). Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Ekosistem. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 307–313. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.54

Hadiyanti, N. F. D., Hobri, Prihandoko, A. C., Susanto, Murtikusuma, R. P., Khasanah, N., & Maharani, P. (2021). Development of mathematics e-module with STEM-collaborative project based learning to improve mathematical literacy ability of vocational high school students. Journal of Physics: Conference Series, 1839(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1839/1/012031

Hasanah. Ardi, Muhammad. Lu, Mu. Malik, M. N. (2020). Teacher Competency Analysis in Applying Technological, Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) on Productive Learning in Vocational High School (VHS). International Journal of Social Science Research and Review (IJSSR), 2(4), 1–19. https://myjms.mohe.gov.my/index.php/ijssr/article/view/11594/5554

Iqbal, Sofia, & Sohail, S. (2021). Challenges of Learning During the Covid-19 Pandemic. Journal of Gandhara Medical and Dental Science, 8(2), 1. https://doi.org/10.37762/jgmds.8-2.215

Istiningsih, I. (2022). Impact of ICT Integration on the Development of Vocational High School Teacher TPACK in the Digital Age 4.0. World Journal on Educational Technology: Current Issues, 14(1), 103–116. https://doi.org/10.18844/wjet.v14i1.6642

Lee, C. J., & Hsu, Y. (2021). Sustainable education using augmented reality in vocational certification courses. Sustainability (Switzerland), 13(11). https://doi.org/10.3390/su13116434

Li, Z. (2022). Influence of Online Learning Behavior and Video Playing Questions on Students’ Learning Effect. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 17(2), 223–238. https://doi.org/10.3991/IJET.V17I02.28535

Maryanti, R., Hufad, A., Sunardi, S., Nandiyanto, A. B. D., & Kurniawan, T. (2021). Analysis of curriculum for science education for students with special needs in vocational high schools. Journal of Technical Education and Training, 13(3 Special Issue), 54–66. https://doi.org/10.30880/jtet.2021.13.03.006

Risten, R., & Pustika, R. (2021). Exploring students’ attitude towards english online learning using Moodle during COVID-19 pandemic at SMK Yadika Bandarlampung [Actitud de los estudiantes hacia el aprendizaje en línea del inglés usando Moodle durante la pandemia de COVID-19]. Journal of English Language Teaching and Learning, 2(1), 8–15. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/english-language-teaching/index

Sukmawati, F., Shah, N., & Majiri, B. (2022). Keywords: Abstrak: Kata Kunci: 20(01), 48–60.

Yuliana, S. F., Melia, Y., & Isnaini. (2021). Faktor Penyebab Rendahnya Minat Siswa Melanjutkan Kependidikan Tinggi ( Studi Kasus pada Siswa di Desa Resno Kecamatan V Koto Kabupaten Muko-Muko ). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4862–4867.


Article Metrics

Abstract view : 108 times | PDF view : 32 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.