KEDUDUKAN DAN STATUS PENDIDIKAN DAN PELATIHAN VOKASI DI DENMARK DAN INDONESIA

Mawaddah A(1*), Hamsu Abdul Gani(2), Purnamawati Purnamawati(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ujtv.v7i2.41040

Abstract


Penelitian ini merupakan bagian dari review literatur mengenai kedudukan dan status pendidikan dan pelatihan vokasi di Denmark serta membandingkan dengan pendidikan vokasi di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan yang disusun dengan sistematis, sehingga menghasilkan output yang berkualitas. Sumber dari studi literatur ini berupa artikel yang berjumlah 11 artikel dan peraturan pemerintah atau undang-undang sebanyak 2 peraturan. Berdasarkan hasil review dengan dibantu oleh referensi dapat ditarik kesimpulan, bahwa reformasi 2014 pada pendidikan kejuruan di Denmark belum mampu mendekati target dari pencapaian yang diinginkan termasuk upaya-upaya yang dilakukan tidak membuat VET di Denmark diminati oleh kaum muda. Berbeda dengan Indonesia yang setiap tahunnya pendaftar sekolah kejuruan semakin meningkat mengingat bahwa peluang untuk siap kerja pada sekolah kejuruan sangat besar tetapi hal tersebut tidak didukung oleh sumber daya dan infrastruktur yang memadai, implementasi peraturan yang belum dilaksanakan dengan baik serta hal-hal lainnya yang membuat proses pembelajaran tidak efektif.


Keywords


VET; Pendidikan Kejuruan; Reformasi 2014

Full Text:

PDF

References


Aarkrog, V. (2020). The standing and status of vocational education and training in Denmark. Journal of Vocational Education and Training, 72(2), 170–188. https://doi.org/10.1080/13636820.2020.1717586

Andri Wicaksono, & Yulia Siska. (2020, January 10). Wajib Belajar 12 Tahun Rekomendasi Kebijakan Pendidikan Menengah Universal (PMU).

Harahap, Z., & Kadir, Muh. A. (2020). Tourism Human Resource Develoment In Vocational Education. Jurnal Akademi Pariwisata Medan, 8(1), 63–76. https://doi.org/10.36983/japm.v8i1.96

Jørgensen, C. H., Järvinen, T., & Lundahl, L. (2019). A Nordic transition regime? Policies for school-to-work transitions in Sweden, Denmark and Finland. European Educational Research Journal, 18(3), 278–297. journals.sagepub.com/home/eer

Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan KEMENDIKBUDRISTEK Nomor 024/H/KR/2022 tentang Konsentrasi Keahlian SMK/MAK Pada Kurikulum Merdeka.

Khaeruddin, & Rahmania. (2022). Era reformasi: Titik balik pendidikan Indonesia. Nubin Smart Journal, 2(2), 16–25. https://ojs.nubinsmart.id/index.php/njs

Khurniawan, A. W., & Majid, Muh. A. (2019). Analisis Ketercukupan Pembiayaan Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan. Vocatioal Education Policy, White Paper, 1(2), 1–19. http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/17780

Louw, A., & Katznelson, N. (2019). Transfer and reflection in the Danish dual model: Findings from development projects in the Danish vocational education and training programmes. Nordic Journal of Vocational Education and Training, 9(2), 51–70. https://doi.org/10.3384/njvet.2242-458X.199251

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 1/Permendikbud/2021 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru Pada Tamatan Kanak-kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan.

Precalya, H. M., & Darwan. (2021). Link And Match Pendidikan Sebagai Ideologi Neoliberalisme (Analisis Wacana Tentang Dominasi Elit Dalam Pendidikan Kejuruan Di Indonesia). Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 5(4), 1416–1425. http://dx.doi.org/10.36312/jisip.v5i4.2561

Purnamawati, Arfandi, & Nurfaeda. (2019). The level of use of information and communication tchnology at vocational high school. Jurnal Pendidikan Vokasi, 9(3), 249–257.

Suharno, Pambudi, N. A., & Harjanto, B. (2020). Vocational education in Indonesia: History, development, opportunities, and challenges. Children and Youth Services Review, 115. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105092

Zakiyawati, S. W., & Trihantoyo, S. (2021). Urgensi Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Jenjang Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(1), 200–214. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/index.


Article Metrics

Abstract view : 90 times | PDF view : 32 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.