PENGEMBANGAN APLIKASI INFORMASI TA’LIM DENGAN LOCATION BASED SERVICE PADA PLATFORM ANDROID DI MASA PANDEMI COVID-19

Muhammad Fadhil Fikri(1*), Muh Yahya(2), Abdul Muis Mappalotteng(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ujtv.v7i2.39162

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui hasil pengembangan aplikasi location based service pada platform Android yang dapat digunakan untuk mencari informasi ta’lim di masa pandemi Covid-19, (2) mengetahui keefektifan aplikasi informasi ta’lim dengan location based service pada platform Android di masa pandemi Covid-19, (3) mengetahui kepraktisan aplikasi informasi ta’lim dengan location based service pada platform Android di masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model prototype. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi literatur, wawancara, dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Hasil penelitian ini adalah: (1) hasil pengembangan aplikasi informasi ta’lim dengan menggunakan location based service pada platform android di masa pandemi Covid-19 dinyatakan valid dan layak digunakan diukur dari validasi ahli media dan ahli konten kemudian diujicobakan pada aspek functionality dan maintainability, (2) hasil pengujian aplikasi informasi ta’lim dengan menggunakan location based service pada platform android di masa pandemi Covid-19 dinyatakan dinyatakan efektif digunakan diukur dari aspek functionality, portability, reliablity, dan usability, serta validasi ahli konten., (3) hasil pengujian aplikasi informasi ta’lim dengan menggunakan location based service pada platform android di masa pandemi Covid-19 dinyatakan dinyatakan praktis digunakan diukur dari aspek portablity, security, dan usability serta validasi ahli media.

Keywords


Android; Covid-19; Location Based Service; Ta'lim

Full Text:

PDF

References


Ahamed, R. 2009. “Technological Strategy of Using Global Positioning System: an Analysis.” International Journal of Engineering Science and Technology, Vol.1 No.1, 8-16.

Ahmad, W., Zia, A., & Khalid , U. (2013, Juli). A Google Map Based Social Network (GMBSN) for Exploring Information about a Specific Territory. Journal of Software Engineering and Applications, 6(7), 343-348.

Chakradhara Rao, C., Pushpalatha, P., & Aditya Sundar, N. 2013. “GPS Based Vehicle Navigation System Using Google Maps.” International Journal of Computer Science and Information Technologies (IJCSIT), Vol.4 No.6, 979-982.

Hadiansah, Fuad. 2015. Implementasi Location Based Service Rute Objek Wisata Tegal. Jurnal Infotel, 7(2), 107-112.

Imam Santoso, Kartika. 2016. Aplikasi Location Based Service Layanan Kesehatan Kota Magelang Berbasis Android. Jurnal Infokam, 12(1), 18-27.

Jalal, Abdul Fatah. 1977. Min Ushul al-Tarbiyyah fi al-Islam. Mesir: Daar al-Kutuh al-Misriyah.

Jogiyanto. 2005. Desain Dan Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Kurniawan Hadi Saputro, Ardi. 2017. Pemanfataan Aplikasi Mobile untuk Mempercepat Pencarian Tempat Indekos Berbasis Android. Jurnal Muara Sains, Teknologi, Kedokteran, dan Ilmu Kesehatan, 1(2), 18-27.

Mobile Marketing Association. 2008. Mobile Aplications. (on line), http://www.mmaglobal.com diakses 9 September 2021.

Safaat, Nazruddin. 2012. Aplikasi Berbasis Android. Bandung: Penerbit Informatika.

Sutabri, Tata. 2012. Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Wijaya Suharto, Iwan. 2010. Analisis Dan Perancangan Sistem Pencarian Taksi Terdekat Dengan Pelanggan Menggunakan Layanan Berbasis Lokasi. Jurnal SNATI, 2(1), 34-38.


Article Metrics

Abstract view : 84 times | PDF view : 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.