Pengembangan SIstem Informasi Bimbingan dan Konseling di SMK Negeri 2 Makassar

Ashabul Kahfi Rajab(1*), Syamsurijal Syamsurijal(2), Satria Gunawan Zain(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ujtv.v7i1.39125

Abstract


Bimbingan dan Konseling (BK) sebagai bagian dari sekolah yang berperan penting dalam menangani permasalahan ataupun pelanggaran yang dilakukan oleh siswa sehingga dibutuhkan suatu tempat penyimpanan data yang efektif. Permasalahan yang ditemukan terkait pengolahan data BK di SMKN 2 Makassar adalah proses yang masih dilakukan secara manual, sehingga dapat berpotensi kehilangan data akibat tercecer dan juga kesulitan dalam mencari data kasus siswa. Dengan adanya sistem informasi bimbingan konseling berbasis web dapat membantu guru dalam memproses, mengolah dan menyimpan data kasus siswa, serta akses yang mudah bagi pihak yang membutuhkan data dan informasi kasus siswa, seperti orang tua siswa. Pengembangan sistem ini menggunakan model Prototype dengan 4 tahapan utama, yaitu: (1) analisis kebutuhan, (2) perancangan dan pembuatan prototype, (3) Evaluasi prototype, dan (4) Produk akhir. Uji validasi ahli dilakukan oleh 2 orang dosen untuk mengetahui kevalidan dari aspek software/program dan diperoleh rerata sebesar 4,9 dengan memenuhi kriteria valid. Pengujian selanjutnya yaitu pada aspek praktis dan efektif yang dilakukan dengan melibatkan 30 responden dan diperoleh rerata aspek praktis yaitu 96% dan rerata aspek efektif yaitu 95% sehingga terkategori sangan praktis dan efektif.


Keywords


Sistem Informasi; Bimbingan Konseling

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ali, E. (2019). Rekayasa Perangkat Linak. Yogyakarta: CV MFA.

Anggraeni, E. Y., & Irviani, R. (2017). Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Anhar. 2017 . Panduan Menguasai PHP & MySQL Secara Otodidak. Jakarta: Media Kita.

Azis, S. 2012. Menguasai PHP Dan MySQL: Mudah Dipraktekkan dan Langsung Bisa. Jakarta: Lembar Langit Indonesia.

Balafif, N., Budiman, & Muttaqin, Z. (2016). Peningkatan Layanan Bimbingan dan Konseling di MAN Tambakberas Jombang dengan Sistem Informasi Bimbingan dan Konseling Berbasis WEB. Jurnal Teknologi, 8-15.

Cahyadi, C. M., & Susanto, G. (2020). Rancang Bangun Sistem Informasi Bimbingan Konseling di SMK Tamansiswa Mojokerto Berbasis WEB Menggunakan Model Wterfall. RAINSTEK (Jurnal Terapan Sains dan Teknologi), 61-70.

Daulae, N. (2012). Tutorial Windows Server 2012.Bekasi: Excellent Publishing

Enterprise, J. 2017. PHP Komplet. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Fiah, E. R. (2015). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Ide Press Yogyakarta.

Gunadarma, U. (2011). Analisis dan Perancangan Sistem Terstruktur. Depok: Universitas Gunadarma.

Handiwidjojo, W., & Ernawati, L. 2016. Pengukuran Tingkat Ketergunaan (Usability) Sistem Informasi Keuangan Studi Kasus: Duta Wacana Internal Transaction (Duwit). Jurnal Informatika Dan Sistem Informasi, 2(1), 49-55.

Hidayati, Suhardi, Irfan , D., Ambiyar, & Melyanti, R. (2020). Sistem Informasi Pelanggran Siswa Berbasis WEB Menggunakan Rapid Aplicarion Development. Journal of Information Technology and Computer Science (INTECOMS), 234-242.

Hidayat, R. 2010. Cara Praktis Membangun Website Gratis. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Limaye, M. G. (2009). Software Testing Principles Teqniques and Tools. New Delhi: Tata McGraw Hill Education Private Limited.

Lisitsyn, I. (2011, maret). Variables and parameters. Diambil kembali dari loadtestingtool: https://www.load testingtool.com/blog/wapt usage/variables-and-parameters/

Maniah, & Hamidin, D. (2017). Analisis Perancangan Sistem Informasi (Pembahasan Secara Praktis dan Contoh Kasus). Yogyakarta: Deepublish.

Marisa, F. 2017. Web Programming (Client Side and Server Side). Yogyakarta: Deepublish.

Masdudi. (2015). Bimbingan dan Konseling (Perspektif Sekolah). Cirebon: Nurjari Press.

Mulyani, S. (2016). Analisis Perancangan Sistem Informasi Manajemen Keuangan Daerah. Bandung: Abdi Sistematika.

Murni, Susilo, D., & Haris, F. H. (2015). Aplikasi Bimbingan Konseling Berbasis WEB di SMP 1 Teras Boyolali. Jurnal Varia Pendidikan, 111-122.

Muslihudin, M., & Oktafianto. (2016). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur dan UML. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Najmi , L., Hutabri, E., & Pratama, A. (2019). E-Konseling Siswa pada Sekolah SMA N 4 Pariaman. Jurnal Edik Informatika, 10-16.

Nasution, H. S., & Abdillah. (2019). Bimbingan dan Konseling (Konsep, Teori, dan Aplikasinya). Medan: Penerbit Buku Umum dan Perguruan Tinggi.

Nurdin. 2007. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta:Pt. Rajagrafindo Persada.

Putra, E. K., & Rahmayeni, F. (2016). Implementasi Database MongoDB untuk Sistem Informasi Bimbingan dan Konseling Berbasis WEB. Jurnal TEKNOIF, 67-73.

Putra, P. H., & Novelan, M. S. (2020). Perancangan Aplikasi Sistem Informasi Bimbingan Konseling pada Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Teknovasi, 1-7.

Putra, A. A., & Munawarah. (2019). Sistem Informasi Bimbingan dan Konseling Berbasis WEB dan Mobile pada SMK Negeri Gudo. Exact Paper In Compilation (EPIC), 151-154.

Rerung, R. R. 2018. Pemrograman Web Dasar. Yogyakarta: Deepublish.

Sabirin, A. R., Raufun, L., Hamid, H., & Amrol. (2019). Sistem Informasi Kehadiran dan Pelanggaran Siswa SMPN 2 Siompu Barat Berbasis WEB. Jurnal Informatika, 43-50.

Solichin, A. 2018. Pemrograman Web dengan PHP dan MySQL. Jakarta: Budi Luhur.

Sudirman, A., Muttaqin, Purba, R. A., Wirapraja, A., Abdillah, L. A., Fajrillah, . . . Simarmata, J. (2020). Sistem Informasi Manajemen. Medan : Yayasan Kita Menulis.

Suhertina. (2014). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Pekanbaru: CV. Mutiara Pesisir Sumatra.

Sutabri, T. (2012). Sistem Konsep Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Syafaruddin, Syarqawi, A., & Siahaan, D. N. (2019). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Medan: Perdana Publishing.

Tegeh, dkk. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tuazon, J. L., & Tacuban, T. N. (2017). Guidance and Counseling Information Support System . Asia Pacific Journal of Multidisciplinary Research, 9-15.

Widoyoko, S. 2016. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zahrotun, L., & Linarti, U. (2015). Rancang Bangun Sistem Informasi Bimbingan dan Konseling dalam Upaya Meningkatkan Pelayanan Terhadap Siswa. Seminar Nasional Informatika (pp. 217-222). Yogyakarta: UPN Veteran Yogyakarta.


Article Metrics

Abstract view : 364 times | PDF view : 87 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.