Efektivitas Model Blended Problem Based Learning terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Anwar Wahid(1*), Muhammad Yahya(2), Anas Arfandi(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ujtv.v7i1.38727

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui model blended problem based learning berbasis LMS Moodle yang efektif dalam meningkatkan motivasi belajar mahasiswa, (2) mengetahui perbedaan motivasi belajar mahasiswa yang mengikuti pembelajaran model blended problem based learning berbasis LMS Moodle dengan mahasiswa yang mengikuti model blended learning.  Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experimental. Populasi pada penelitian ini mahasiswa semester 2 angkatan 2021 yang mempelajari mata kuliah pengantar akuntansi pada jurusan akuntansi dengan jumlah 140 orang. Sampel penelitian ini adalah kelas A sebanyak 34 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas D sebanyak 33 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Implementasi model blended problem based learning berbasis LMS Moodle efektif terhadap motivasi belajar mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Negeri Islam Alauddin (2) Hasil análisis inferential dengan uji paired simple t test menunjukkan nilai t-hitung lebih besar dibandingkan t-tabel dengan nilai sig lebih kecil daripada 0.05 yang berarti bahwa implementasi dari model blended problem based learning berbasis LMS Moodle secara efektif meningkatkan motivasi belajar mahasiswa, dan (3) Hasil análisis inferential dengan uji independent simple t test menunjukkan nilai t-hitung lebih besar dibandingkan t-tabel dengan nilai sig lebih kecil daripada 0.05 yang berarti bahwa motivasi belajar mahasiswa kelas eksperimen memiliki perbedaan secara signifikan dengan motivasi belajar mahasiswa kelas kontrol.

 

Keywords


Blended Problem Based Learning; LMS Moodle; Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References


(CDC), C. for D. C. and P. (2020). Coronavirus Disease 2019 (COVID-19).

(WHO), W. H. O. (2020). Coronavirus.

Allen, I. E., Seamen, J., & Garrett, R. (2007). Blending in: The extent and promise of blended education in the United States. USA: The Sloan Consortium. Blending in: The Extent and Promise of Blended Education in the United States. USA: The Sloan Consortium., January, 1–29.

Anni, C. T. (2004). Psikologi Belajar. IKIP Semarang Press.

Arends, D., & Kilcher, A. (2010). Teaching for Student Learning: Becoming an Accomplished Teacher - Dick Arends, Ann Kilcher - Google Buku. In Routledge. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=d2ONAgAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Teaching+for+student+learning:+Becoming+an+accomplished+teacher&ots=ED0xWpzKdQ&sig=fHdm9G1KfRhRwtuZDug_ZXfvBOg&redir_esc=y#v=onepage&q=Teaching for student learning%3A Becoming an

Chaeruman, U. A. (2017). PEDATI: Model Desain Sistem Pembelajaran Blended. In Acta Universitatis Agriculturae et Silviculturae Mendelianae Brunensis (Vol. 53, Issue 9). https://doi.org/10.13140/RG.2.2.15595.90408

Chikungwa, M. T., & Jonsson, K. (2002). The need for peri-operative supplemental oxygen. In Central African Journal of Medicine (Vol. 48, Issues 5–6).

Christensen, C. M., Horn, M. B., & Staker, H. (2013). Is K-12 Blended Learning Disruptive? Clayton Christensen Institute for Disruptive Innovation, May, 1–48. https://www.christenseninstitute.org/wp-content/uploads/2014/06/Is-K-12-blended-learning-disruptive.pdf

Creswell, & Jhon W. (2016). “Pendekatan Metode Kualitatif, Research Design : Kuantitatif, dan Campuran.” dalam desain Penelitian. Pustaka Pelajar.

Destyana, V. A., & Surjanti, J. (2021). Efektivitas Penggunaan Google Classroom dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Ekonomi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 1000–1009. https://edukatif.org/index.php/edukatif/index

Diana, P. Z., Wirawati, D., & Rosalia, S. (2020). Blended Learning dalam Pembentukan Kemandirian Belajar. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 9(1), 16. https://doi.org/10.35194/alinea.v9i1.763

Diarini, I. G. A. A. S., Ginting, M. F. B., & Suryanto, I. W. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Lesson Study Melalui Pembelajaran Daring Untuk Mengetahui Kemampuan Berfikir Kritis Dan Hasil Belajar. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2), 253–265.

Dr. Hj. Binti Maunah, M. P. I. (2014). Psikologi Pendidikan (p. 225). Lingkar Media Yogyakarta.

Drs. M. Ngalim Purwanto, M. (2010). Psikologi Pendidikan. PT.Remaja Rosdakarya.

Drs. Mudjiono, D. D. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta.

Dwiyogo, W. D. (2018). Developing a Blended Learning-Based Method for Problem-Solving in Capability Learning. Tojet - The Turkish Online Journal of Educational Technology, 17(1), 51–61.

Dwiyogo, W. D., & Radjah, C. L. (2020). Effectiveness, efficiency and instruction appeal of blended learning model. International Journal of Online and Biomedical Engineering, 16(4), 91–108. https://doi.org/10.3991/ijoe.v16i04.13389

Farisi, A., Hamid, A., & Fisika, P. (2017). | 283 Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Suhu Dan Kalor. 283–287.

Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66(1), 64–74. https://doi.org/10.1119/1.18809

Handoko Eko Putro. (2010). Penerapan metode pembelajaran problem based learning (PBL) sebagai upaya Meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Surakarta.

Hartina, A. K. (2020). pelajaran instalasi tenaga listrik kelas XII program. 11(1), 76–93.

Hmelo-Silver, C. E. (2004). Problem-based learning: What and how do students learn? Educational Psychology Review, 16(3), 235–266. https://doi.org/10.1023/B:EDPR.0000034022.16470.f3

Hosnan, D. M. (2014). PENDEKATAN SAINTIFIK DAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN ABAD 21. Ghalia Indonesia.

Howard, L., Remenyi, Z., & Pap, G. (2006). Adaptive blended learning environments. International Conference On, 23–28. http://w3.isis.vanderbilt.edu/Projects/VaNTH/papers/icee_2006_p1.pdf

Husamah. (2013). Pembelajaran Bauran. Prestasi Pustaka Publisher, 9, 37. http://library.usd.ac.id/web/index.php?pilih=search&p=1&q=0000136856&go=Detail

Joyce, Bruce., Weil, Marsya., Calhoun, & Emily, K. (2009). Models of teaching, model-model pengajaran. Pustaka Pelajar.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Berbasis Zonasi. Direktorat Jendral Guru Dan Tenaga Kependidikan, 1–87.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2020). Surat Edaran Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2020 tentang Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease ( Covid-19) di Perguruan Tinggi. 1–2. www.hukumonline.com/pusatdata

Kevin Fortner, C., Kershaw, D. C., Bastian, K. C., & Lynn, H. H. (2015). Learning by doing: The characteristics, effectiveness, and persistence of teachers who were teaching assistants first. Teachers College Record, 117(11), 1–30. https://doi.org/10.1177/016146811511701104

Leonardus Baskoro Pandu. (2013). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Komputer (Kk6) Di Smk N 2 Wonosari Yogyakarta. In Fakultas Teknik Elektro UNY (Vol. 3).

Lestari, D. D., Ansori, I., & Karyadi, B. (2017). Penerapan Model Pbm Untuk Meningkatkan Kinerja Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 45–53. https://doi.org/10.33369/diklabio.1.1.45-53

Model, E., Problem, P., Learning, B., Multimedia, B., Kemampuan, T., Masalah,

P., & Syahril, H. M. (2019). Vol. 11 No. 2. 11(2), 43–48.

Monsicha Pongpom. (2016). A comparison of learning achievement of mathayomsuksa 4 students between study by cooperative learning and blended learning with cooperative learning. Veridian E-Journal.

Mukahar, A. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran (Moodle Mobile Learning, LKS) dan Minat Peserta Didik terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Administrasi Server. Teknologi Dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, Dan Pengajarannya, 43(1), 11–19.

Nana Sudjana. (2002). Penilaian hasil proses belajar mengajar. PT. Remaja Rosdakarya.

Nasional, D. P. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Nismawati, N., Nindiasari, H., & Mutaqin, A. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Lingkungan. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 12(1), 78–93. https://doi.org/10.30870/jppm.v12i1.4856

Novanto, A. (2016). Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Moodle Terhadap Motivasi Belajar Siswa XII TKJB SMKN 2 Surakarta Pada Kompetensi Mengadministrasi Server Jaringan Tahun Pelajaran 2015/2016. Journal of Chemical Information and Modeling, 11(1), 68–77.

Purba, R. A. (2021). Efektivitas Pemanfaatan Media E-Learning Dengan Moodle Dalam Menjaga Mutu Pembelajaran Saat Belajar Dari Rumah. Jurnal Penjaminan Mutu, 7(2), 188–194. https://doi.org/10.25078/jpm.v7i2.2424

Purnomo, H. (2019). Psikologi Pendidikan. In Lembaga Penelitian, Publikasi, dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (Vol. 66).

Rachmah, H. (2019). Blended Learning: Memudahkan Atau Menyulitkan? Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 3, 673–679. http://semnasfis.unimed.ac.id2549-435x

Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 15–32.

Salim, A. H., Santosa, S., & Fatmawati, U. (2016). Penerapan Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Mipa 2 Sma Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Bio-Pedagogi, 4(2), 15–19.

Sari, D. D., & Zulmaulida, R. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis MOODLE terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Kelas VIII. 7(2), 75–84.

Satrio Wulang Jiwo, D., & Andhyka Kusuma, W. (2021). Penggunaan Moodle LMS UMM dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi. Jurnal Health Sains, 2(9), 1653–1662. https://doi.org/10.46799/jsa.v2i9.310

Septian, A., & Komala, E. (2019). Kemampuan Koneksi Matematik Dan Motivasi Belajar Siswa Dengan Mengunakan Model Problem-Based Learning (Pbl) Berbantuan Geogebra Di Smp. Prisma, 8(1), 1. https://doi.org/10.35194/jp.v8i1.438

Slameto. (2003). Belajar & Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Sudjana, N. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono, D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.

Suharsimi Arikunto. (2014). Prosedur penelitian : suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.

Surjono, H. D. (2013). Membangun Course E-learning Berbasis Moodle. Edisi Kedua. UNY Press, 1–185.

Trilling, Bernie & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills Learning for life in our Times. John willey & sons, inc.

wikipedia. (2020). Learning Management System - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. In Wikipedia. https://id.wikipedia.org/wiki/Learning_Management_System

Woolfolk, A. (2009). Educational Psychology (Active Learning Edition) (10th ed.).

Yuliana. (2020). Corona Virus Diseases (Covid-19) ; Sebuah Tinjauan Literatur. Wellness and Healthy Magazine, 187–192.


Article Metrics

Abstract view : 97 times | PDF view : 23 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.