Analisis Kompetensi Profesional Guru di SMK Negeri Kabupaten Tana Toraja

Edwar Luden(1*), Hamsu Abdul Gani(2), Purnamawati Purnamawati(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ujtv.v7i1.38460

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat kompetensi profesional guru di SMKN Kabupaten Tana Toraja, (2) tingkat pengelolaan pembelajaran guru di SMKN Kabupaten Tana Toraja, (3) tingkat pengembangan profesi guru di SMKN Kabupaten Tana Toraja, (4) pengaruh pengelolaan pembelajaran terhadap kompetensi profesional guru di SMKN Kabupaten Tana Toraja, (5) pengaruh pengembangan profesi terhadap kompetensi profesional guru di SMKN Kabupaten Tana Toraja dan (6) pengaruh pengelolaan pembelajaran, pengembangan profesi secara bersama-sama terhadap kompetensi profesional guru di SMKN Kabupaten Tana Toraja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan jenis penelitian survei. Subjek penelitian ini adalah guru di SMKN Tana Toraja dengan jumlah 98 guru. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kompetensi profesional guru di SMKN Kabupaten Tana Toraja mencapai 95,05%. Tingkat pengelolaan pembelajaran guru di SMKN Kabupaten Tana Toraja mencapai 94,95%. Tingkat pengelolaan pembelajaran guru di SMKN Kabupaten Tana Toraja mencapai 94,95%. Terdapat pengaruh pengelolaan pembelajaran terhadap kompetensi profesional guru di SMKN Kabupaten Tana Toraja sebesar 68,5%. Terdapat pengaruh pengembangan profesi terhadap kompetensi profesional guru di SMKN Kabupaten Tana Toraja sebesar 64,1%. Terdapat pengaruh pengelolaan pembelajaran, pengembangan profesi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kompetensi profesional guru di SMKN Kabupaten Tana Toraja. Adapun besaran pengaruh yang diberikan sebesar 77,2%. Rekomendasi yang dapat diberikan kepada guru pada SMKN di Tana Toraja agar dapat terus meningkatkan kompetensi profesional khususnya dalam pemanfaatan media pembelajaran, serta dapat terus memperbaharui ilmu pengetahuan dan keterampilan sesuai perkembangan teknologi.

Keywords


Kompetensi Profesional; Pengelolaan Pembelajaran; Profesi; Guru

Full Text:

PDF

References


Ahmad Sanusi. (2013) Kepemimpinan Pendidikan: Strategi pembaharuan, semangat pengabdian, manajemen modern. Bandung : Nuansa Cekia.

Arfandi, A., Devitha C.T.P., Baharuddin, F. R., Purnamawati & Mappalotteng, A. M. (2023). Competency and performance of certified productive teachers of vocational high school. The Universal Academic Research Journal,5(2),74-85

Alma, Hari M., Gilang R., B. & Nuryati, L. (2014). Guru Profesional.Menguasai Metode Dan Terampil Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Bagou, Dewi Y. & Arifin (2020). Analisis Kompetensi Profesional Guru. Jambura Journal of Educational Management, Volume 1 Nomor 2. ISSN-Online: 2721-2106

Dudung, A. (2015). Kompetensi Profesional Guru (Suatu Studi Meta-Analysis Desertasi Pascasarjana UNJ). Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan (JKKP).

Faridah, S, Ery Tri Djatmika & Utaya, S. (2020). Kompetensi Profesional dan Pedagogik Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, Vol. 5, No. 9.

Fitriani, C, Murniati & Usman, N. (2017) Kompetensi Profesional Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran Di MTs Muhammadiyah Banda Aceh. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan, Vol. 5, No. 2. ISSN 2302-0156

Republik Indonesia. 2007. Permendiknas No.16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta: Seketariat Negara

Hendri, E. (2010). Guru Berkualitas: Profesional dan Cerdas Emosi. Jurnal Saung Guru.

Hafriani. (2019) Analisis Kompetensi Profesional Guru Matematika Bersertifikat Pendidik Pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri di Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA. VOL. 20, NO. 1

Hanafi, La Adu & H. Muzakkir. (2018). Profesionalisme Guru Dalam Pengelolaan Kegiatan Pembelajaran Di Sekolah. Yogyakarta: Deepublish

Ibrahim, M. Y., Yusof, M. R., Yaakob, M. F. M., & Othman, Z. (2019). Communication skills: Top priority of teaching competency. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research. https://doi.org/10.26803/ijlter.18.8.2

Kamarudin Husin & Siti Hajar Abdul aziz. (2013). Pedagogi Asas Pendidikan. InPedagogi Asas Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish

Kusumawardani, D. A. 2015. Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru, Kompetensi Profesional Guru Dan Lingkungan Belajar Siswa Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Xi Jurusan Administrasi Perkantoran Smk Wijayakusuma Jatilawang. Universitas Negeri Semarang.

Lutfiana, Rose F. (2021) Analisis Kompetensi Profesional Guru Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Information Technology. Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, Vol. 7 No.1

Maimunah (2019) Analisis Kompetensi Profesional Guru Sekolah Dasar Negeri 001 Sungai Pinang. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) Volume 3 Nomor 6. ISSN : 2580 - 8435

Muawanah (2016) Implementasi Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 103 Tahun 2014 Terhadap Rencana Pembelajaran Guru. J u r n a l V i j j a c a r i y a Volume 3

Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung. Remaja Rosadakarya.

Murdri, M. W. (2010). Kompetensi dan Peranan Guru dalam Pembelajaran. Falasifa. Peraturan pemerintah. (2017). Peraturan Pemerintah No. 13 Tahun 2015. Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Sekretariat Negara RI.

Nurhaidah & M. Insya Musa. (2018). Pengembangan Kompetensi Guru Terhadap Pelaksanaan Tugas Dalam Mewujudkan Tenaga Guru Yang Profesional. Jurnal Pesona Dasar, Vol. 2 No. 4, ISSN: 2337-9227.

Peraturan pemerintah. (2017). Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2017. tentang guru.Jakarta: Sekretariat Negara RI.

Permendigbud. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.16 tahun 2007. tentang standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru. Jakarta: Sekretariat Negara RI.

Permendigbud, (2007). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 34 tahun 2018. tentang Standar Nasional Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan. Jakarta: Sekretariat Negara RI.

Purnamawati, Andi Indah Juliarti & Darmawang. (2019) . Analisis Kinerja Guru SMK yang Sudah Tersertifikasi di Kabupaten Sinjai. Program Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.

Purnamawati, Celia Tri Pristya D., Fiskia Rera Baharuddin, (2021). Analisis Pengaruh Masa Kerja dan Sertifikasi Terhadap Kompetensi Dan Kinerja Guru Produktif Smk Negeri Di Kota Kendari. Jurnal Nalar Pendidikan. Volume 9 No.1 ISSN: 2339-0794 DOI: 10.26858/jnp.v9i1.20633.

Rahayu, M., Ulfatin, N., & Juharyanto, J. (2018). Sistem Pengelolaan Guru Tidak Tetap (Gtt) Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Administrasi DanManajemenPendidikan. https://doi.org/10.17977/um027v1i32018p263

Rohaya Talib, Mohd Zaki Kamsah, Hamimah Abu Naim, & Khadijah Daud. (2014). Pedagogi dan pentaksiran : kongruen? Seminar Kebangsaan Majlis Dekan- Dekan Pendidikan IPTA.

Rohman, F. (2014). Strategi Pengelolaan Komponen Pembelajaran Bahasa Arab. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban. https://doi.org/10.15408/a.v1i1.1131

Safiah, I. (2017). Kompetensi Guru Dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Di Sd Negeri 16 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah Volume 2 Nomor 2, 126- 134.

Saragih, A. H. (2008). Kompetensi Minimal Seorang Guru Dalam Mengajar. Jurnal Tabularasa.

Suartana, I. K., & Suryanto, W. 2015. Kontribusi Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru Jasa Boga terhadap Motivasi Belajar Siswa SMK Wira Harapan. JEPUN: Jurnal Pendidikan Universitas Dhyana Pura, 1(1).

Sugiyono. (2010). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sulfemi, w. b. & Arsyad. (2019) Pengelolaan Manajemen Sekolah Yang Efektif Dan Unggul. Program Studi Administrasi Pendidikan STKIP Muhammadiyah Bogor

Sutarmanto, S. (2012). Kompetensi Dan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.26418/jvip.v1i1. 42

Usman, H., & Darmono. (2016). Pendidikan Kejuruan Masa Depan. Pusat Kurikulum Dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2016.


Article Metrics

Abstract view : 162 times | PDF view : 41 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.