Efektivitas Penerapan Model Project Based Learning Terhadap Motivasi dan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Sekolah Menengah Kejuruan

Nugrah Wulandari AL(1*), Riana T Mangesa(2), Anas Arfandi(3), Supriadi Supriadi(4), Abdul Muis Mappalotteng(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ujtv.v7i1.38183

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (a) untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar setelah penerapan model Project Based Learning pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar SMKN 2 Gowa, (b) untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep setelah penerapan Model Project Based Learning pada Mata Pelajaran Pemrograman dasar SMKN 2 Gowa, (c) untuk mengetahui apakah motivasi belajar siswa dalam penerapan model Project Based Learning lebih efektif dibandingkan dengan motivasi belajar siswa dalam penerapan model pembelajaran konvensional Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar SMKN 2 Gowa , (d) untuk mengetahui apakah kemampuan pemahaman konsep siswa dalam penerapan model Project Based Learninglebih efektif dibandingkan dengan kemampuan pemahaman konsep siswa dalam penerapan model pembelajaran Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar SMKN 2 Gowa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan yaitu Nonequivalent Control Grup Desing dalam bentuk Pretest-Posttest Design dengan jumlah sampel 68 siswa. Pengambilan data melalui angket dan tes kemampuan pemahaman konsep. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian adalah (a) Terdapat peningkatan motivasi belajar siswa setelah penerapan model Project Based Learningpada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar SMKN 2 Gowa. (b) Terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa setelah penerapan model Project Based Learning pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar SMKN 2 Gowa. (c) motivasi belajar siswa dalam penerapan model Project Based Learning lebih efektif dibandingkan dengan motivasi belajar siswa dalam penerapan model pembelajaran konvensional pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar SMKN 2 Gowa, (d) kemampuan pemahaman konsep siswa dalam penerapan model Project Based Learning lebih efektif dibandingkan dengan kemampuan pemahaman konsep siswa dalam penerapan model pembelajaran konvensional pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar SMKN 2 Gowa. Berdasarkan hal tersebut dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaranProject Based Learning efektif dan dapat meningkatkan motivasi dan kemampuan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran Pemrograman Dasar SMKN 2 Gowa.


Keywords


Model Project Based Learning; Motivasi Belajar; Kemampuan Pemahaman Konsep

Full Text:

PDF

References


Al-Tabany, T. I. B. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Konteksual. Jakarta: Prenada Media.

Agustina, Trisona., Sanjaya Febi. (2016) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Pokok Bahasan Transformasi ditinjau dari Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Toi di SMKN 2 Depok Tahun Ajaran 2015/2016. Pendidikan Matematika, Universitas Sanata Dharma.

Amanda, N. W. Y., Subagia, I. W., & Tika, I. N. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Self Efficacy Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ipa Indonesia, 4(1).

Astuti, Binti, Dyah., Budiyanto, Mohammad. (2022). Efektivitas Penerapan Project-Based Learning Berbasis Outdoor Study Dengan Bantuan Microsoft Teams Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. Pensa E-jurnal:Pendidikan Sains, 10(2), 305-312

Hidayat, A. (2021). Menulis Narasi Kreatif Dengan Model Project Based Learning Dan Musik Instrumental Teori Dan Praktik Di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish.

I K. T. Adhiyasa., Dkk. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X Program Keahlian Multimedia SMK Negeri Singaraja. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, Vol 7 No. 1.

Mulyasa, E. (2008). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Pratama, Arifky, Muhammad., Irwandi. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran PjBL Melalui Google Form Terhadap Motivasi Belajar Siswa MTs. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 4(2).

Shin, Myeong-Hee. (2018). Effects of Project-Based Learning on Students’ Motivation and Self-efficacy. English Teaching, 73(1).

Sitanggang, Lamhot, Saut., & Pinem, Br. Valentina, Helda. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Vol 3 Tahun 2019, hal 994 - 997

Yani, A. (2021). Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Jasmani. Jawa Timur: Ahlimedia Book.


Article Metrics

Abstract view : 287 times | PDF view : 53 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.