Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving

Sri Wulandari(1*), Muh Nasir Malik(2), Anas Arfandi(3), Muhammad Agung(4), Abdul Muis Mappalotteng(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ujtv.v7i1.38028

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa dalam penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving lebih baik dibandingkan dengan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam penerapan model pembelajaran langsung pada mata pelajaran Pemrograman Dasar SMKN 1 Soppeng. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan yaitu Nonequivalent control grup design dengan jumlah sampel 60 siswa. Pengambilan data melalui tes kemampuan berpikir kreatif dan angket. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian adalah Kemampuan berpikir kreatif siswa dalam penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving lebih baik dibandingkan dengan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam penerapan model pembelajaran langsung pada mata pelajaran Pemrograman Dasar SMKN 1 Soppeng. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving dan penerapan model pembelajaran langsung pada mata pelajaran Pemrograman Dasar SMKN 1 Soppeng

Keywords


Model Pembelajaran Creative Problem Solving; Pembelajaran Langsung; Kemampuan Berpikir Kreatif

Full Text:

PDF

References


Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Astiti, K. A. (2017). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Busyairi & Sinaga. (2015). Strategi Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Berbasis Eksperimen untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Keterampilan Berpikir Kreatif. Jurnal pengajaran MIPA, 20(2), 133-143.

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Effendi, A., & Fatimah, A. T. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Creative Problem Solving untuk Siswa Kelas Awal Sekolah Menengah Kejuruan. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 4(2), 89–98.

Erwinsyah, A. (2017). Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar Mengajar. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 87–105.

Hapriani, N. K. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran CPS (Creative Problem Solving) Berbantuan LKS Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar TIK Siswa Kelas X SMA Karya Wisata Singaraja Tahun Ajaran 2011/2012. KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 1(2), 183–194.

Kartikasari & Usodo. (2022). The Effectiveness Open-Ended Learning and Creative Problem Solving Models to Improve Creative Thinking Skills. Pegem Journal of Education and Instruction, 12(4), 29-38.

Risnawati, R., & Saadi, P. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) pada Materi Larutan Penyangga. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 7(2), 127–134.

Risna, dkk. (2017). Meningkatkan Keterampilan Generik Sains dan Hasil Belajar Menggunakan Model Creative Problem Solving Dilengkapi Laboratorium Virtual Materi Hidrolisis Garam Kelas XI IPA 2 SMA PGRI 4. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 1(1), 131-142.

Septian, A., Komala, E., & Komara, K. A. (2019). Pembelajaran dengan Model Creative Problem Solving (CPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Prisma, 8(2), 182–190. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tarlina, W. H., & Afriansyah, E. A. (2016). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Creative Problem Solving. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 5(2), 42–51.

Udiyah, I. N. M., & Pujiastutik, H. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah IPA Kelas VII SMP Negeri 2 Tuban. Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning, 14(1), 540–544.


Article Metrics

Abstract view : 212 times | PDF view : 54 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.