Pembelajaran Berbasis Online Sebagai Upaya Study From Home Melalui Penggunaan System and Application Open Knowledge Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Negeri Makassar

Ainul Hidayah(1*), Abdul Muis Mappalotteng(2), Hendra Jaya(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ujtv.v7i1.38023

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh proses pembelajaran, kompetensi dosen, dan aktivitas mahasiswa terhadap efektivitas pembelajaran. Populasi didalam penelitian ini yaitu mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Negeri Makassar angkatan 2019 dan 2020 dengan jumlah sampel 83 orang. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis inferensial yaitu normalitas, linearitas, multikolinieritas, dan autokorelasi serta pengujian hipotesis regresi linear berganda. Pengambilan data dilakukan dengan mengadakan observasi, kuesioner dan dokumentasi. Dari hasil pengujian hipotesis dengan analisis regresi bahwa hipotesis pertama didalam penelitian ini yang menduga bahwa proses pembelajaran, berpengaruh secara signifikan terhadap efektivitas pembelajaran terbukti kebenarannya. Kemudian hipotesis yang kedua dan ketiga didalam penelitian ini yang menduga bahwa kompetensi dosen dan aktivitas mahasiswa berpengaruh terhadap efektivitas pembelajaran terbukti kebenarannya.


Keywords


Proses Pembelajaran; Kompetensi Dosen; Aktivitas Mahasiswa; Efektivitas Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Andrianto Pangondian, R., Insap Santosa, P., & Nugroho, E. (2019). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0. Sainteks 2019, 56–60. https://seminar-id.com/semnas-sainteks2019.html

Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2020). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579

Aqilah, Danien Haqien. 2020. Pemanfaatan Zoom Meeting untuk Proses Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Sejarah. FKIP: Vol.5 No.1

Basilaia, G., & Kvavadze, D. (2020). Transition to Online Education in Schools during a SARS-CoV-2 Coronavirus (COVID-19) Pandemic in Georgia. Pedagogical Research, 5(4). https://doi.org/10.29333/pr/7937

Chen, R. (2010). Knowledge and knowers in online learning: investigating the effects of online flexible learning on student sojourners. Faculty of Education, PhD Thesis,301pages.http://ro.uow.edu.au/theses/3099

de Houwer, J., Barnes-Holmes, D., & Moors, A. (2013). What is learning? On the nature and merits of a functional definition of learning. Psychonomic Bulletin and Review, 20(4), 631–642. https://doi.org/10.3758/s13423-013-0386-3

Dong, C., Cao, S., & Li, H. (2020). Young children’s online learning during COVID-19 pandemic: Chinese parents’ beliefs and attitudes. Children and Youth Services Review, 118(August), 105440. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105440

He, W., Xu, G., & Kruck, S. E. (2014). Online is education for the 21st century. Journal of Information Systems Education, 25(2), 101–105.

Hamzah, B.Uno & Muhammad, Nurdin. 2017. Belajar dengan Pendekatan PAIKEM. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik. 2018. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Hanafy, Muhammad Sain. 2018. Konsep Belajar dan Pembelajaran Lentera Pendidikan. Jurnal Pendidikan. Vol.17 No.1.

Hanum, Numiek Sukistiyo. 2020. Keefektifan E-Learning sebagai Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-Learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwakerto). Jurnal Pendidikan Vokasi UNY. Vol.3 No.1.

Haris, Hasnawi dkk. 2021. Panduan Penggunaan Syam-OK (Untuk Mahasiswa). Makassar: Badan Penerbit UNM.

Huda, Miftahul. 2017. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Kim, J. (2020). Learning and Teaching Online During Covid-19: Experiences of Student Teachers in an Early Childhood Education Practicum. International Journal of Early Childhood, 52(2), 145–158. https://doi.org/10.1007/s13158-020-00272-6

Kemendikbud. Surat Edaran No 2 tahun 2020. Pencegahan dan Penanganan Covid-19. Jakarta: Kemendikbud 2020.

Kusumawardhani, Felisitas Erika. 2021. Efektifitas Pembelajaran Berbasis Daring Bagi Mahasiswa Pendidikan Keagamaan Katolik Universitas Sonata Dharma Yogyakarta di Masa Pandemi Covid-19. JurnalPendidikan dan Ilmu Pengetahuan.Vol.4 no.1.

Mustof, Mukhammad Iklil. 2019. Formulasi Model Perkuliahan Daring sebagai Upaya Menekan Disparitos Kualitas Perguruan Tinggi Walisong. Jurnal of Information Technology. Vol.1 no.2.

Prasetyaningtyas, Susi. 2020. Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) Secara Online selama Darurat Covid-19 di SMPN 1 Seunin. Jurnal Karya Ilmiah Guru. Vol.5.

Qadafi, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Inggris pada Anak di Sangkhom Islam Wittaya School saat Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 422. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.591

Rohmawati, A. 2017. Efektifitas dan Efisiensi Pembiayaan Pendidikan. Padang: Universitas Negeri Padang.

Sobron, A. ., Bayu, Rani, & S., M. (2019). Pengaruh Daring Learning terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah. Prosiding, 1(1), 1–5. https://www.researchgate.net/publication/338713765_Pengaruh_Daring_Learning_terhadap_Hasil_Belajar_IPA_Siswa_Sekolah_Dasar

Sasmita, Fira Ayu. 2021. Persepsi mahasiswa terhadap Penggunaan “ System Application Management Open Knowledge” (Syam OK) dalam Proses Pembelajaran Daring. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian ISBN: 978-623-6535-49-3.


Article Metrics

Abstract view : 70 times | PDF view : 36 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.