PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN ONLINE, MOTIVASI BELAJAR, DAN KREATIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TKJ DI SMK NEGERI 8 JENEPONTO

Rohani Rohani(1*), Muhammad Yahya(2), Bakhrani Rauf(3),

(1) Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ujtv.v6i3.37539

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian expost facto. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran online, motivasi belajar, dan kreativitas terhadap hasil belajar siswa. Jumlah populasi sebanyak 58 orang dan sampel yang diambil sebanyak 58 orang diambil secara non probability sampling atau teknik sampling jenuh. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas, uji linieritas, dan uji multikolonieritas. Uji hipotesis menggunakan uji regresi linear sederhana dan regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran online berada pada kategori “tinggi”. (2)Motivasi belajar siswa berada pada kategori “sedang”. (3) Kreativitas berada pada kategori “sedang”. (4) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Administrasi Sistem Jaringan berada pada kriteria “baik”. (5) Ada pengaruh antara pembelajaran online terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaranAdministrasi Sistem Jaringan jurusan TKJ di SMK Negeri 8 Jeneponto. Hasil uji menunjukkan bahwa nilai sig. sebesar 0.020 < 0.05 dengan kontribusi sebesar 9.3%. (6) Ada pengaruh antara motivasi belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Administrasi Sistem Jaringan jurusan TKJ di SMK Negeri 8 Jeneponto. Hasil uji menunjukkan bahwa nilai sig. sebesar 0.049 < 0.05 dengan kontribusisebesar 6.8%. (7) Ada pengaruh antara kreativitas terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Administrasi Sistem Jaringan jurusan TKJ di SMK Negeri 8 Jeneponto. Hasil uji menunjukkan bahwa nilai sig. sebesar 0.032 < 0.05 dengan kontribusi sebesar 8.0%. (8) Ada pengaruh antara pembelajaran online, motivasi belajar, dan kreativitas terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Administrasi Sistem Jaringan jurusan TKJ di SMK Negeri 8 Jeneponto. Hasil uji menunjukkan nilai sig. sebesar  0.019 < 0.05 dengan kontribusi sebesar 16,6% sehingga hipotesis penelitian ini diterimaKata Kunci: maksimal 5 kata, kata penting dari penelitian,

Full Text:

PDF

References


Aria Wira Yudha, dkk. 2022. Pengaruh Model Blended Learning dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMK. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), 7 (1)

Basadur, T. 2014. Creative Problem Solving Process Styles, Cognitive Works Demands and Organizational Adaptability. The Journal of Applied Behavioral Science, 50 (1)

Bates, T. 1997. The Impact of Technological Change on Open and Distance Learning. Distance Education

Cahyasari Kartika M, dkk. 2016. Pengaruh ELearning Berbasis Schoology Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam

Materi Perangkat Keras Jaringan Kelas X TKJ 2 pada SMK Negeri 3 Buduran Sidoarjo. Jurnal IT-Edu, 1 (1)

Chatarina Novianti, dkk. 2020. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Science and Physics Journal, 3 (2)

Doyan, A., Taufik, M dan Anjani, R. 2018. Pengaruh Pendekatan Multi Representasi terhadap Hasil Belajar Fisika ditinjau dari Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 4 (1)

Evan Romadhoni, dkk. 2019. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Gambar Teknik. Journal of Mechanical Engineering Education, 6 (2)

Emda, Amna. 2017. Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lamtanida Jurnal. 5 (2) 172-182

Fadhilatunisa, D., Fakhri, M. M., & Rosidah, R. (2020). PENGARUH BLENDED LEARNING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA AKUNTANSI. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 18(2), 93-106.

Fadhilatunisa, D., Rosidah, R., & Fakhri, M. M. (2020). THE EFFECTIVENESS OF THE BLENDED LEARNING MODEL ON THE STUDENTS’CRITICAL THINKING SKILLS AND LEARNING MOTIVATION IN ACCOUNTING DEPARTMENT. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 23(2), 194-208.

Fadlul Amdhi Yul dan Niska Ramadani. 2020. Gambaran Motivasi Belajar Simulasi Digital Menggunakan Smartphone. Jurnal Edik Informatika - Penelitian Bidang Komputer Sains dan Pendidikan

Informatika, 6 (2)

Fakhri, M. M., Fadhilatunisa, D., Rosidah, R., Satnur, M. A., & Fajrin, F. (2022). Pengaruh Media E-Learning Berbasis LMS Moodle dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. Chemistry Education Review (CER), 5(2), 157-169.

Gunawan, dkk. 2020. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa, 12 (1)

Ilham Akbar Darmawan, dkk. 2021. Pembangunan Keterampilan untuk Menumbuhkan Ekonomi Masyarakat Melalui Pusat Pendidikan dan Pelatihan Teknis dan Vokasi, 1 (1)

Lailatul Mauliddiyah dan Siti Sri W. 2022. Pengaruh Media Pembelajaran Daring, Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Selama Pandemi Covid-19 di SMKN 1 Surabaya.

Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4 (2)

Liu. A dan Ilyas. 2020. Pengaruh Pembelajaran Online Berbasis Zoom

Cloud Meeting Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Fisika Universitas Flores. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK), 6 (1)

Moore, M. G. 1989. Editorial: Three Types of Interaction. American Journal of Distance Education. 3 (2)

Ninis Mei Listiani. 2014. Pengaruh Kreativitas dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Produktif Pemasaran pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Tuban. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 2 (2)

Nurohmat, N. 2021. The effect of Online Learning on Students’ Learning Achievement (Overview of Learning English Achievement). Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 12 (2) 165-171

Putri Nurul Fitriyah dan Meini SS. 2020. Korelasi antara Kreativitas dan Hasil Belajar dengan Modul Pembelajaran Berbasis Aplikasi Interaktif Autoplay Media Studio pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis Kelas X TKJ. Jurnal IT - EDU, 5 (1)

Rike Andriani, dkk. 2019. Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4 (1)

Roida Pakpahan dan Yuni Fitriani, 2020. Analysis of the use of Information Technology in Distance Learning in the Midst of the Covid-19 Corona Virus Pandemic. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 4 (2) 30-36

Sri Wahyudi, dkk. 2022. Pengaruh Pemanfaatan Video Pembelajaran

Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Negeri 1 Rambah Samo dalam Mata

Pelajaran Sistem Komputer Kelas X Teknik Komputer dan Jaringan. Journal of ICT Aplication and System, 1 (1)

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sulasmi, E. 2021. Buku Ajar Kebijakan dan Permasalahan Pendidikan. Umsu Press.

Sulihin B, Sjukur. 2012. Pengaruh Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Tingkat SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2 (3) 372

Tahir dan Marniati. 2018. Pengaruh Kreativitas terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Ditinjau dari Jenis Kelamin. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2 (2)

UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Wahyu Saputra. 2020. Pengaruh Kreativitas Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1 (2)

Widodo, A. et al. 2020. From Face to Face Learning to Web Base Learning: How are Student Readiness? Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 10 (2)

Yuliana, Y dan Listiadi, A. 2021. Pengaruh Pemahaman Siklus Akuntansi, Computer Attitude, Intensitas Latihan Soal danE-Learning Terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9 (1)

Zboun, J. S. and Farrah, M. 2021. Students Perspektif of Online Language Learning During Corona Pandemic: Benefits and Challenges. Indonesian EFL Journal (IEFLJ), 7 (1)

Zulfia, R dan Syofyan, E. 2015. Pengaruh Fasilitas Belajar di Rumah, Minat Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi di SMK Kabupaten Agam. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi, 2 (1)


Article Metrics

Abstract view : 118 times | PDF view : 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.