ANALISIS KESESUAIAN KOMPETENSI LULUSAN SMK NEGERI 2 MAKASSAR DENGAN KEBUTUHAN DUNIA INDUSTRI

Ninik Septyani(1*), Syahrul Syahrul(2), Abdul Muis Mappalotteng(3),

(1) Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ujtv.v6i3.37537

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, fenomenologi yang bertujuan untuk mengetahui gambaran analisis kesesuaian kompetensi lulusan SMK Negeri 2 Makassar dengan kebutuhan dunia industri. Fokus dan subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, siswa di SMK Negeri 2 Makassar dan beberapa karyawan di setiap industri yang secara langsung terlibat dalam kegiatanPengambilan data dengan purposive sampling, dengan wawancara kepala sekolah, (2) guru keterampilan dan (4) siswa yang mengambil jurusan teknik komputer dan jaringan (TKJ) dan (8) Karyawan. Data hasil penelitian diperoleh dengan wawancara semi terstruktur dan dokumentasi terkait dengan segala proses pembelajaran dalam upaya pengembangan keterampilan bagi siswa.Menggunakan teknik analisis data reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan akhir. Data hasil penelitian diperoleh dari seluruh jawaban informan dan hasil dokumentasi yang sesuai yaitu telah memenuhi spesifikasi skill yang memenuhi dalam berkarir atau bekerja pada industri tersebut sesuaidengan keterampilan yang didapatkan dalam proses pembelajaran di sekolah sesuai dengan terlaksananya 70% pembelajaran praktek, dan 30% pembelajaran teori dan faktorfaktor yang mempengaruhi kesiapan kerja lulusan SMK Negeri 2 Makassar adalah minat, motivasi, lingkungan  pergaulan, dukungan keluarga, dan kurangnya kemampuan sosialisasi pada lingkungan baru dan kerap terjadinya perbedaan pendapat pada sesama anggota tim kemudian lulusan SMK juga kerap di perhadapkan dengan alat-alat teknologi baru yang secara umum belum dikuasai sehingga membutuhkan kerja sama dan membutuhkan waktu untuk belajar mengenal lebih dalam teknologi tersebut. Dan faktor lain yang menjadi kendala bagi lulusan SMK Negeri 2 Makassar meskipun memiliki kemampuan yang memadai tetapi pada setiap industri juga mengedepankan sinkronisasi antara skill dan tingkatan ijazah yang dimiliki setiap karyawan khususnya dalam hal kenaikan jabatan,hal tersebut yang mengakibatkan beberapa lulusan SMK Negeri 2 Makassar yang sudah lama bergabung di industri tersebut namun tidak mendapatkan kesempatan meningkatkan jenjang karir yang sesuai dengan masa pengabdian

Keywords


Pendidikan Vokasi, kesesuaian, lulusan SMK, dunia Industri

Full Text:

PDF

References


Arfandi, A., & Sampebua, O. (2016). Kesiapan Pelaksanaan Praktik Kerja Industri Program Studi Keahlian Teknik Bangunan di Kota Makassar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 35(1).

Anggraeni, R. (2016). PENGARUH PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XI JURUSAN

TPHP DI SMKN 4 GARUT (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan

Indonesia).

Dardiri, A. (2016). Optimalisasi Kerjasama Praktik Kerja Industri untuk Meningkatkan Citra Sekolah dan Daya Saing Lulusan SMK. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP), 22(2), 162168.

Dwi, jatmoko. 2013. Relevansi Kurikulum SMK Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Terhadap Kebutuhan Dunia Industri di Kabupaten Sleman Yogyakarta.

Estriyanto, Y., Sutrisno, V. L. P., & Saputra,

T. W. (2021). Studi Keselarasan Pembelajaran Cnc/Cam Pada Lptk, Smk, Dan Industri Menyongsong Era Revolusi Industri 4.0 Bidang Manufaktur. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 18(1), 111-120.

Ginanjar, P. A. (2017). Pengaruh Praktek Kerja Industri (Prakerin), Self Efficacy Dan Kompetensi Keahlian Terhadap Kesiapan Kerja Siswa

Smk Kelas Xii Program Keahlian Akuntansi Se-Kota Semarang Tahun Pelajaran 2016-2017 (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Hakim, S. R., & Hariadi, E. (2018). KesiapanWirausaha Siswa SMK Ditinjau dari Sikap Mandiri, Pengetahuan Kewirausahaan, dan Keluarga. JICTE (Journal of Information and Computer Technology Education), 24-24.

Hartanto, C. F. B., Rusdarti, R., & Abdurrahman, A. (2019). Tantangan

Pendidikan Vokasi di Era Revolusi Industri 4.0 dalam Menyiapkan Sumber Daya Manusia yang Unggul. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 2, No. 1, pp. 163-171).


Article Metrics

Abstract view : 491 times | PDF view : 122 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.