IMPLEMENTASI SISTEM E-LEARNING BERBASIS RESOURCE SHARING UNTUK PENGEMBANGAN SDM UMKM PADA UPT PLUT SULAWESI SELATAN

Dinda Putri Oetami(1*), Mustari Lamada(2), Patang Patang(3),

(1) Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ujtv.v6i3.37536

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan sistem e-learning berbasis resource sharing untuk pengembangan SDM UMKM pada UPT PLUT Sulawesi Selatan, dimana SDM pada PLUT Sulawesi Selatan sebelumnya telah memiliki website, dan UMKM yang telah memahami penggunaan aplikasi digital dimana hasil akhirynya akan dilakukan proses analisis lebih lanjut untuk implementasi. Jenis penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dan luaran khususnya berupa produk pembelajaran e-learning berbasis LMS (Learning Management System)yang dibuat sendiri menggunakan CodeIgniter Framework, Database Mysql, dan Bahasa Pemrograman menggunakan PHP. Uji implementasi menggunakan metode analisis implementasi dengan menggunakan teknik deskriptif persentase dengan variable validitas, kepraktisan, efektifitas, dan tanggapan pengguna yang menjadi penilaian dengan cara menyebarkan uji hasil implementasi berbasis kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan validitas menunjukkan score 4,83 dengan kesimpulan sistem valid untuk implementasi, praktis dengan score 4,62 sangat praktis untuk digunakan, efektivitas dengan score 4,85 sangat efektif di implementasikan, dan score akhir dari tanggapan 30 UMKM sebagai pengguna menyatakan 93,75% menyatakan sangat efektif dalam proses belajar dan puas terhadap aplikasi yang dikembangkan.

Keywords


Implementasi, e-learnig, resource sharing, SDM, UMKM, PLUT Sulawesi Selatan

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. 2004. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Anggara, Deni. (2021). Pengembangan EModule Berbasis Discovery Learning Pada Materi Fluida Dinamis Kelas IX SMA. Palangkaraya: Skripsi IAIN Palangkaraya Jurusan Pendidikan Mipa.

Fadhilatunisa, D., Fakhri, M. M., & Rosidah, R. (2020). PENGARUH BLENDED LEARNING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA AKUNTANSI. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 18(2), 93-106.

Fadhilatunisa, D., Rosidah, R., & Fakhri, M. M. (2020). THE EFFECTIVENESS OF THE BLENDED LEARNING MODEL ON THE STUDENTS’CRITICAL THINKING SKILLS AND LEARNING MOTIVATION IN ACCOUNTING DEPARTMENT. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 23(2), 194-208.

Fakhri, M. M., Fadhilatunisa, D., Rosidah, R., Satnur, M. A., & Fajrin, F. (2022). Pengaruh Media E-Learning Berbasis LMS Moodle dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. Chemistry Education Review (CER), 5(2), 157-169.

Horton, W dan K, Horton. 2003. E-learning Tools and Technologies: A Consumer Guide for Trainers, Teachers, Educators, and Instructional

Designers. USA: Wiley Publishing, Inc http://www.waskhas.com/2016/04/pengertian- e-learning-menurut-para-ahli.html (Di akses 10 Mei 2021)

Hardyanto, R. Hafid; & Dwi Surjono, Herman. (2016). Pengembangan dan Implementasi E-LearningMenggunakan Moodle dan Vicon Untuk Pelajaran Pemrograman Web Di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi,Vol. 6, No. 1, Februari 2016 (43-53).https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/ (Purnamawati & Hasanahah)

Islahulben, I., & Catur Widayati, C. (2021). Peran Multimedia Dalam Perkuliahan E-Learning: Kajian Penerapan Dalam Proses Pembelajaran Di Perguruan Tinggi. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(4), 525–543. https://doi.org/10.31933/jemsi.v2i4.541. (Selvi Banne Susatio, Muhammad

Hasbi & Purnamawati)

Pratama, A. E. 2014, Sistem Informasi dan Implementasinya, Bandung: Informatika Bandung.

Raharjo, Budi. 2015. Belajar Otodidak Framework Code Igniter. Bandung. : Informatika.

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru (edisi kedua). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sparrow, L., Sparrow, H. and Swan, P., 2000, Student centred learning: Is it possible. USA: Curtin Edu

Sudirman, Siahaan. 2004 E-Learning (Pembelajaran Elektronik) sebagai Salah. Satu Alternatif Kegiatan Pembelajaran, Jurnal Pendidikan 42, 2004

Say, Labaik Fasya Asil. (2019). Pengembangan Game Edukasi Gerbang Logika di Sekolah Menengah Kejuruan. Yogyakarta: Skripsi

Universitas Negeri Yogyakarta Fakultas Teknik.Tulus Tambunan. 2012, Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia: Isu-Isu Penting, Jakarta: LP3ES

Tegeh, I. M. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Winna, S. (2008) Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses

Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grouf

Wahyuningsih. D & Makmur. R. (2017). Elearning teori dan aplikasi. Bandung: Informatika.

Yowanita Dwi Irwanti. 2011. Efektivitas Penggunaan Metode Pembelajaran SCL Berbasis Blog Dalam Pembelajaran TIK Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Semester 1 Di SMA Negeri 1 Piyungan Bantul. Yogyakarta: UNY.


Article Metrics

Abstract view : 114 times | PDF view : 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.