PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU MELALUI MOTIVASI KERJA GURU
(1) Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
(2) Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
(3) Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/ujtv.v6i3.37535
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asterina, F., & Sukoco. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, dan Disiplin Guru terhadap Kinerja Guru. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 12.
Dahliah, & Sakka, W. (2021). Tingkat Pendidikan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Informatika), 17(3), 298–311. https://doi.org/10.26487/jbmi.v17i3.10709
Devitha, C. T. P., Baharuddin, F. R., & Purnamawati, P. (2021). Analisis
Pengaruh Masa Kerja dan Sertifikasi Terhadap Kompetensi dan Kinerja Guru Produktif SMK Negeri di Kota Kendari. JURNAL NALAR PENDIDIKAN, 9(1), 69. https://doi.org/10.26858/jnp.v9i1.20633
Gafur, A. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah: Strategi Meningkatkan Etos Kerja Guru Pendidikan Agama Islam (1st
ed.). Sidoarjo: NIzamia Learning Center.
Garson, G. D. (2016). Partial Least Squares: Regression & Structural Equation Models. Asheboro: Statistical Associates Publishing.
www.statisticalassociates.com
Ghozali, I. (2021). Partial Least Squares: Konsep, Teknik dan Aplikasi,
Menggunakan Program SmartPLS 3.2.9, Untuk Penelitian Empiris (3rd ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas
Diponegoro.
Hafitriani, S. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Motivasi Berprestasi terhadap Kompetensi Pedagogik Guru serta Implikasinya Terhadap Kinerja Guru. Indonesian Journal of Digital Business, 1(1), 11–29.
Haryono, S. (2016). Metode SEM Untuk Penelitian Manajemen dengan AMOS 22.00, LISREL 8.80 dan Smart PLS 3.0. Bekasi: PT. Intermedia Personalia Utama. www.ptipu.blogspot.com
Hussein, A. S. (2015). Penelitian Bisnis dan Manajemen Menggunakan Partial Least Squares (PLS) dengan smartPLS 3.0. Universitas Brawijaya: Fakultas Ekonomi dan Bisnis.
Juliandi, A. (2018). Structural Equation Model Partial Least Square (Sem-Pls) Dengan Smartpls.https://doi.org/10.5281/ZENODO.124377
Juniarti, E., Ahyani, N., & Ardiansyah, A. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Disiplin Guru terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(3), 193–199. https://doi.org/10.37985/joe.v1i3.21
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2012). Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru.
Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 17/M/2021
tentang Program Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan. (n.d.).
Penjelasan Atas Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (n.d.).
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 6 Tahun 2019 tentang Pedoman Organisasi dan Tata Kerja Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. (n.d.)
Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. (n.d.).
Purnamawati, Amir, F., & Purnamasari, R. (2020). Analisis Kesiapan Kerja Siswa, Kualitas Pembelajaran dan Sarana Prasarana SMK Negeri di Kabupaten Soppeng. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Teknik UNM, 11.
Purwanti, L. D., & Cahyoadi, B. (2021a). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kompetensi Guru. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 14(1),
–46. https://dx.doi.org/10.17977/UM014v14i12020p37
Rahmadani, P. S. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Kompetensi Guru, dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru dengan Motivasi Kerja sebagai Variabel Intervening. Universitas Negeri Semarang.
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2013). Organizational Behavior (15th ed). Boston: Pearson.
Rorimpandey, W. H. F. (2020). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Guru Sekolah Dasar (1st ed.). Malang: Ahlimedia Press.
Soenarto, S., Amin, M. M., & Kumaidi, K. (2017). An evaluation of vocational high schools in Indonesia: A comparison between four-year and three-year programs. Research and Evaluation in Education, 3(2), 106. https://doi.org/10.21831/reid.v3i2.17077
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Bandung: Alfabeta.
Uljens, M., & Ylimaki, R. M. (Eds.). (2017). Partial Least Squares: Konsep, Teknik dan Aplikasi, Menggunakan Program SmartPLS 3.2.9, Untuk Penelitian Empiris (1st ed. 2017). Springer International Publishing :Imprint:Springer.https://doi.org/10.1007/978-3-319-58650
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Uno, H. B. (2019). Teori Motivasi & Pengukurannya: Kajian & Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Yukl, G. (2015). Leadership in Organizations:Kepemimpinan dalam Organisasi (7th ed.). Jakarta: Penerbit Indeks.
Article Metrics
Abstract view : 371 times | PDF view : 84 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.