FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EMPLOYABILITY SKILLS PESERTA DIDIK DI SMK ENREKANG

Tanrasula Tanrasula(1*), Mustari Lamada(2), Lahming Lahming(3),

(1) Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ujtv.v6i3.37533

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengaruh variabel bebas dan variabel terikat, yaitu kompetensi keahlian (X1), ekstrakurikuler (X2), pengalaman prakerin (X3) dan eployability skills (Y). Metode penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XII SMK Program Studi TKJ di Enrekang dengan jumlah 198 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa: (1), kompetensi keahlian,ektrakurikuler pramuka dan pengalaman prakerin peserta didik SMK di Enrekang berada pada kategori baik; (2) Terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara kompetensi keahlian, ektrakurikuler dan pengalaman prakerin terhadap Employability skills.

Keywords


Kompetensi Keahlian, Ekstrakurikuler, Pengalaman Prakering, Employability Skills

Full Text:

PDF

References


PP No 17 Tahun 2010. (2010). Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.

Direktorat Pembinaan PSMK (2016). Grand Design Pengembangan Teaching Factory dan Technopark di SMK. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah

Permendikbud Nomor 62 Tahun 2014. (2014). Kegiatan Ekstrakurikuler Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah.

Permenperin No 3 Tahun 2017. (2017). Tentang Pedoman Pembinaan dan Pengembangan SMK Berbasis Kompetensi yang Link and Match dengan Industri.

Putriatama, E., Patmanthara, S., & Sugandi, R. M. (2016). Kontribusi Pengalaman Prakerin, Wawasan Dunia Kerja dan Kompetensi Kejuruan Melalui Employability Skills serta dampaknya terhadap Kesiapan Kerja. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan, 11.

Abur Mustikawanto. (2019). Pengaruh Kompetensi, Motivasi Kerja, Pengalaman Praktik Kerja Industri Dan Sarana Terhadap Kesiapan Kerja Lulusan Smk Program Keahlian Elektro.

Mahyuddin. (2018). Implementasi Nilai Employability Skills Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Di Smk Negeri 1 Takalar.Nugroho, D. (n.d.). Pengaruh Keaktifan Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Dan

Osis Terhadap Kesiapan Kerja Siswa. 7.

Susanti, A. I. (2015). Kontribusi Persepsi Siswa Tentang Kualitas Guru, Kesesuaian, dan Hasil Prakerin Terhadap Employability Skills Siswa SMK. 12.

Putriatama, E., Patmanthara, S., & R.M, S. (2016). Kontribusi Pengalaman Prakerin, Wawasan Dunia Kerja dan Kompetensi Kejuruan Melalui Emploability Skill Serta Dampaknya Terhadap Kesiapan Kerja.


Article Metrics

Abstract view : 177 times | PDF view : 32 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.