ANALISIS PEMBELAJARAN SECARA SINKRON DAN ASIKRON PADA PEMBELAJARAN DIGITAL

Haekal Febriansyah Ramadhan(1*), Muhammad Yahya(2), Abdul Muis Mappalotteng(3),

(1) Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
(2) Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
(3) Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ujtv.v6i2.34888

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengumpulkan, mengolah, serta mendeskripsikan data mengenai (1) Tingkat keefektifan pembelajaran sinkron dan asinkron terhadap mahasiswa pascasarjana pada masa pembelajaran digital (2) Tingkat kepuasan mahasiswa pascasarjana terhadap pembelajaran sinkron dan asinkron pada masa pembelajaran digital (3) Pemaduan pembelajaran sinkron dan asinkron pada satu mata kuliah menurut mahasiswa pascasarjana. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Adapun populasi penelitian ini adalah mahasiswa pascasarjana dari Universitas Negeri Makassar dan Universitas Indonesia dengan teknik pengambilan sampel probability sampling dengan metode simple random sampling untuk angket dan purposive sampling untuk wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata keefektifan pembelajaran sinkron terhadap mahasiswa pascasarjana adalah 4 dari 5 dan pembelajaran asinkron sebesar 3,70 dari 5 sedangkan nilai rata-rata kepuasan mahasiswa pascasarjana untuk pembelajaran sinkron adalah 3,94 dari 5 dan untuk pembelajaran asinkron adalah 3,76 dari 5, serta semua responden wawancara setuju bahwa pembelajaran sinkron dan asinkron dapat dipadukan dalam satu mata kuliah.


Keywords


Pembelajaran Sinkron, Pembelajaran Asinkron, Keefektifan, Kepuasan

Full Text:

PDF

References


Azizah, K. N. (2020, Mei 6). Dugaan Kasus Pertama Virus Corona di China Terdeteksi pada November 2019. Retrieved from detikHealth: https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5004285/dugaan-kasus-pertama-virus-corona-di-china-terdeteksi-pada-november-2019. (diakses 20 November 2021).

Baber, H. (2021). Modelling the acceptance of e-learning during the pandemic of. The International Journal of Management Education 19.

Bower, M., Dalgarno, B., Kennedy, G. E., Lee, M. J., & Kenney, J. (2015). Design and implementation factors in blended synchronous learning. Computers & Education, 1-17.

Chance, M. (1979). Learning and Behaviour. Wadsworth Publishing Company.

Cidral, W., Aparicio, M., & Oliveira, T. (2020). Students’ long-term orientation role in e-learning success: A Brazilian study. Heliyon.

Dirmansyah, Y. (2005). Analisis Tingkat Kepuasan Siswa dalam Mempelajari Akuntansi. Semarang.

Domjan, M. (2010). The Principles of Learning and Behavior. Wadsworth.

Duran, F. (2020). Synchronous vs. Asynchronous Instruction. Retrieved from Arlington Public Schools: https://www.apsva.us/school-year-2020-21/synchronous-vs-asynchronous-instruction/. (diakses 18 November 2021).

Esysenck, M., & Keane, M. (2010). Cognitive Psychology a Student's Handbook. Psychology Press.

Fadhilatunisa, D., Fakhri, M. M., & Rosidah, R. (2020). PENGARUH BLENDED LEARNING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA AKUNTANSI. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 18(2), 93-106.

Fadhilatunisa, D., Rosidah, R., & Fakhri, M. M. (2020). THE EFFECTIVENESS OF THE BLENDED LEARNING MODEL ON THE STUDENTS’ CRITICAL THINKING SKILLS AND LEARNING MOTIVATION IN ACCOUNTING DEPARTMENT. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 23(2), 194-208. https://doi.org/10.24252/lp.2020v23n2i1

Fadli, d. R. (2021, Juni 11). Begini Kronologi Lengkap Virus Corona Masuk Indonesia. Retrieved from halodoc: https://www.halodoc.com/artikel/kronologi-lengkap-virus-corona-masuk-indonesia. (diakses 18 November 2021).

Fontaine, G., & Cossette, S. (2021). A theory-based adaptive E-learning program aimed at increasing intentions. Nurse Education Today.

Gallistel, C. (2008). Learning and representation . Learning theory and behavior. Vol. 1 of Learning and memory: A comprehensive reference, 4 vols. (J. Byrne Editor), 227-242.

Gay, L., & Diehl, P. (1992). Research Methods for Business and Management. New York: Macmillan Publishing Company.

Hikmawati, F. (2018). Metodologi Penelitian. Depok: Rajawali Pers.

Houwer, J. D., Barnes-Holmes, D., & Moors, A. (2013). What is learning? On the nature and merits of a functional. Psychonomic Society.

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. (2019, Desember). Statistik Pendidikan Tinggi 2019. Retrieved November 15, 2021, from Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi: https://pddikti.kemdikbud.go.id/asset/data/publikasi/Statistik%20Pendidikan%20Tinggi%20Indonesia%202019.pdf. (diakses 21 November 2021).

Kim, D., Yoon, M., Jo, I.-H., & Branch, R. M. (2018). Learning analytics to support self-regulated learning in. Computers & Education 127, 233-251.

Lachman, S. J. (1997). Learning is a Process: Toward an Improved Definition of Learning. The Jounral of Psychology, 477-480.

Pane, d. M. (2021, Agustus 6). Virus Corona. Retrieved from alodokter: https://www.alodokter.com/virus-corona. (diakses 20 Agustus 2021).

Riani, P. (2016). Efektivitas Portal Berita Online Sebagai Sumber Informasi Dosen dan Pegawai Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang. Palembang.

Shetu, S. F., Rahman, M., Ahmed, A., Mahin, M. F., Akib, A. U., & Saifuzzaman, M. (2021). Impactful e-learning framework: A new hybrid form of education. Current Research in Behavioral Sciences, 2666-51.


Article Metrics

Abstract view : 158 times | PDF view : 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.