EVALUASI PELAKSANAAN TEACHING FACTORY DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN DAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA SISWA SMK DI KOTA MAKASSAR

Hariati Hariati(1*), Muhammad Yahya(2), Andi Muhammad Irfan(3),

(1) Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
(2) Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
(3) Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ujtv.v6i2.34793

Abstract


Penelitan ini bertujuan untuk; (1) mengetahui pelaksanaan teaching factory pada SMK di Kota Makassar ditinjau dari komponen context, input, dan  process. (2) Mengetahui pelaksanaan teaching factory pada SMK di Kota Makassar ditinjau dari komponen product dilihat dari keterampilan dan motivasi berwirausaha siswa. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan evaluasi dengan model context, input, process, product. Responden pada penelitian ini adalah tenaga pendidik dan peserta didik di SMK sejumlah 42 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumen, observasi dan angket. Data dianalisis secara deskriptif presentase. Hasil Penilitian menunjukkan bahwa pelaksanaan teaching factory secara keseluruhan komponen CIPP dalam kategori sangat baik, yang mencakup: komponen context dalam kategori “sangat baik”, komponen input dalam kategori “sangat baik”, komponen process dalam kategori “sangat baik”, dan komponen product dalam kategori “Sangat baik”. Selanjutnya, pelaksanaan teaching factory efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan dan motivasi berwirausaha peserta  didik SMK di Kota Makassar

 


Keywords


teaching factory, CIPP, kewirausahaan, Sekolah Menengah Kejuruan

Full Text:

PDF

References


Barnawi. (2012). Strategi dan Kebijakan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Yogjakarta: AR-RUZZ MEDIA

Buchari Alma. (2009). Kewirausahaan. Bandung: Penerbit Alfabeta.

DPSMK. (2017). Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Nomor: 330/D.D5/KEP/KR/ 2017, tahun 2017 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Muatan Nasional (A), Muatan 133 Kewilayahan (B), dasar Bidang Keahlian (C1), Dasar Program Keahlian, (C2), dan Kompetensi Keahlian (C3).

Saroni Mohammad. (2012). Mendidik dan Melatih Entrepreneur Muda. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.

Sintawati, E., Zahro, S., & Purwaningsih, E. (2018). The Model of Teaching Factory for a Fashion Business Learning in Universitas Negeri Malang Indonesia. Proceedings of the 1st International Conference on Culinary, Fashion, Beauty, and Tourism, 265-270.

Sovia Veronica Purba. (2009). Newsletter IGI. Jerman: IGI Consultant for Institutional and Management of Teaching Factory.]

Stufflebeam, D.L. H McKee and B McKee. (2003). The CIPP Model for Evaluation. Paper presented at the 2003 Annual Conference of the Oregon Program Evaluation Network (OPEN). Portland, Oregon.

Sumual, H., & Soputan, G. J. (2018). Entrepreneurship Education Through Industrial Internship for Technical and Vocational Students. IOP Conference Series: Materials Science and Engineer-ing, 306, 1-5. doi: 10.1088/1757-899X/306/1/012053

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Yunita Widyaning Astiti (2014) Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Motivasi Berwirausaha dan Keterampilan Berwirausaha Mahasiswa dan Keterampilan Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.


Article Metrics

Abstract view : 213 times | PDF view : 46 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.