ANALISIS PENGARUH MOTIVASI DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA KULIAH PERAWATAN WAJAH DAN TEKNOLOGI MAHASISWA KONSENTRASI TATA RIAS JURUSAN PENDIDIKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA FT UNM

Wilda Auliah Moh Nasir(1*), Hamidah Suryani(2), Syamsidah Syamsidah(3),

(1) Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
(2) Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
(3) Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ujtv.v6i2.34792

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui gambaran hasil belajar mata kuliah perawatan wajah dan teknologi mahasiswa konsentrasi tata rias; (2) untuk mengetahui gambaran motivasi belajar terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah perawatan wajah dan teknologi; (3) untuk mengetahui gambaran fasilitas belajar mahasiswa pada mata kuliah perawatan wajah dan teknologi; (4) untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah perawatan wajah dan teknologi; (5) untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah perawatan wajah dan teknologi; dan (6) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah perawatan wajah dan teknologi di jurusan PKK FT UNM. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional dan teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik purposive sampling, maka sampel dalam penelitian ini berjumlah 15 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner angket dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar mata kuliah perawatan wajah dan teknologi berada pada kategori sangat tinggi; (2) Motivasi belajar mata kuliah perawatan wajah dan teknologi berada pada kategori tingg; (3) fasilitas belajar mata kuliah perawatan wajah dan teknologi berada pada kategori tinggi; (4) Motivasi belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar mata kuliah perawatan wajah dan teknologi; (5) fasilitas belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar mata kuliah perawatan wajah dan teknologi; (6) Secara bersama-sama motivasi, fasilitas belajara berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah perawatan wajah dan teknologi di jurusan PKK FT UNM 


Keywords


Motivai Belajar, Fasilitas belajar, Hasil Belajar, perawatan wajah dan teknologi

Full Text:

PDF

References


Amaliah, R. (2017). Hasil Belajar Biologi Materi Sistem Gerak dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange (RTE) pada Siswa Kelas XI SMAN 4 Bantimurung. Jurnal Dinamika, 11-17.

Anni, Chatarina Tri. 2006. Psikologi Belajar. Semarang: UPT UNNES Press.

Arief, H. S., Maulana, & Sudin, A. (2016). Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Pendekatan Problem Based Learning. Jurnal Pena Ilmiah, 141-150.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakrta: Rineka Cipta.

Darsono, Max. 2000. Belajar dan pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press.

Hadi, Sutrisno. 1998. Metodologi Research.Yogyakarta: Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi UGM.

Hamalik, Oemar. 2003. Prosedur Belajar Mengajar. Jakarta Bumi Aksara.

Hasbullah, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2006), hlm. 26.

Ibrahim Bafadal, Manajemen Perlengkapan Sekolah Teori dan Aplikasinya (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2004), hlm. 2

Jemudin, F. D., Makur, A. P., & Ali, F. A. (2019). Hubungan Sikap Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMPN 6 Langke Rembong. Journal of Honai Math, 1-11

Nashar, Drs. 2004. Peranan Motivasi dan Kemampuan awal dalam kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press.

Sardiman, A.M. 2000. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta Grafindo Persada.

Soemanto, Wasty. 2003. Psikologi Pendidikan. Malang: Rineka Cipta.

Sudjana. 2002. Metode Statistik. Bandung: TARSITO.

Sudjana, Nana. 1996. Dasar-dasar Proses Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Tahalele, J.F. 1978. Cara mengajar Dengan Hasil Yang Baik. Bandung: CV. Diponegoro.

Sugiyono. (2015). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sulastri, Imran, & Firmansyah, A. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya. Jurnal Kreatif Tadulako, 90-103


Article Metrics

Abstract view : 119 times | PDF view : 29 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.