PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TRAINER MIKROKONTROLER PADA JURUSAN TEKNIK ELEKTRONIKA SMK NEGERI DI MAKASSAR

Akmaluddin Akmaluddin(1*), Hasanah Nur(2), Darlan Sidik(3),

(1) Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
(2) Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
(3) Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ujtv.v6i2.34787

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk; (1) mengetahui tahapan dalam mengembangkan media pembelajaran trainer mikrokontroler; (2) menghasilkan media pembelajaran trainer Mikrokontroler yang valid dan praktis digunakan di SMK; (3) menghasilkan media pembelajaran trainer Mikrokontroler yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMK. Metode penelitian ini adalah Research and Development dengan model pengembangan 4D. Subjek penelitian ini adalah 25 siswa SMK Negeri di Kota Makassar, jurusan teknik elektronika. Pengumpulan data melalui metode dokumentasi, observasi dan angket dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis modul aplikasi smartphone melalui tahapan sebagai berikut: (1) menganalisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran dan kelayakan serta kebutuhan pengembangan media trainer berbasis mikrokontroler.Alf dan Vegard RISC (AVR); (2) tahap desain perancangan perangkat dan media pembelajaran; (3) pengembangan dengan melihat tanggapan validator/ahli dari desain yang telah dibuat yaitu kelayakan media dan kelayakan materi serta kelayakan instrumen dan soal bagi siswa/siswa; (4) pendistribusian dilakukan dalam 2 tahap kegiatan yaitu tahap Pre-Test yang digunakan sebagai data awal dan tahap Post-Test dan tahap implementasi yang digunakan sebagai data akhir untuk melihat perbandingan dan persentase keberhasilan produk yang dibuat. Kualitas media pembelajaran dinyatakan sangat valid oleh validator ahli media dengan nilai 99% dan ahli materi dengan nilai 99%. Kepraktisan media berdasarkan angket siswa dari tes one to one mendapat skor 88%, tes kelompok kecil 92% dan tes kelompok besar 90% berada pada kategori sangat praktis. Keefektifan dinyatakan berdasarkan hasil pretest dan posttest. Data yang diperoleh menunjukkan N-Gain sebesar 0,81 yang berada pada kategori tinggi dimana nilai rata-rata siswa sebelum digunakan adalah 55,37 dan meningkat menjadi 81,05 setelah menggunakan media trainer mikrokontroler, Peningkatan nilai tersebut dapat disimpulkan bahwa media trainer mikrokontroler telah efektif dalam penggunaannya.


Keywords


Pelatih Mikrokontroler, Media Pembelajaran Pelatih Mikrokontroler

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Anshary, I. & Edidas. (2018). Pengembangan Trainer Mikrokontroler Sebagai Media Pembelajaran Dengan Metode Fault-Finding. VoteTEKNIKA: Jurnal Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika, 6(2), 80–84.

Arifin, Z., & Zuhrie, M. S. (2016). Pengembangan Trainer Dan Jobsheet Mikrokontroler Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Perekayasaan Sistem Kontrol Di Jurusan Elektronika Industri Smk Negeri 1 Bangil. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(1).

Ashari, F. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Trainer Mikrokontroller Robot Lengan Berbasis Arduino Pada Mata Pelajaran Perekayasaan Sistem Robotik di SMK Negeri 2 Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 6(1).

Branch, R. M. (2009). Instructional Deign; ADDIE Approach. Springer.

Hanafi, I. (2012). Re-orientasi keterampilan kerja lulusan pendidikan kejuruan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(1).

Hariyadi, A., & Kholis, N. (2015). Pengembangan Trainer Mikrokontroler Sebagai Media Pembelajaran Di Smk Negeri 1 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(3).

Jalinus, N. (2011). Pengembangan pendidikan teknologi dan kejuruan dan hubungan dunia kerja. Jurnal Pendidikan Vokasi, 1(1), 25–34.

Jumiati, S. M., & Akmalia, D. (2011). Peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model numbereds heads together (NHT) pada materi gerak tumbuhan di kelas VIII SMP sei putih kampar. Tersedia Secara Online Di: Https://Www. Unilak. Ac. Id/Media/File/73452042508Martalasari-Jumiati-Dian. Pdf [Diakses Di Bandung, Indonesia: 12 Oktober 2016].

Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat. Prenada Media. https://books.google.co.id/books?id=cCTyDwAAQBAJ

Kusumah, H., & Pradana, R. A. (2019). Penerapan Trainer Interfacing Mikrokontroler dan Internet Of Things Berbasis Esp32 pada Mata Kuliah Interfacing. Journal Cerita, 5(2), 120–134.

Mulyatiningsih, E. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran. Diakses Dari Http://Staff. Uny. Ac. Id/Sites/Default/Files/Pengabdian/Dra-Endang-Mulyatiningsih-Mpd/7cpengembangan-Model-Pembelajaran. Pdf. Pada September.

Ningrum, L. E. C., & Firmanto, B. (2019). Pengembangan Trainer Pembelajaran Aplikasi Mikrokontroler Atmega 16 Menggunakan Bahasa Pemrograman C Dengan Codevision Avr Dan Downloader Usb Asp. Teknologi Dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan Dan Pengajarannya, 41(2), 119–129.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 tentang Standar nasional pendidikan.

Puspaningrum, E. D., & Sondang, M. (2014). Pengembangan Trainer Mikrokontroler Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Mikroprosesor di SMKN 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(1).

Sempana, A. I. (2017). Pengembangan Trainer Mikrokontroler Atmega 16 Sebagai Media Pembelajaran Pada Standar Kompetensi Memprogram Peralatan Sistem Otomasi Elektronik Yang Berkaitan Dengan I/O Bantuan Mikroprosesor Dan Mikrokontroler di SMKN 2 Lamongan. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 6(3).

Sujarwata. (2018). Belajar Mikrokontroler BS2SX Teori, Penerapan dan Contoh pemrograman PBasic. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=O-BjDwAAQBAJ

Syahputra, R., & Yundra, E. (2020). Pengembangan Trainer Mikrokontroler Pada Mata Pelajaran Mikroprosesor Dan Mikrokontroler Di Kelas XI SMK Negeri 2 Lamongan. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 9(2).

Undang-Undang Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.

Uyun, I., & Myori, D. E. (2021). Efektivitas Penerapan Trainer sebagai Media Pembelajaran Dasar Listrik Elektronika. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 10–13.

Wahyudi, L. (2017). Pengembangan Trainer Miniatur Pintu Perlintasan Kereta Api Berbasis PLC Untuk Meningkatkan Standar Kompetensi Merangkai PLC Di SMK Dwija Bakti Jombang. 06, 6.

Wahyudi, W., Hidayat, A., & Fakhri, M. M. (2022). Penerapan Machine Learning Pada Mikrokontroler Arduino Mega PRO MINI ATmega2560-16AU. Journal of Embedded Systems, Security and Intelligent Systems, 3(1), 30-39.

Zakir, M. & Sukardi. (2020). Pengembangan Trainer Mikrokontroler Lengan Robot Sebagai Media Pembelajaran Mengoperasikan Sistem Pengendali Elektronik. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 15–18.


Article Metrics

Abstract view : 181 times | PDF view : 38 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.