PENGARUH IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS LESSON STUDY TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR INFORMATIKA PADA SISWA SMA PLUS BUDI UTOMO MAKASSAR

M. Ruhan Bachry(1*), Riana T.Mangesa(2), Jumadi Mabe Parenreng(3), Djuanda Djuanda(4), Abdul Muis Mappalotteng(5), Ramli Rasyid(6),

(1) Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
(2) Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
(3) Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
(4) Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
(5) Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
(6) Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ujtv.v6i2.34786

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah  memperoleh, menganalisis, dan mendeskripsikan data  mengenai (1) Mengetahui gambaran implementasi pembelajaran kolaboratif berbasis lesson study di kelas X SMA Budi Utomo Kota Makassar (2 Mengetahui Gambaran pembelajaran kolaboratif berbasis lesson study terhadap Hasil belajar siswa di kelas X SMA Budi Utomo Kota Makassar 3) Mengetahui pengaruh implementasi pembelajaran kolaboratif berbasis lesson study terhadap Hasil belajar siswa di kelas X SMA Budi Utomo Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik True Eksperimen Design. Hasil penelitian ini menunjukkan gambaran implementasi pembelajaran kolaboratif berbasis lesson study di kelas X SMA Budi Utomo Kota Makassar berada pada pada kategori amat baik . Dengan presentasi untuk tahap Plan sebesar 92,3%, tahap Do sebesar 80%, tahap See sebesar 87,5%. nilai rata-rata dengan nilai rata-rata antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol memiliki perbedaan, kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 73,9 dan kelas kontrol dengan nilai rata-rata 52,6, dengan kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Sedangkan, pengaruh implementasi pembelajaran kolaboratif berbasis lesson study terhadap Hasil belajar siswa di kelas X SMA Budi Utomo Kota Makassar yaitu berpengaruh secara signifikan sebesar 95%. Sedangkan pengaruh implementasi pembelajaran kolaboratif berbasis lesson study terhadap motivasi belajar siswa di kelas X SMA Budi Utomo Kota Makassar yaitu berpengaruh secara signifikan sebesar 95%.


Keywords


Lesson Study, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Alwi, Hasan dkk. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran, Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Bill Cerbin & Bryan Kopp. dkk. 2008. A Brief Introduction to College Lesson Study Project. (online) http://www.uwlax.edu./sofl/lps/index2.htm diakses tgl 10 januari 2011.

Cerbin, William., & Bryan Kopp. 2006. Lesson Study as a Model for Building Pedagogical Knowledge and Improving Teaching. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education. Volume 18, Number 3, 250-257.

Departemen Pendidikan Dasar. 2014. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Informatika Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Depertemen Pendidikan Nasional.

Departemen Pendidikan Nasional.2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

Doig, Brian & Susie Groves. 2011. Japanese Lesson Study: Teacher Professional Development through Communities of Inquiry. Mathematics Teacher Education and Development. Vol. 13.1, 77–93.

Eric C. K. Cheng, LO Mun Ling. 2012. The Approach Of Learning Study: Its Origin And Implications

Fadloli Ahmad. 2014. Lesson Study model pembinaan Profesi Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Halaman Moeka publishing.

Fatimah, Nur. 2017. Challenges In Implementing Lesson Study At Highereducation.

Hamid Hasan. 1993. Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial (buku I). Bandung : JurusanSejarah FIPS IKIPBandung.

Hill, S & Hill, T. (1993). The Collaborative Classroom: a guide co-operaative learning. Australia. Amadale, Vic: Eleanor Curtain Publisshing. [Online]. Tersedia: http://www.pgcps.pg.k12.md.us/~elc/learning1.html [19 April 2016].

Huda, Miftahul, Cooperative Learning: Metode, Teknik, Struktur, dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.

In Proceedings of the 35th Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education, Vol. 4, pp. 297-304. Turkey: University of Ankara

Kanellopoulou, Eurydice-Maria & Maria Darra. 2018. The Planning of Teaching in the Context of Lesson Study: Research Findings. Canadian Center of Science and Education. Vol. 11, No. 2;

Lewis, C. (2002). Does lesson study have a future in the United States? Nagoya Journal of Education and Human Development, 1, 1-23

Lewis, C. (2005). How do teachers learn during lesson study? In P. Wang-Iverson & M. Yoshida (Eds.). Building our understanding of lesson study. Philadelphia: Research for Better Schools, Inc.

Marweni, Enik Sofien. 2013. Kelebihan Lesson Study. http://eprints.uny.ac.id/18193/4/4140180001%204.%20BAB%20II.pdf. (diakses 26 April 2016).

Mulyana, Dedy. 2007. Pendidikan Bermutu Dan Berdaya Saing. Rosda karya: Yogyakarta

Murphy. 2017. Lesson Study: Evaluation Report and Executive Summary. Vol. 11, No. 2

Poerwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Surakarta :Pustaka Belajar.

Purwodarminto. (1997). Pengertian Prestasi. [Online]. Tersedia:http://belajar psikologi.com/pengertian-prestasi-belajar/. (diakses 15 April 2016).

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalme Guru. Jakarata: Pt. Raja Grafindo Persada.

Sato, Masaaki, Dialog dan Kolaborasi di Sekolah Menengah Pertama: Praktek Learning Community,Jakarta: JICA-Kemendikbud-Kemenag, 2012.

Schunk, Dale H., Teori-teori Pembelajaran: Perspektif Pendidikan, Eva Hamdiah dan Rahmat Fajar (terj.), Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.

Sekolah Penggerak. 2021. Modul Sekolah Penggerak. Kementrian

Pendidikan dan Kebudayaan.

Sudjana, N. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sudrajat, Ahmad. 2008.Lesson Study untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Pembelajaran. https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/02/22/lesson-study-untuk-meningkatkan-pembelajaran/.(diakses 19 april 2016).

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sulhan, Najib. 2006. Pembangungan Karakter pada Anak.Manajemen Pembelajaran Guru Menuju Sekolah Efektif. Surabaya:Surabaya Intelektual Club.

Sumar, Hendayana,dkk. 2006. Suatu Strategi Untuk Meningkatkan Keprofesionalan Pendidik, Bandung: UPI Press.

Suryani, Nunuk. 2010.Implementasi model pembelajaran kolaboratif untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa. http://journal.uny.ac.id/index.php/mip/article/viewFile/3654/3127. (diakses 26 April 2016).

Susilo Herawati, dkk. 2009. Lesson Study Berbasis sekolah, Malang: Bayu Media Publishing.

Undang-Undang Repulik IndonesiaNo.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS). 2003. Bandung: Citra Umbaran.

Widhiarta, dkk. 2008. Lesson Study (Sebuah Upaya Peningkatan Mutu Pendidik Pendidikan Nonformal. Surabaya: BPPNFI.

Widowati, Asri. 2008. Diktat Pendidikan Informatika. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Yoshida, M. (1999). Lesson study: An ethnographic investigation of school-based teacher development in Japan.


Article Metrics

Abstract view : 195 times | PDF view : 39 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.