EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL SMK NEGERI 2 PINRANG
(1) Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
(2) Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
(3) Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/ujtv.v6i2.34784
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) efektivitas penggunaan aplikasi pembelajaran daring; (2) aktivitas belajar siswa pada penggunaan aplikasi pembelajaran daring; (3) respon siswa terhadap penggunaan aplikasi pembelajaran daring. Jenis penelitian yang digunakan adalah pra eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Komputer dan jaringan SMK Negeri 2 Pinrang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ2 yang berjumlah 36 siswa yang ditentukan dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan tes, observasi dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa setelah penggunaan aplikasi pembelajaran daring mengalami peningkatan, begitupun dengan aktivitasnya. Adapun hasil respon siswa terhadap penggunaan aplikasi pembelajaran daring mendapat respon positif. Berdasarkan penelitian, disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi pembelajaran daring efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa selama proses pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ayu Nurmala, D., Lulup Endah Tripalupi, & Naswan Suharsono. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar terhadap Hasil Belajar Akuntansi. 4(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/jjpe/article/view/3046
Fadhilatunisa, D., Fakhri, M. M., & Rosidah, R. (2020). PENGARUH BLENDED LEARNING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA AKUNTANSI. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 18(2), 93-106.
Fadhilatunisa, D., Rosidah, R., & Fakhri, M. M. (2020). THE EFFECTIVENESS OF THE BLENDED LEARNING MODEL ON THE STUDENTS’ CRITICAL THINKING SKILLS AND LEARNING MOTIVATION IN ACCOUNTING DEPARTMENT. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 23(2), 194-208. https://doi.org/10.24252/lp.2020v23n2i1
Hasanah, H., Jamaluddin, J., & FAKHRI, M. M. (2020). EFEKTIVITAS MODEL BLENDED-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN KERJASAMA MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI UIN ALAUDDIN MAKASSAR (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR).
Handhika, J. (2012). Efektivitas Media Pembelajaran IM3 Ditinjau Dari Motivasi Belajar. JPII 1 (2) (2012) 109-144.
Mishadin. (2012). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Komputer pada Mata Pelajaran Elektronika Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI di SMK 1 Sedayu Bantul [Universitas Negeri Yogyakarta]. https://eprints.uny.ac.id/30220/1/Mishadin%2007518244014.pdf
Monica, J. & Dini Fitriawati. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Online pada Mahasiswa saat Pendemi Covid-19. IX (2), 1630–1640.
Pratama, F. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring menggunakan Aplikasi Google Classroom pada Mata Pelajaran Instalasi Tenaga Listrik. 7(2), 305–312.
Undang-undang. (2003). Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. https://pusdiklat.perpusnas.go.id/public/media/regulasi/2019/11/12/2019_11_12-03_49_06_9ab7e1fa524ba603bc2cdbeb7bff93c3.
Article Metrics
Abstract view : 375 times | PDF view : 49 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.