EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL SMK NEGERI 2 PINRANG

Andi Satriani(1*), Syahrul Syahrul(2), Riana T. Mangesa(3),

(1) Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
(2) Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
(3) Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ujtv.v6i2.34784

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) efektivitas penggunaan aplikasi pembelajaran daring; (2) aktivitas belajar siswa pada penggunaan aplikasi pembelajaran daring; (3) respon siswa  terhadap penggunaan aplikasi pembelajaran daring. Jenis penelitian yang digunakan adalah pra eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Komputer dan jaringan SMK Negeri 2 Pinrang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ2 yang berjumlah 36 siswa yang ditentukan dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan tes, observasi dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa setelah penggunaan aplikasi pembelajaran daring mengalami peningkatan, begitupun dengan aktivitasnya. Adapun hasil respon siswa terhadap penggunaan aplikasi pembelajaran daring mendapat respon positif. Berdasarkan penelitian, disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi pembelajaran daring efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa selama proses pembelajaran.

 


Keywords


Aplikasi Pembelajaran Daring, Hasil Belajar, Simulasi dan Komunikasi Digital

Full Text:

PDF

References


Ayu Nurmala, D., Lulup Endah Tripalupi, & Naswan Suharsono. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar terhadap Hasil Belajar Akuntansi. 4(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/jjpe/article/view/3046

Fadhilatunisa, D., Fakhri, M. M., & Rosidah, R. (2020). PENGARUH BLENDED LEARNING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA AKUNTANSI. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 18(2), 93-106.

Fadhilatunisa, D., Rosidah, R., & Fakhri, M. M. (2020). THE EFFECTIVENESS OF THE BLENDED LEARNING MODEL ON THE STUDENTS’ CRITICAL THINKING SKILLS AND LEARNING MOTIVATION IN ACCOUNTING DEPARTMENT. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 23(2), 194-208. https://doi.org/10.24252/lp.2020v23n2i1

Hasanah, H., Jamaluddin, J., & FAKHRI, M. M. (2020). EFEKTIVITAS MODEL BLENDED-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN KERJASAMA MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI UIN ALAUDDIN MAKASSAR (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR).

Handhika, J. (2012). Efektivitas Media Pembelajaran IM3 Ditinjau Dari Motivasi Belajar. JPII 1 (2) (2012) 109-144.

Mishadin. (2012). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Komputer pada Mata Pelajaran Elektronika Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI di SMK 1 Sedayu Bantul [Universitas Negeri Yogyakarta]. https://eprints.uny.ac.id/30220/1/Mishadin%2007518244014.pdf

Monica, J. & Dini Fitriawati. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Online pada Mahasiswa saat Pendemi Covid-19. IX (2), 1630–1640.

Pratama, F. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring menggunakan Aplikasi Google Classroom pada Mata Pelajaran Instalasi Tenaga Listrik. 7(2), 305–312.

Undang-undang. (2003). Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. https://pusdiklat.perpusnas.go.id/public/media/regulasi/2019/11/12/2019_11_12-03_49_06_9ab7e1fa524ba603bc2cdbeb7bff93c3.


Article Metrics

Abstract view : 375 times | PDF view : 49 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.