ANALISIS PROGRAM LITERASI SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI DAN MINAT PESERTA DIDIK DI SMK KOTA MAKASSAR

Wirda Angraiani(1*), Riana T.Mangesa(2), Abdul Muis Mappalotteng(3),

(1) Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
(2) Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
(3) Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ujtv.v6i2.34782

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh program literasi sekolah dengan motivasi  peserta didik di SMK Negeri Kota Makassar, (2)  Pengaruh  program literasi sekolah  dengan minat peserta didik di SMK Negeri Kota Makassar (3) Pengaruh secara bersama-sama antara literasi sekolah, motivasi dan minat belajar di SMK Negeri Kota Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik di SMK Negeri Kota Makassar. kemudian di ambil sampel sebesar 101 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Uji persyaratan analisis dengan menguji normalitas data, liniearitas dan homogenitas. Analisis data yang dipakai berupa analisis regresi untuk menjawab rumusan masalah penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagai berikut: (1) terdapat pengaruh yang signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa motivasi belajar memberikan kontribusi sebesar 50%. (2)  terdapat pengaruh yang signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa minat belajar memberikan kontribusi sebesar 81% . (3) terdapat pengaruh secara bersama-sama literasi sekolah, motivasi dan minat belajar di SMK Negeri Kota Makassar dengan memberikan kontribusi sebesar 81 %.


Keywords


Program literasi sekolah, Motivasi peserta didik, Minat peserta didik, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).,

Full Text:

PDF

References


Kemendikbud.2016. “Panduan gerakan literasi sekolah di sekolah menengah kejuruan”.http://repositori.kemdikbud.go.id/437/1/Panduan%20Gerakan%20Literasi%20Sekolah%20di%20SMK.pdf diakses 28 Oktober 2019.

Kern,Richard.2000.“ Literacy&Language Teaching” Oxford:oxford universitypress.

Sugiyono.2013. “Statistika Untuk Penelitian”. Bandung: Alfabeta

Sugiyono, 2016.“Metode penelitian kualitatif, kuantitatif dan RnD”. Bandung: PT alfabeta

Sugiyono.2016.“ Metode penelitian pendidikan”. Bandung: PT alfabeta

Sugiyono.2010.“Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D”. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2019. “Metode penelitian pendidikan” Bandung: PT alfabeta

Unesco, “Digital Literacy In Education”, in IITE Policy Brief, May 2011. http://unesdoc.unesco.org/images/0021/002144/214485e.pdf diakses 28 Oktober 2019.

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. http://sumberdaya.ristekdikti.go.id/wp content/uploads/2016/02/uu-nomor-20-tahun-2003-tentang-Sisdiknas.pdf. (Diakses pada tanggal 28 Oktober 2019)


Article Metrics

Abstract view : 144 times | PDF view : 36 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.