PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, MINAT BELAJAR DAN PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR PRODUKTIF JURUSAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN DI SMK NEGERI 5 GOWA PADA MASA COVID-19
(1) Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
(2) Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
(3) Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/ujtv.v6i2.34779
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung hasil belajar produktif Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 5 Gowa pada masa covid-19. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 260 orang dan sampel penelitian berjumlah 96 orang yang ditentukan menggunakan teknik proposional random sampling. Data hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen angket dalam bentuk google form yang disebarkan kepada peserta didik. Teknik analisis data yaitu dengan analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis) menggunakan aplikasi IBM Amos 26.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tidak terdapat pengaruh secara langsung dan signifikan motivasi belajar terhadap penerapan pembelajaran daring. (2) Terdapat pengaruh positif secara langsung dan signifikan minat belajar terhadap penerapan pembelajaran daring. (3) Tidak terdapat pengaruh secara langsung dan signifikan penerapan pembelajaran daring. (4) Terdapat pengaruh positif secara langsung dan signifikan motivasi belajar terhadap hasil. (5) Terdapat pengaruh positif secara langsung dan signifikan minat belajar terhadap hasil belajar produktif. (6) Tidak terdapat pengaruh secara tidak langsung dan signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar melalui penerapan pembelajaran daring sebagai variabel intervening. (7) Tidak terdapat pengaruh secara tidak langsung dan signifikan minat belajar terhadap hasil belajar melalui penerapan pembelajaran daring sebagai variabel intervening.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdillah, A. (2017). Efektivitas Media Pembelajaran Dan Minat Belajar Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Dengan Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening pada Siswa Kelas XI SMK Negeri dan Swasta di Jakarta Timur. Jurnal Pendidikan Ekonomi (Jupeko), 1(2), Article 2. https://doi.org/10.29100/.v1i2.222
Baber, H. (2020). Determinants of Students’ Perceived Learning Outcome and Satisfaction in Online Learning during the Pandemic of COVID-19 (SSRN Scholarly Paper ID 3679489). Social Science Research Network.https://papers.ssrn.com/abstract=3679489
Deviyanti, T. A. (2021). Peran Motivasi Belajar Pada Hubungan Antara Faktor Eksternal Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi, 22(4), 390–403. https://doi.org/10.32424/jeba.v22i4.1769
Dewi. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. 2(1), 55–61.
Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6, 165. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2654
Iklima. (2020). Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMK pada Mata Pelajaran Produktif, Adaptif dan Normatif. 5(2), 154–168. https://doi.org/doi:10.17509/jpm.v4i2.18008
Juniarti, N., Bahari, Y., & Riva’ie, W. (2015). Faktor Penyebab Menurunnya Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sosiologi di SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(2), Article 2. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/9025
Jusmawati. (2020). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Daring Terhadap Minat Belajar Mahasiswa PGSD Unimerz Pada Mata Kuliah Pendidikan Matematika. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 5(2), 106–111. https://doi.org/10.26618/jkpd.v5i2.3934
Muhibbin Syah. (2013). Psikologi Pendidikan (Ed.Revisi). Jakarta: Rajawali Pers.
Nana Sudjana. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nurpaisah. (2021). Hubungan Penggunaan Pembelajaran Daring Dengan Minat Belajar Fisika Peserta Didik SMA negeri 15 Wajo. Universitas Muhamaddiyah Makassar.
Ozer, M. (2020). The Contribution of the Strengthened Capacity of Vocational Education and Training System in Turkey to the Fight against Covid-19. Yükseköğretim Dergisi, 10(2), 134–140. https://doi.org/10.2399/yod.20.726951
Purnamawati, P., Amir, F., & Purnamasari, R. (2020, Januari 9). Analisis Kesiapan Kerja Siswa, Kualitas Pembelajaran Dan Sarana Prasarana Smk Negeri Di Kabupaten Soppeng. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Teknik UNM. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Teknik UNM. http://ocs.unm.ac.id/ft/semnasft2019/paper/view/110
Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar (cet. 3). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rachmat, A., & Krisnadi, I. (2020). Analisis Efektifitas Pembelajaran Daring (Online) Untuk Siswa SMK Negeri 8 Kota Tangerang pada Saat Pandemi Covid 19. 13(3).
Sobari, F. (2017). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Di SMP Negeri 1 Jonggol.https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34630
Suhaemi, A. N., Laurenza, D., Pandu, F. B., & Abhista, D. P. (2020). Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Daring Di Era Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Ilmu Pendidikan Dan Multi Disiplin 3 (SNIPMD 3). ISBN: 978-623-6566-35-0, 3(0), Article 0. https://prosiding.esaunggul.ac.id/index.php/snip/article/view/27
Wita, T. Y. W., Fortunilla, A., & Prastyaningtyas, E. W. (2020). Pengaruh Pembelajaran E- Learning / Online Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Tingkat II Universitas Nusantara PGRI Kediri Selama Pandemi Covid’19. Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi, Akuntansi, 5(1), 498–508.
Yudiawan. (2020). Belajar Bersama Covid 19: Evaluasi Pembelajaran Daring Era Pandemi di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri, Papua Barat. 6(1), 10–16.
Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232–243.
Article Metrics
Abstract view : 197 times | PDF view : 41 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.