PENGARUH KINERJA GURU PRODUKTIF TERHADAP MINAT BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA PROGRAM KEAHLIAN TATA BUSANA DI SMK NEGERI 2 GOWA

Devi Darnita(1*), Muhammad Andi Idkhan(2), Aisyah Aisyah(3),

(1) Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
(2) Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
(3) Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ujtv.v6i1.34309

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kinerja guru produktif, tingkat minat belajar, dan tingkat kreativitas serta pengaruh kinerja guru produktif terhadap minat belajar, dan pengaruh kinerja guru produktif terhadap kreativitas siswa. pada Program Studi Tata Busana SMKN 2 Gowa tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik proportional cluster random sampling dengan jumlah sampel 64 responden. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 56,3% kinerja guru dalam kategori tinggi, 68,8% siswa dalam minat belajar sedang, dan 57,8% siswa berada pada tingkat kreativitas sedang. Berdasarkan hasil penelitian, secara parsial kinerjaguru berpengaruh signifikan terhadap minat belajar dengan persentase 28,2%, sedangkan kinerja guru tidak berpengaruh terhadap kreativitas siswa.

Full Text:

PDF

References


Baharuddin. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Rumzz Media.

Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Kompri. (2015). Manajemen Pendidikan. In Komponen-komponen elementer kemajuan sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Kristin, F. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Active Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Konsep Dasar I IPS. Jurnal Pendidikan Edutama, 3(2), 9-19.

Manullang. (2017). Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 4 Tanjung Jambung Timur Kota Jambi. Jambi: Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi. Volume 17 Nomor 3 Tahun 2017

Mathis dan Jackson, RL. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Penterjemah Jimmy Sadeli dan Bayu Prawira Hie. Jakarta: Penerbit PT. Salemba Empat.

Slameto. (2015). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta. Srinalia. (2015). Faktor-faktor Penyebab Rendahnya Kinerja Guru dan Korelasinya terhadap Pembinaan Siswa: Studi kasus di SMAN 1 darul Imarah Aceh Besar. Jurnal Ilmiah

Didaktita. Vol. 15 No. 2

Supardi. (2016). Kinerja Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Widyaningsih, O. (2018). Survey Minat Mahasiswa Mengajar Di Daerah Terpencil Di STKIP Kusuma Negara Jakarta Tahun 2017. Jurnal Edukasi Gemilang, 15-19.


Article Metrics

Abstract view : 195 times | PDF view : 39 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.