PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAAJR KETERAMPILAN TATA BUSANA SISWA KEALS XII SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) DI KOTA MAKASSAR

Asra Ali(1*), Hamidah Suryanii(2), Aisyah Hading(3),

(1) Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
(2) Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
(3) Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ujtv.v6i1.34305

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar keterampilan tata busana; 2) pengaruh belajar mandiri terhadap hasil belajar keterampilan tata busana; 3) pengaruh motivasi belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar keterampilan tata busana SLB. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Sekolah Luar Biasa (SLB) yang ada di Kota Makassar yaitu SLB Negeri 1 Makassar, SLB-B YPPLB Makassar dan SLB YPAC Makassar yang berjumlah 24 siswa. Data penelitian diperoleh melalui dokumentasi, wawancara, dan angket. Pengolahandata menggunakan analisis statistik deskriptif dengan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajarketerampilan tata busana dengan nilai R Square sebesar 16,9%. 2) kemandirian belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar keterampilan tata busana dengan nilai R Square sebesar 16,3%. 3) motivasi belajar dan kemandirian belajar secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar keterampilan tata busana dengan nilai R Square sebesar 26,4% dan memiliki pengaruh variabel lain sebesar 73,6% yang dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini.

Full Text:

PDF

References


Desmita. 2016. Psikologi Perkembangan Peserta Didik Panduan bagi Orang Tua dan Guru dalam Memahami Psikologi Anak Usia SD, SMP, dan SMA. Bandung: Rosdakarya Offset.

Djamarah, Syaiful, Bahri. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Kunandar. 2014. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik

Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Nashar. 2004. Peranan Motivasi dan Peraturan Awal dalam kegiatan

Pembelajaran. Jakarta: Delia Press

Sardiman. 2018. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT. Raja Grafindo Persada

Sudjana, Nana. 2017. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Susanto. Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.


Article Metrics

Abstract view : 172 times | PDF view : 26 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.