PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJRAN BERBASIS AUDIO UNTUK SISWA PENDERITA TUNA NETRA DI SLB-A YAPTI MAKASSAR

Rimba Saputra(1*), Ahmad Rifqi Asrib(2), Abdul Muis Mappalotteng(3),

(1) Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
(2) Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
(3) Pascasajana Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ujtv.v6i1.34303

Abstract


Tujuan penelitian ini dilakukan untuk (1) Menghasilkan media pembelajaran berbasis audio untuk siswa penderita tuna netra di SLB-A YAPTI Makassar, (2) Mengetahui kualitas kelayakan Media Pembelajaran Berbasis Audio Untuk Siswa Penderita Tuna Netra menggunakan pengujian standar ISO/IEC 9126. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Research and Development (ADDIE), terdiri dari 5 (lima) tahap yaitu, yaitu analyze (analisis), design (perancangan), develop (pengembangan), implement (implementasi), dan evaluate (evaluasi). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa penderita tuna netra dan guru di SLB-A YAPTI Makassar. Data dikumpulkan melalui studi pustaka, angket dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan metode pengujian perangkat lunak ISO/IEC 9126 yaitu meliputi aspek functionality, usability, portability dan maintainability. Pada aspek functionality menggunakan test caseoleh dua ahli system, aspek usability menggunakan angket kuisioner, aspek portability menggunakan berbagai jenis smartphone dan aspek maintainability menguji perangkat lunak pada aspek analyzability dan changebility.Hasil dari penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis audio untuk siswa penderita tuna netra. Hasilpengujian aspek functionality sistem dinilai baik karena X mendekati 1, aspek usability memperoleh nilai 65 dalam kategori “sangat tinggi”, aspek portability tidak memiliki error diberbagai jenis smartphone,aspek maintainability menunjukkan sub-karakteristik yang dinilai pada aplikasi dari sisi maintainability sudah baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas perangkat lunak sudah memenuhi kriteria kualitas perangkat lunak.

Full Text:

PDF

References


A.S., Rosa & M. Shalahuddin. 2016. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Alessi & Trollip. 2001. Multimedia for Learning Methods and Development. Massachussets: A Person Education.

Arif, Achmad Yusron. 2018. “Pengertian Perangkat Lunak (Software),

Fungsi, dan Jenisnya”. http://rocketmanajemen.com/definisi-perangkat-lunak#a, diakses 28 Agustus 2018.

Arsyad. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafinda Persada.

Asyhar, Rayanda. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press Jakarta.

Buyens, Jim. 2001. Web Database Development. Jakarta: Elex Media

Komputindo

Chow, Chen, Yeow, & Wong. 2012. Conceptual Paper: Factors

affecting the demand of smartphone among young adult. International Journal on Social Science Economics & Art, Vol.2 (2012) No.2.

Darmawan, Deni. 2011. Teknologi Pemelajaran. Bandung: PT.

Remaja Rosdakarya Fowler, Martin. 2005. UML Distilled Edisi 3. Yogyakarta: Andi Offset.

Guritno. S. &R. Sudaryono. 2011. Theory and Application of IT

Research: Metodologi Penelitian Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Hendrayudi. 2009. Pengertian Aplikasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Hidayat & Suwandi. 2013. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus

Tunanetra. Jakarta Timur: PT. Luxima Metro Indah.

Huda, Miftahul & Bunafit Komputer. 2010. Membuat Aplikasi

Database, dengan Java, MySQL, dan Neatbeans. Jakarta: PT. Elex

Media Komputindo.

Ibrahim & Sukmadinata. 2010. Perencanaan Pengajaran. Jakarta:

Rineka Cipta.

Inet Detik. 2015. “Android Kuasai Asia Tenggara, di Indonesia Paling

Juara”, http://www.detik.com/inet/consumer/d-3054169/android-kuasai-asia-tenggara-di-indonesia-palingjuara, diakses 9 Agustus 2018.

Janssen, C. 2010. “Mobile Application (Mobile App)”.

http://www.techopedia.com/definition/2953/mobile-applicationmobile-app, diakses 9 Agustus 2018.

Jogiyanto, H.M.. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Juansyah, Andi. 2015. “Pembangunan Aplikasi Child Tracker Berbasis

Assisted-Global Positioning System (A-GPS) dengan Platform Android”. http://elib.unikom.ac.id/files/disk1/673/jbptunikompp-gdl-andijuansy-33648-11-20.unik-a.pdf, diakses 10 Agustus 2018

Kristanto, Eko Budi. 2013. “Kualitas Perangkat Lunak Model ISO

”. http://fx.ekobudi.net/ilmu-komputer/kualitas perangkat-lunak-model-iso-9126, diakses 6 Agustus 2018.

Mulyatiningsih, Endang. 2011. Metode Penelitian Terapan Bidang

Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Munadi, Y. 2008. Media Pembelajaran.Jakarta: Gaung Persada Press.

Munawar. 2005. Pemodelan Visual dengan UML. Yogyakarta: Graha

Ilmu.

Nurdin. 2007. Model Pembelajaran Matematika yang Menumbuhkan

Kemampuan Metakognitif untuk Menguasai Bahan Ajar . Surabaya: PPs UNESA.

Pradopo, S. 1977. Pendidikan Anak-anak Tunanetra. Bandung: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Pratama, Dendy. 2016. Rancang Bangun Alat dan Aplikasi untuk para

Penyandang Tunanetra berbasis Smartphone Android. Universitas

Muhammadiyah Surakarta.

Priyadi, Eko. 2012. Analisis Aplikasi TalkBack Bagi Penyandang

Tunanetra pada Operasi Sistem Android. Universitas Dian Nuswantoro.

Rasjid, Fadjar Effendy. 2010. “Android Sistem Operasi pada Smartphone”. http://www.ubaya.ac.id/pdf/article

s/_detail/7/7Android-SistemOperasi-pada-Smartphone.pdf, diakses 7 Agustus 2018.

Rusman. 2013. Model-model Pembelajaran. Jakrata: PT. Raja Grafindo Persada. Sadiman, Rahardjo, Haryono, &

Rahardjito. 2012. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan

Pemanfaatannya. Jakarta: PT.

Raja Grafindo Persada. Sanjaya, Ades. 2011. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Simarmata, Janner. 2010. Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta:

Andi Offset.

Soeherman, Bonnie & Marion Pinontoan. 2008. Designing Information System Concepts and Cases with Visio. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Sugiyono. 2016. Metodologi Penelitian, Kuantitatif, Kualitatif, & R&D.

Bandung: CV. Alfabeta.


Article Metrics

Abstract view : 116 times | PDF view : 36 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.