ANALISIS HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN DESAIN BUSANA DAN FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH PADA SISWA SMK NEGERI 2 GOWA

Nur Widya Anriyana(1*), Muhammad Ardi(2), Hamidah Suryani(3),

(1) Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
(2) Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
(3) Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ujtv.v6i1.34291

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Desain Busana, untuk mengetahui motivasi, sikap, kreativitas, dan dukungan orang tua siswa belajar Desain Busana, untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar Desain Busana, untuk mengetahui pengaruh sikap siswa terhadap hasil belajar Desain Busana, untuk mengetahui pengaruh kreativitas terhadap hasil belajar Desain Busana, untuk mengetahui pengaruh dukungan orang tua terhadap hasil belajar Desain Busana, dan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar, sikap, kreativitas, dan dukungan orang tua secara bersama-sama terhadap hasil belajar Desain Busana siswa SMK Negeri 2 Gowa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional dan teknikpengambilan sampel menggunakan tabel Krejcie berdasarkan metode Simple Random Sampling, maka sampel dalam penelitian ini berjumlah 56 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar DesainBusana berada pada kategori sangat tinggi. Motivasi belajar, sikap, kreativitas, dan dukungan orang tua belajar desain busana berada pada kategori tinggi. Motivasi berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar Desain Busana. Sikap berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar Desain Busana.Kreativitas berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar Desain Busana. Dukungan orang tua berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar Desain Busana. Secara bersama-sama motivasi, sikap, kreativitas, dan dukungan orang tua berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar Desain Busana siswa SMK Negeri 2 Gowa.

Full Text:

PDF

References


Asep, M. N. (2016). Hubungan Orientasi Masa Depan dan Dukungan Orang Tua dengan Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi. psikoborneo, 58-65.

Fadillah, A. (2016). Analisis Minat Belajar dan Bakat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 113-122.

Fauziah, A., Rosnaningsih, A., & Azhar, S. (2017). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota Tangerang. Jurnal JPSD, 48-53.

Hadijah, I. (2015). Pengaruh Media Animasi Pola Dasar Busana Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Tata Busana. Jurnal Teknologi dan Kejuruan, 177-188.

Hariyani, A., & Roesminingsih, E. (2019). Efektivitas SMK Model Terhadap Kompetensi Lulusan di Kabupaten Bangkalan. Universitas Negeri Surabaya. Surabaya.

Hidayat, M. (2015). Pengaruh Kebiasaan Belajar, Lingkungan Belajar, dan Dukungan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas IX IPS di MAN Bangkalan. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 103-114.

Iriyanti, E. D., & Mariah, S. (2018). Pengaruh Tayangan Fashion Dari Internet Terhadap Hasil Belajar Desain Busana. Jurnal Keluarga, 95-100.

Lumbantoruan, A., & Jannah, N. (2019). Deskripsi Sikap Peserta Didik Terhadap Fisika. Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 161-172.

Marsiani, & Karomah, P. (2018). Pengembangan Media Power Point Menggambar Bagian-bagian Tubuh Wanita Pada Mata Pelajaran Desain Busana. Jornal Keluarga, 115-121.

Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru Dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 216-232.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 34. (2018).

Perdana, R., Subiyantoro, C., & Anggraini, L. (2019). Sikap dan Motivasi Pada Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Kajian Penelitian Sains, 178-188.

Putra, D. S., & Wiza, O. H. (2019). Analisis Sikap Siswa Terhadap Mata Pelajaran Fisika di SMA Ferdy Ferry Putra Kota Jambi. Unnes Physics Education Journal, 300-311.

Saragi, M. P., Iswari, M., & Mudjiran. (2016). Kontribusi Konsep Diri dan Dukungan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa dan Implikasinya Dalam Pelayanan BImbingan dan Konseling. Konselor, 1-14.

Sulastri, Imran, & Firmansyah, A. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya. Jurnal Kreatif Tadulako, 90-103.

Susiana, R., & Wening, S. (2015). Pengaruh Model Direct Instruction Berbantuan Multimedia Terhadap Motivasi Belajar dan Pencapaian Kompetensi Pembuatan Desain Busana. Jurnal Pendidikan Vokasi, 377-393.

Wiyono, T. (2018). Pengaruh Motivasi Siswa dan Kreativitas BElajar Terhadap Hasil Belajar PKN SIswa. Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 91-101.


Article Metrics

Abstract view : 503 times | PDF view : 82 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.