EFEKTIVITAS E-PORFOLIO VIDEO UNTUK MENINGKATKAN SKILL DAN MOTIVASI PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN DESAIN GRAFIS PERCETAKAN DI SMK KARTIKA XX-I MAKASSAR

Novitasari Novitasari(1*), Darlan Sidik(2), Riana T. Mangesa(3),

(1) Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
(2) Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
(3) Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ujtv.v6i1.34289

Abstract


Tujuan penelitian untuk melihat efektivitas e-portofolio video untuk meningkatkan skill dan motivasi siswapelajaran desain grafis percetakan.Penilaian ialahsubsistem penting dalam pendidikan. Mengisyaratkan perlunya inovasi sesuai perkembangan  IPTEK. E-Portofolio adalah perangkat lunak untuk menyajikanpenguasaan dan keterampilan siswa secara efektif, karena dapat menyimpan materi, gambar, audio dan video. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen. Metode penelitian ini adalah pre-experiment design menggunakan the one group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data menggunakan angket diberikan ke siswa dan guru, dengan angket ini penulis mendapatkan data tentang skill,motivasi siswa dan respon guru.Sampel penelitian kelas XI multimedia sebanyak 20 orang.Hasil penelitian terdapat peningkatan skill dalam bidang fotografi, persentase nilai rata-rata pre test adalah 43,36 % dan post test 85.45 % dari skor ideal 100. Analisis data menggunakan uji-T untuk melihat ketuntasan belajar siswa sebelum dan sesudah dibelajarkan membuat e-portofolio video. Nilai rata-rata klasikal hasil belajar sebelum perlakuan 15 % dan sesudah perlakuan 90 %, dengan nilai signifikansi (Sig)<0, 05. Respon peserta didik persentase 91% kategori sangat baik. Motivasi siswa dengan persentase 76,14 % kategori baik. Sedangkan respon guru memiliki persentase 96 % menandakan bahwa guru memberikan tanggapan sangat baik pada penilaian e-portofolio video untuk di gunakan pada penilaian mata pelajaran desain grafis percetakan.

Full Text:

PDF

References


Farida, I. (2017). Evaluasi Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum Nasional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ibrahim, N. (2016). Pemetaan Fungsi Platforn E-Portofolio Untuk Perkuliahan di Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendikan Fakultas

llmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta | JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan. Retrieved January 8, 2021, from http://journal.unj.ac.id

Lukitasari, M., Susilo, H., Ibrohim, I., & Duran Corebima, A. (2014). Lesson Study in Improving the Role of E-Portfolio on the Metacognitive Skill and Concept Comprehension: A Study on Cell Biology Subject in IKIP PGRI Madiun, Indonesia. American Journal of Educational Research, 2(10), 919–924.

Maulani, G., Rahardja, U., & Adila, L. T. (2016a). Video Sebagai E-Portofolio Mahasiswa Untuk Meningkatkan Keterampilan Mahasiswa. CCIT Journal, 9(2), 225–239.

Mulyadi. (2013). Sistem Akuntansi (ke-3 Cetakan ke-5.). Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Permendikbud Nomor 34 Tahun 2018 Tentang Standar Nasional Pendidikan SMK - MAK. (2019). . Retrieved January 8, 2021, from https://ainamulyana.blogspot.com

RD Ismail Hakim. (2019). Pembuatan EPortfolio untuk penilaian kinerja pada praktikum kimia—Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Retrieved January 9, 2021, from http://digilib.uinsgd.ac.id

Sampun Hadam, Nastiti Rahayu, & Ayu Nur Ariyadi. (2017). Strategi Implementasi Revitalisasi SMK (10 Langkah Revitalisasi SMK). Penerbit Direktorat Pembinaan SMK Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.

Sulfemi, W. B. (2019, May 21). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar IPS dI SMP Kabupaten Bogor. INA-Rxiv. Retrieved

June 22, 2021, from https://osf.io/preprints/inarxiv/u8nvd/

Tatang Hidayat & Abas Asyafah. (2019). Konsep Dasar Evaluasi Dan Implikasinya Dalam Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10, 159–181.

Taufiq, M., Sudarmin, S., Savitri, E. N., & Amalia, A. V. (2016). Media Electronic Portofolio Untuk Meningkatkan Trend Prestasi Belajar Mahasiswa. Unnes Science Education Journal, 5(1). Retrieved March 10, 2021, from https://journal.unnes.ac.id


Article Metrics

Abstract view : 124 times | PDF view : 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.