ANALISIS PROFIL KOMPETENSI KEAHLIAN AGRIBISNIS TANAMAN PANGAN DAN HORTIKULTURA BERBASIS INDUSTRI DISEKOLAH MENEGAH KEJURUAN

Indah Herawati(1*), Husain Syam(2), Andi Sukainah(3),

(1) SMK Negeri 4 Gowa
(2) Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
(3) Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ujtv.v6i1.34287

Abstract


Pangan dan Hortikultura; mengetahui relevansi Kompetensi Keahlian AgribisnisTanaman Pangan dan Hortikultura dengan DU/DI. Metode penelitian ini adalah survei yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis deskriptif. Subyek penelitian adalah industri yang bergerak di bidang AgribisnisTanaman Pangan dan Hortikultura dan SMK yang memiliki program kompetensi keahlian Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan. Hasil penelitian Analisis Profil Kompetensi Keahlian Agribisnis Tanaman Pangan Dan Hortikultura Berbasis Industri Di Sekolah Menengah Kejuruan; Aspek Kompetensi Dasar-dasar Budidaya Tanaman merupakan satu-satunya aspek kompetensi yang ketiga belas kompetensi dasarnya diterapkan oleh semua sekolah yang menjadi sampel, Aspek Kompetensi Agribisnis Tanaman Buah merupakan aspek dengan kompetensi dasar terbanyak diantara semua aspek kompetensi yang ada pada Kompetensi Keahlian Tanaman Pangan dan Hortikultura. Aspek Kompetensi Pembibitan dan Kultur Jaringan Tanaman merupakan aspek yang memiliki kompetensi dasar paling sedikit diterapkan secara maksimal. Aspek Kompetensi Produk Kreatif dan Kewirausahaan merupakan aspek paling akhir pada Kompetensi Keahlian Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura; Relevansi Kompetensi keahlian Agribisnis Tanaman Pangan dan Holtikultura dengan DU/DI sangat Relevan, untuk PT. East West SeedIndonesia merupakan industri yang memperoleh nilai relevansi terbesar yaitu 24% dan untuk Kelompok Tani Bunga Cap Tanah Merah merupakan industri yang memperoleh nilai relevansi terendah yaitu 13% 

Full Text:

PDF

References


Arfandi, Anas. 2013. Relevansi Kompetensi Lulusan Diploma Tiga Teknik Sipil di Dunia Kerja. Jurnal Pendidikan Vokasi. Vol. 3, No. 3, hal 283-292

Arifin, Zainal. 2011. Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Asfiati. 2016. Pendekatan Humanis dalam Pengembangan Kurikulum. Medan: Perdana Publishing

Badan Pusat Statistik. 2019. https://www.bps.go.id. Tingkat

Pengangguran Terbuka per Februari 2019 (Online)

Departemen Pendidikan Indonesia. 2015. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Depdiknas. 2013. UU No. 20 Tahun 2013, tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2013. Permendikbud No. 70, Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SMK/ MAK. Lembaran Negara RI Tahun 2013, Presiden Republik Indonesia

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. 1990. PP No. 29, Tahun 1990 Tentang Pendidikan Menengah. Lembaran Negara RI Tahun 2013, Presiden Republik Indonesia

Presiden Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang No. 20, Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran Negara RI Tahun 2003 pasal 1, Presiden Republik Indonesia

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. 2010. PP No. 17, Tahun 2010 Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan. Lembaran Negara RI Tahun 2010, Presiden Republik Indonesia

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. 2013. PP No. 32, Tahun 2013 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Lembaran Negara RI Tahun 2013, Presiden Republik Indonesia


Article Metrics

Abstract view : 130 times | PDF view : 111 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.