PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING, GAYA BELAJAR, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL KELAS X DI SMK NEGERI 2 PINRANG

Nur Syamsinar Munir(1*), Hamsu Abdul Gani(2), Abdul Muis Mappalotteng(3),

(1) Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
(2) Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
(3) Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ujtv.v6i1.34285

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh penggunaan MediaPembelajaran E-Learning terhadap Motivasi Belajar; 2) Pengaruh Gaya Belajar terhadap Motivasi Belajar; 3) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa; 4) Pengaruh penggunaan Media Pembelajaran E-Learning terhadap Hasil Belajar Siswa baik secara langsung maupun melalui Motivasi Belajar; 5) Pengaruh Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa baik secara langsung maupun melalui Motivasi Belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif dengan model analisis jalur (path analysis). Jumlah populasi sebesar 120 orang. Besar sampel berjumlah 89 orang ditarik secara random proporsional. Pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi, angket, dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh signifikan penggunaan Media Pembelajaran E-Learning terhadap Motivasi Belajar; (2) Terdapat pengaruh signifikan Gaya Belajar terhadap Motivasi Belajar; (3) Terdapat pengaruh signifikan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa; (4) Terdapat pengaruh signifikan penggunaan Media Pembelajaran E-Learning terhadap Hasil Belajar Siswa baik secara langsung maupun melalui Motivasi Belajar; (5) Terdapat pengaruh signifikan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa baik secara langsung maupun melalui Motivasi Belajar.

Full Text:

PDF

References


Agmila, H. A. (2015). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik MIN Jati Pandansari Ngunut Tulungagung Dalam Belajar Matematika[Skripsi]. IAIN Tulungagung.

Alim, M. I., & Rachmawati, L. (2018). Pengaruh Gaya Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan

Ekonomi (JUPE), 6(2), Article 2.

Amalina, N. (2015). Pengaruh Motivasi dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran SKI di MI Muhammadiyah 01 Slinga, Kaligondang Purbalingga Tahun Pelajaran 2015/2016 [Skripsi, IAIN Purwokerto].

Aurora, A., & Effendi, H. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-learning terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa di Universitas Negeri Padang. Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional, 5(2), 11–16.

Fadillah, A. I., Munoto, M., & Nurlaela, L. (2014). Pengaruh Media Pembelajaran (E-Learning Moodle, LKS) dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Pengoperasian Perangkat Lunak Lembar Sebar di SMKN 1 Mojokerto. Pendidikan Vokasi: Teori Dan Praktek, 2(1), 12–19.

Fadhilatunisa, D., Rosidah, R., & Fakhri, M. M. (2020). THE EFFECTIVENESS OF THE BLENDED LEARNING MODEL ON THE STUDENTS’ CRITICAL THINKING SKILLS AND LEARNING MOTIVATION IN ACCOUNTING DEPARTMENT. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 23(2), 194-208. https://doi.org/10.24252/lp.2020v23n2i1

Hairunnisa. (2017). Pengaruh Gaya Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMAN se- Kecamatan Somba Opu Kab. Gowa. [Masters, Universitas Negeri Makassar].

Hernacki, B. D. P. & M. (2007). Quantum Learning. Bandung: PT Mizan Publika. Karwati, E., & Priansa, D. J. (2014). Manajemen Kelas. Bandung: Alfabeta.

Nurtilawati, Matsum, J. H., & Herkulana. (2013). Pengaruh Gaya Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada

Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMAN 8 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(12).

Prasetya, S. P. (2013). Pengaruh E-Learning dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurusan Pendidikan Geografi FIS

Unesa.

Pratama, H. F. A., & Arief, S. (2019). Pengaruh Pemanfaatan E-Learning, Lingkungan Teman Sebaya, Dan Motivasi Belajar Terhadap

Prestasi Belajar. J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial), 6(1), 1–12.

Pujiastuti, E. D., Gimin, G., & Haryana, G. (2018). Pengaruh Gaya Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata

Pelajaran Akuntansi Keuangan Kelas XI Akuntansi di SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 1.

Setyo. (2007). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 13 SEMARANG [Skripsi]. Universitas Negeri

Semarang.

Sujiwo, D. A. C., & A’yun, Q. (2020). Pengaruh Pemanfaatan E-learning Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Sistem dan

Teknologi Informasi Indonesia, 5(2), 53–59.

Yazdi, M. (2012). E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Ilmiah Foristek, 2(1), 143–152.


Article Metrics

Abstract view : 279 times | PDF view : 67 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.