ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESIAPAN KERJA SISWA SMK NEGERI 1 LANGGUDU KABUPATEN BIMA

Nurbaya Nurbaya(1*), Husain Syam(2), Patang Patang(3),

(1) Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
(2) Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
(3) Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ujtv.v6i1.34281

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Apakah ada pengaruh pengetahuan terhadap kesiapan kerja siswa SMK Negeri 1 Langgudu. (2) Apakah ada pengaruh motivasi belajar terhadap kesiapan kerja siswa SMK Negeri 1 Langgudu. (3) Apakah ada pengaruh sikap terhadap kesiapan kerja siswa SMK Negeri 1 Langgudu. (4) Apakah ada pengaruh keterampilan terhadap kesiapan kerja siswa SMK Negeri 1 Langgudu. (5) Apakah ada pengaruh pengetahuan, motivasi belajar, sikap, keterampilan secara simultan terhadap kesiapan kerja siswa SMK Negeri 1 Langgudu. Analisis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis desktiptif dengan Jenis penelitian Ex-post facto kuantitatif melalui pendekatan korelasional menggunakan metode survey dengan populasi seluruh siswa SMK Negeri 1 Langgudu Kabupaten Bima. Sampel penelitian ini terdiri dari 64 responden dari empat Jurusan perikanan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah ProporsionalRandom Sampling. Data dikumpulkan menggunakan angket (kuesioner) yang disebarkan secara langsung dan google form untuk menentukan variabel X (pengetahuan, motivasi belajar, sikap, keterampilan) dan variabel Y (kesiapan kerja). Menggunakan teknik analisis data Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Berdasarkan hasil dari analisis deskriptif pengetahuan dikategorikan dalam kategori sedang sebesar 80%. (2) Berdasarkan hasil dari analisis deskriptif motivasi belajar dikategorikan dalam kategori sedang sebesar 72%. (3) Berdasarkan hasil dari analisis deskriptif sikap dikategorikan dalam kategori sedang sebesar 72%. (4) Berdasarkan hasil dari analisis deskriptif keterampilan dikategorikan dalam kategori sedang sebesar 74%. (5) Berdasarkan hasil dari analisis deskriptif kesiapan kerja siswa dikategorikan dalam kategori sedang sebesar 73%. Berdasarkan hasil analisis pengujian hipotesis bahwa pengetahuan, motivasi belajar, sikap, keterampilan terhadap kesiapan kerja bersifat positif sebesar 0,716. Pengaruh pengetahuan, motivasi belajar, sikap,keterampilan terhadap kesiapan kerja sebesar 51,3% sedangkan selebihnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diukur.

Full Text:

PDF

References


Azwar dan Saifuddin. 1998. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ahmad. 2003. Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika dan.

Kreatifitas Matematika SMP Melalui Pendekatan Penemuan Terbimbing Menggunakan Media software Autograph.

Azwar, S. 2005. Sikap Manusia : Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Anoraga Pandji. 2006. Psikologi Kerja. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Ahmad, A. 2009. Hubungan Kecerdasan Emosi dan Interaksi Teman Sebaya dengan Penyesuaian Sosial Pada Siswa Kelas VIII Program Akselerasi di SMP Negri 9 Surakarta. Skripsi . Surakarta: Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Arikunto, S. 1998. Prosedur Penelitian. Jakarta: P.T. Rineka Cipta.

. .2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT

Rineka Cipta

.2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arfandi,A., dan Onesimus Sampebua. 2016. Kesiapan Pelaksanaan Praktik Kerja. Industri Program Studi Keahlian Teknik Bangunan di Kota Makassar. Jurnal Cakrawala Pendidikan.

Ariyanti, C. 2018. Peran Efikasi Diri Sebagai Variable Moderating dari Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri Terhadap Kesiapan Kerja. Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi. Vol. 2, No. 1. ISSN : 2580-3220, E-ISSN : 2580-4588.

Adipranata, T., dan Muhammad Anwar. 2019. Kontribusi Self Efficacy dan Self Regulated Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Teknik Audio Vidio SMKN 1 Padang. Padang. Jurnal Kapita Selekta Geografi. Vol 2 No. 10 Hal. 1-5. ISSN 2622-4925- ISSN 2622-4933.

Bahri, S. 2000. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineksa. Cipta

Budiarjo, Lily. 2007. Keterampilan Belajar. Yogyakarta: Penerbit. h.11.

Brady, R. P. 2010. Work Readiness Inventory Administrator’s Guide. Booklet. Diunduh tanggal 28 Januari 2021.

Bakrun, MM. 2018. Optimalisasi Kompetensi Lulusan SMK dalam Industri /Teknologi Terapan. Penerbit Direktorat Pembinaan Sekolah

Menengah Kejuruan dan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan

Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. ISBN 9-786025-

Badan Pusat Statistika Ketenagakerjaan. 2019. Provinsi NTB.

Cahyanti, D.S. dkk. 2018. Implementasi Program Link and Match dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri pada Lulusan Pemasaran SMK Negeri 1 Surakarta. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Vol 4 No 1. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi. ISSN 2548-8961-ISSN 2548-7175.

David, dkk. 1996. Psikologi Sosial Jilid I. Jakarta: PT Rineka Cipta

Disas, E.P. 2018. Link and Match kebijakan pendidikan kejuruan. Bandung, Jawa barat, Indonesia.

Fatma Ningrum. 2017. Pengaruh Fasilitas Kantor, Motivasi Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Camat Pace Kabupaten Nganjuk. Simki-Economic, 1(3).

Fitria,L., dan Dita Kurniawati. 2018. Hubungan Motivasi Memasuki Dunia Kerja Dengan Kesiapan Kerja Siswa Kelas Xii Teknik Komputer dan Informatika Smk N 2 Padang. Jurnal Pendidikan dan Teknologi

Informasi Vol. 5, No. 1. ISSN : 2355-9977.

Gunawan Ary. 1999. Sosiologi Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta.

Gerungan, A. 2004. Psikologi sosial. Bandung: Penerbit Rafika Aditam, Hlm 155-157.

Harjono. 1990. Kesiapan peserta didik untuk memasuki dunia kerja. Diakses tanggal 20 februari 2021.

Hadari Nawawi. 1995. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Hasbullah. 1997. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: P.T. Raja Grafindo Persada.

Hamalik. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hayati. N.R. 2007. Pengaruh Pengetahuan, Sikap dan Motivasi Terhadap Minat Bidan Mengikuti Uji Kompetensi Di Kota Semarang Tahun 2007. Tesis. Universitas Diponegoro. Semarang.

Haryadi Sarjono & Winda Julianti. 2011. SPSS vs LISREL. Jakarta: Salemba Empat.

Hardiman, F. B. 2007. Filsafat Modern, dari Machiavelli Sampai Nietzsche. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Hamid, M. 2016. Rand Design Pengembangan Teaching Factory Dan Technopark Di Smk. Penerbit Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. ISBN: 97860272235-1-6.

Ihsan, M. 2017. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesiapan Kerja Pada Siswa Smk Negeri 1 Sinjai. Tesis. Universitas Negeri Makassar.

Kardimin, Akhmad. 2004. Strategi Melamar Kerja dan Bimbingan Karir. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ketut, D. 1999. Bimbingan Karir di Sekolahsekolah. Jakarta: Ghalia Indonesia

Khadifa , A. dan Mintasih Indriayu. 2018. Pengaruh Praktik Kerja Industri dan Efikasi Diri Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Banyudono 2017/2018. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi. Vol. 4 No. 1. ISSN 2548-8961 - ISSN 2548-7175.

Khurniawan, A.W. 2019. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Dukung Sumber Daya Manusia (SDM). Penerbit Direktorat Jenderal Pendidikan

Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.ISBN: 978 - 602 - 5517 - 43 – 3.

Maryati, MC. 2014. Meningkatkan Keunggulan Perusahaan Melalui Manajemen Perkantoran Efektif. Yogyakarta: UPP STIM UKPN

Musthofa, U., Hary Suswanto dan Amat Nyoto. 2017. Analisis Praktik Kerja Industri Siswa Smk Dalam Menyesuaikan Kebutuhan Dunia Kerja. Fakultas Teknologi Informasi Malang. Seminar Nasional Sistem Informasi. ISSN : 2597 – 4696.

Notoatmodjo, S. 2003. Ilmu Kesehatan Masyarakat, Prinsip-Prinsip Dasar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Putranto, I. 2017, Pengembangan Model Kerja Sma Link and Match Untuk Meningkatkan Kesiapan Kerja Bagi Lulusan SMK Kompetensi Keahlian Akuntansi di Kota Semarang. J. Mandiri., Vol. 1, No. 1, Juni 2017 (69 - 83) ©2017 Lembaga Kajian Demokrasi dan Pemberdayaan

Masyarakat (LKD-PM).

Rifai, A dan Iskandar G. Rani. 2018. Kontribusi Pengalaman Praktek Kerja Industriterhadap Kesiapan Kerja Siswa Jurusan Teknik Bangunan Smk Negeri 1 Padang. Padang. Vol. 5, No. 1. ISSN: 2302 – 3341.

Rosara, D.B. Harini dan Jonet Ariyanto Nugroho. 2018. Pengaruh

Pengalaman Praktik Kerja Industri dan Motivasi Memasuki Dunia Kerja terhadap Kesiapan Kerja Peserta Didik SMK Kristen 1 Surakarta Tahun Angkatan 2017/2018. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi. Vol. 4 No. 1. pISSN 2548-8961 e-ISSN 2548-7175.

Simanjuntak, P. J. 2005. Manajemen dan evaluasi kinerja. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia

Sugiyono. 2003. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta

.2011. Metode Penelitian Pendidikan ( Pendekatan. Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D); Alfabeta. Bandung.

.2013. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta, cv.

Sudrajat, A.2008. Teori-Teori Motivasi. Diakses pada tanggal 19 Februari 2021, jam 19. 15WIB.

Supriadi, D. 2002. Sejarah Pendidikan Teknik dan Kejuruan di Indonesia, Membangun Manusia Produktif. Bandung: Rosdakarya.

Siagian Sondang P. 2004. Teori Motivasi dan Aplikasinya,Bina Aksara Jakarta.

Sardiman, A.M. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sudira, Putu. 2012. Filosofi, Teori, Konsep dan Strategi Pembelajaran pendidikan dan pelatihan kejuruan/vokasional. Yoyakarta. UNY.

Suharyat. 2012. Hubungan Sikap, Minat, dan Prilaku Manusia. Unisma Bekasi: Dosen Fakultas Agama Islam.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi, Jakarta: Rineka Cipta.

Stevani. 2015. Pengaruh Praktek Kerja Industri (Prakerin) dan Keterampilan Siswa Terhadap Kesiapan Memasuki Dunia Kerja Siswa Administrasi Perkantoran SMKN3 Padang. Journal of Economic and Economic Education. Vol 3 Nomor 2. PGRI Sumbar. ISSN: 2302–1590.

Sofyang, Andi Rasyid Pananrangi & Gunawan. 2017. The Influence of motivation, work environment and skills to performance of employees The department of revenue office financial management and Regional

asset soppeng Regency. Makassar. Jurnal Mirai Management. Vol.2 No. 1.

Syailla, N.A. 2017. Pengaruh Praktik Kerja Industri dan Motivasi Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Smk Negeri 2 Tenggarong. Program Studi Psikologi. ISSN 2477-2674.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan

Nasional. Jakarta: Depdiknas. Jurnal Administrasi Pendidikan Pasca Sarjana Universitas Negeri Kuala. Volume 3, No. 2, Mei 2015

Uno, Hamzah. 2006. Teori Motivasi & Pengukurannya: Analisis dibidang Pendidikan. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.

Wena, Made. 1996. Pendidikan Sistem Ganda. Bandung. Tarsito.

Widoyoko, Eko Putro. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian.

Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Wahzudik, N., Heri Triluqman Budisantoso dan Basuki Sulistio. 2018. Kendala dan Rekomendasi Perbaikan Pengembangan Kurikulum di Sekolah Menengah Kejuruan. Semarang. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies. ISSN 2252-

ISSN 2527-4597.

Yusuf, A. M. 2002. Kiat Sukses dalam Karier. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Yahya, M., dan Purnamawati. 2018. Model Kemitraan Smk dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri. Penerbit Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar. ISBN : 978-602-5554-86-5.

Zulaehah, A dan Wijang Sakitri. 2018. Pengaruh Minat Kejuruan, Praktik Kerja Industri, dan Efikasi Diri Terhadap Kesiapan Kerja. Economic Education Analysis Journal. ISSN 2252-6544-ISSN

-356.


Article Metrics

Abstract view : 1021 times | PDF view : 182 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.