SISTEM PEMINJAMAN BARANG DAN PERALATAN LABORATORIUM SMK BERBASIS WEB

Laode Muh Zulfardin Syah(1*), Muh Ichsan Ali(2), Riana T. Mangesa(3), Darlan Sidik(4), Abdul Muis Mappalotteng(5),

(1) Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
(2) Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
(3) Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
(4) Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
(5) Pascasarjana Universitas negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ujtv.v6i1.34278

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan sistem peminjaman barang dan peralatan laboratorium SMK berbasis web, (2) Mengetahui tingkat kelayakan sistem peminjaman barang dan peralatan di laboratorium SMK Negeri 1 Papalang berbasis web, (3) Mengetahui tanggapan pengguna tentang sistem peminjaman barang dan peralatan di laboratorium SMK Negeri 1 Papalang berbasis web. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Rapid Application Development (RAD). Subjek dalam penelitian ini adalah Wakasek Sarana dan prasarana, kepala kompetensi, dan guru dari SMK Negeri 1 Papalang yang berjumlah 32 orang. Data dikumpulkan melalui dokumentasi dan angket. Data dianalisis menggunakan metode pengujian perangkat lunak ISO/IEC 9126 yaitu meliputi aspek functionality, portability, efficiency, realibility, maintainability, dan usability. Pada aspek functionality menggunakan test case oleh dua ahli sistem, aspek portability menggunakan berbagai jenis sistem operasi dan web browser, aspek efficiency menggunakan GTMetrix untuk uji load halaman web, aspek reliability menggunakan aplikasi WAPT untuk uji performance sistem, aspek maintainability untuk uji perawatan dan aspek usability menggunakan questionnaire. Hasil dari penelitian ini adalah pengembangan sistem peminjaman barang dan peralatan di laboratorium SMK Negeri 1 Papalang berbasis web. Hasil pengujian functionality sistem dinilai baik karena X mendekati 1, aspek portability tidak memiliki error diberbagai jenis sistem operasi dan web browser, aspek efficiency memperoleh waktu muat halaman 788ms dengan skor rata-rata berdasarkan Performance 100%, aspek reliability memperoleh 100% untuk ketahanan, aspek maintainability telah memenuhi ketiga metrik dan aspek usability dilakukan memberikan lembar kuisioner kepada subjek penelitian, penilaian yang diberikan oleh subjek penelitian memperoleh nilai 84,5 dalam kategori “sangat baik” dan layak untuk digunakan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tingkat kelayakan perangkat lunak sudah memenuhi kriteria kualitas perangkat lunak.

Full Text:

PDF

References


Agung, M., Ismail, R., Husda, B. R., & Bahar, M. M. (2021). Pengembangan Sistem Registrasi Online Akun Office 365 Di Lingkup Universitas Negeri Makassar. Journal of Embedded Systems, Security and Intelligent Systems, 2(1), 7-19.

Dipa, R. S. (2016). Sistem Informasi Alumni Prodi Informasi Dan Manajemen Informatika Universitas Komputer Indonesia Berbasis Web. Jawa Barat: Universitas Komputer Indonesia.

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Murniati, A., & Usman, N. (2009). Implementasi manajemen stratejik dalam pemberdayaan sekolah menengah kejuruan.

Nielsen, J. (2010). Website Response Times. Nielsen Norman Group Website. https://www.nngroup.com/articles/website-response-times/

Nuraeni, F., Teuku, M., & Suparman Novan Ganda Holis. (2014). Sistem Informasi Inventori Barang Laboratorium Komputer Berbasis Android Di Stmik Tasikmalaya. 339–343.

Setioardi, M. A. (2019). Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Barang Inventaris Berbasis Web Di SMAN 24 Kabupaten Tangerang. 7(1), 29–35.

Suryadi, S. (2015). Peranan Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kegiatan Pembelajaran dan Perkembangan Dunia Pendidikan. Jurnal.Ulb.Ac.Id.

Yuanita, B., Fakhri, M. M., & Hidayat, W. Sistem Informasi Medical Record Pasien Pada Puskesmas Sudu Kec. Alla Kab. Enrekang Berbasis Website. Journal of Embedded Systems, Security and Intelligent Systems, 2(2), 96-103.


Article Metrics

Abstract view : 615 times | PDF view : 233 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.