ANALYSIS OF TEACHERS’ COMPETENCY IN PRODUCTIVE SUBJECT AT PUBLIC VOCATIONAL SCHOOLS IN MAKASSAR CITY

Akbar Subharsa(1*), Rusyadi Rusyadi(2), Faizal Amir(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ujtv.v5i3.33384

Abstract


This study is a quantitative descriptive research that aims to describe the teachers’ competency in productive subject at SMKN (public vocational schools) in Makassar city. The research variables are pedagogic competence, personal competence, social competence, and professional competence. The population of the study was 223 teachers in productive subject spread from 13 SMKN in Makassar City, the sample was chosen by employing systematic random sampling technique and obtained 70 teachers in productive subject. The study employed quantitative descriptive analysis method. The research data were obtained from the Makassar DISDIK documentation. The results of the study reveal that the average value of pedagogic competence is 48.90 (24.73%), the average value of personal competence is 47.59 (24.07%), the average value of social competence is 51.71 (26.16%), and the average value of professional competence is 49.51 (25.04%). The conclusion based on the value of pedagogic competence, personal competence, social competence, and professional competence, the teachers’ competency in productive subject at SMKN in Makassar city is in low category.

Full Text:

PDF

References


Ahyanuardi, Hambali, Krismadinata (2018). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dan Profesional Guru Sekolah Menengahkejuruan Pasca Sertfikasi Terhadap Komitmen Guru Melaksanakan Proses Pembelajaran. INOVTEK Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi.

Volume 18, No. 1, Hal: 67-74.

Akhmar Barsah, Aden Prawiro Sudarso & Denok Sunarsi. (2020). Analisis Pengaruh Pengajaran dan Sertifikasi Guru terhadap Kompetensi Guru pada Sekolah Menengah Kejuruan Di Wilayah Parung Panjang Kabupaten Bogor. Journal of Education,

Humaniora and Social Sciences. Vol 3, No. 2, Hal: 650-657.

Akmad Sudrajat. (2011). Kurikulum&Pembelajaran. Yogyakarta. Paramita Publishing. Arief Rahman Yusuf, Amat Mukhadis. (2018)

Model Pengembangan Profesionalitas Guru Sesuai Tuntutan Revitalisasi Pendidikan Vokasi Di Indonesia. Lectura: Jurnal Pendidikan, Vol.9, No.2.

Asmani, Jamal Ma’mur. (2012). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta : Diva Press.

Azwar, S. (2016). Sikap Manusia : Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Bahataramedia. (2019). Standar Kelulusan UKG 2019. 22/06/21 07:49 (https://bhataramedia.com)

Darmi, (2015). Kompetensi Guru Produktif Dalam Meningkatkan Sikap

Kewirausahaan Siswa Pada SMK Negeri 3 Banda Aceh. Jurnal

Administrasi Pendidikan, Volume 3, No. 1 , Hal : 33-45.

Departemen Pendidikan Nasional, (2011). Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005, Tentang Guru dan Dosen, Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. (2011). Undang-undang RI No.20 tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Departemen Pendidikan Nasional, 2011. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005, tentang Standar Nasional Pendidikan, Jakarta: Depdiknas.

Dimyati dan Mudjiono. (2018) Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke Cipta.

Farida Retno Wardhani. (2017) Analisis Kompetensi Guru Berbasis Uji

Kompetensi Guru (UKG) Pada Guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bidang Keahlian Administrasi Perkantoran Di Surakarta. Jurnal

Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran. Vol.1, No.1.

Faridah Yahya, (2016) Prestasi Belajar Siswa Yang Diajarkan Oleh Guru Lulusan Pendidikan Keguruan Dengan Guru Lulusan Pendidikan Non Keguruan Di Sma Negeri 5 Banda Aceh. Jurnal Seuneubok Lada, Vol. 3, No.2, Hal. 27.

Fieka Nurul Arifa, Ujianto Singgih Prayitno, (2019) Peningkatan Kualitas Pendidikan Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan dalam Pemenuhan Kebutuhan Guru Profesional di Indonesia. Jurnal

Masalah-Masalah Sosial | Volume 10, No. 1.

H. Ade Sobandi, (2011) Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Mengajar Guru Smkn Bidang Keahlian Bisnis Dan Manajemen Di Kota Bandung Dosen Prodi Manajemen Perkantoran FPEB UPI Bandung. Journal Vol. 9, No. 17, Hal: 25 – 34.

Hamalik, Oemar. (2017). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung : Remaja Rosdakarya. _______________ (2019), Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta : Sinar Grafika, Hlm.9.

Hamzah B. Uno., (2016), Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran, Jakarta, Bumi Aksara. ____________. (2012). Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Indah Susilowati, Himawan Arif Sutanto, Reni Daharti. (2013). Strategi Peningkatan Kompetensi Guru Dengan Pendekatan Analysis Hierarchy Process. Journal of Economics and Policy Vol. 6 (1)

(2013), Hal: 80-92.

Irwanto. (2019). Kompetensi Guru Vokasional SMK Di Era Revolusi Industri 4.0. journal, Vol. 2, No.1, 2019, Hal. 182-204, e-ISSN 2620-9071.

Kunandar. (2011). Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat

Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Lilik, Martubi, Sukaswanto. (2014) Profil Kompetensi Guru Sekolah Menengah Kejuruan Teknik Otomotif Dikabupaten Sleman. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Volume 22, Nomor 2, Oktober 2014.

Mei Agustina Sintawati1, Nourma Oktaviarini (2018) Analisis Pentingnya Kompetensi Sosial Guru Terhadap Pendidikan

Karakter Pada Mata Pelajaran IPS di SDN 1 Moyoketen Kecamatan

Boyolangu Kabupaten Tulungagung. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar

(JBPD), Vol.2 No.2 Juni 2018 http: ejournal.unikama.ac.id/index.php/.

Muh. Hambali, M. Luthfi, (2017). Manajemen Kompetensi Guru dalam MeningkatkanDaya Saing. Journal of Management in

Education (JMIE). Vol, , 2 (1), 2017, 10 – 19.

Mulyasa, E, (2018), Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Bandung, PT. Remaja Rosdakarya offset.

_______. (2017), Menjadi Guru Profesional, Bandung, PT. Remaja Rosdakarya offset.

_______. (2013), Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya,2013), hlm.25.

Nyayu Khadijah. (2011), Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers.

Nana Sudjana, (2019). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Nurhaidah, M.Insya Musa. (2016) Pengembangan Kompetensi Guru

Terhadap Pelaksanaan Tugas dalam Mewujudkan Tenaga Guru yang

Profesional. Jurnal Pesona Dasar. Universitas Syiah Kuala. Vol. 2 No.4,

hal 8-27.

Olaleye, & Oluremi, F. (2013). Improving Teacher Performance Competency Through Effective Human Resource Practices In Ekiti State Secondary Schools. Journal Of Business Economics, and Management Studies Vol.1, No.11, Hal. 125.

Pambayun, N., Haryana, K., Yuswono, L., & Sukaswanto, S. (2020). Peranan Sertifikasi Keahlian dalam Memantapkan Kompetensi Profesional Guru Sekolah Menengah Kejuruan Teknik Kendaraan Ringan. Jurnal Taman Vokasi, Vol 8(1), Hal. 94-100.

Poerwadarminta, W.J.S (2016). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : balai Pustaka.

Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005. Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta.

Paull Eggen Dan Kauchak, (2012). Strategi dan Model Pembelajaran, Jakarta : PT.Indeks.

Penjelasan pasal 28 ayat 3 butir (b) PP 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Penjelasan pasal 28 ayat 3 butir (d) PP 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Rince Tridianal, Fahmi Rizal (2020) Keterampilan Guru Abad 21 Di

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jurnal Imiah Pendidikan dan

Pembelajaran, Volume 4 Nomor 2 Hal.221.

Riduwan. (2012). Metode & Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rusdin. (2017) Pendidikan dan Pelatihan Sebagai Sarana Peningkatan

Kompetensi Guru Di SMP Negeri 02 Linggang Bigung . Jurnal

Administrative Reform, Vol. 5, No. 4, Hal. 200-212.

Rizkiana Nurutamil, Adman, (2016). Kompetensi profesional guru sebagai determinan terhadap minat belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Vol. 1 No. 1, Agustus 2016, Hal. 119-127.

Sardiman A. M, (2011), Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Suparlan. (2018), Menjadi Guru Efektif, Jakarta: Hikayat Publishing.

_______. (2018). Guru Sebagai Profesi, Yokyakarta: Hikayat Publishing.

Suryabrata (2010) Metodologi Penelitian. Jakarta : Rajawali Pers.

Standar Nasional Pendidikan (PP RI No. 19 tahun 2005) Bab 28 Pasal 28 Ayat 3 huruf c.

Sujarweni, V. W., & Endrayanto, P. (2012). Statistika Untuk Penelitian.

Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tiro, A. (2010). Analisis Korelasi dan Regresi.Makassar: Andira Publisher.

Usman, Moch, Uzer. (2017). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya. _____________. (2017). Berbagai Pendekatan

dalam Proses Beajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.

UU RI No. 14 Thn 2005, Tentang Guru dan dosen, (Jakarta: Sinar Grafika,2014), Hal : 9.

Wirawan Nata, (2016), Cara Mudah Memahami Statistik 2 (Statistik

Inferensia) Untuk ekonomi dan Bisnis, Edisi Kedua, Penerbit Keraras Emas, Denpasar.

Zainal Abidin, Titi Prihatin, Heri Yanto. (2015). Pengaruh Variabel Determinan Terhadap Kompetensi Guru Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah dan Kepengawasan Vol. 2, No. 1.


Article Metrics

Abstract view : 103 times | PDF view : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.