PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PADA MATERI BIOTEKNOLOGI MELALUI TEAM TEACHING PADA KELAS BESAR

St. Hajar Hasbi(1*), Atirah Mulia(2), Vani Amaliah Abu(3), Andi Asmawati Azis(4), Arsad Bahri(5),

(1) Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
(2) Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
(3) Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ujbe.v2i1.7593

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kualitas pembelajaran pada materi Bioteknologi melalui team teaching pada kelas besar. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil 2018/2019 dengan objek penelitian Mahasiswa Program Study Geografi pada perkuliahan Biologi Dasar materi Bioteknologi. Subjek penelitian berjumlah 80 orang mahasiswa. Lesson study dilaksanakan dengan tiga tahapan yaitu plan, do, dan see yang dilakukan secara terstruktur. Adapun team teaching terdiri atas beberapa orang mahasiswa pascasarjana dimana 2 orang bertugas sebagai pengajar dan beberapa orang bertugas sebagai observer. Kolaborasi dalam team teaching mampu menghasilkan proses perkuliahan yang luar biasa dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Team teaching, dengan demikian, merupakan salah satu cara dalam mengimplementasikan kegiatan lesson study yang belakangan ini banyak dikembangkan untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Sebab, pelaksanaan kegiatan team teaching mendasarkan pada prinsip kolegialitas (kebersamaan) dan kolaborasi (kemitraan).


Keywords


Lesson Study; Team Teaching; Bioteknologi

Full Text:

PDF

References


Hendayana, S dkk. 2007. Lesson Study Suatu Strategi Untuk Meningkatkan Keprofesionalan Pendidik (Pengalaman Imstep-Jica). Bandung : FPMIPA UPI dan JICA.UPI PRESS.

Rustaman, N dkk. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: Universitas Negeri Malang.

Djohan R.Wiradinata, (2006), Perencanaan Pembelajaran, Materi Penataran Tertulis, Sistem Belajar mandiri Program terakreditasi, Depdiknas, Ditjen PMPTK, Bandung

Sudrajat. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Bandung: CV. Cipta Cekas Grafika.

Sriyati, S. 2005. Reformasi Sekolah melalui Lesson Study. Makalah pada seminar Nasional Pendidikan IPA II dengan tema Membangun Pendidikan IPA Masa Depan yang Kompetitif. 22-23 Juli 2005 di FPMIPA UPI Bandung.

Ningsih, S. C. 2013. Implementasi Lesson Study Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajaran Mahasiswa. Prosiding (1).

Sukirman. 2006. Peningkatan Profesional Guru Melalui Lesson Study.Makalah Pelatihan Lesson Stady Bagi Guru-Guru Berprestasi dan Pengurus MGMP Se-Indonesia.

Soewalni,S, (2007), Team teaching, makalah Program Pelatihan Applied Approach 2007 di Lembaga Pengembangan Pendidikan UNAS.

Asmani M, (2011). Pengenalan dan

pelaksanaan Lengkap Micro Teaching Team Teaching, Diva Press, Yogyakarta

Ahmadi, A, dan Prasetya, (2005), strategi belajar Mengajar, CV Pustaka setia, Bandung.

Soewalni,S, (2007), Team teaching, makalah Program Pelatihan Applied Approach 2007 di Lembaga Pengembangan Pendidikan UNAS.

Lewis, C. 2004. Does Lesson Study Have a Future in the United States?. Journal of Social Science Education http://www.jsse.org/2004/2004-1/lesson-lewis.htm. [2 April 2012]

Uno Hamzah, (2007), Model Pembelajaran Menciptzakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan ecfektif, Bumi Aksara, Jakarta.

Azis Andi Asmawati, Adnan, Arsyad Bahri. 2011. Peningkatan Kemampuan Proses Kognisi Mahasiswa Melalui Penggunaan Lembar Kerja. Malang: Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Seminar Nasional Lesson Study.


Article Metrics

Abstract view : 356 times | PDF view : 41 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 St. Hajar Hasbi, Atirah Mulia, Vani Amaliah Abu, Andi Asmawati Azis, Arsad Bahri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh

Program Study Pendidikan Biologi

Program Pasca Sarjana UNM

Address : Jl. Bonto Langkasa, Gedung AD PPs UNM, Makassar 90222

Email : ujb@unm.ac.id

p-ISSN : 2581-1959

e-ISSN : 2581-1967

Terindeks Oleh


 Hasil gambar untuk google scholars icon

Creative Commons License