HUBUNGAN KECERDASAN NATURALISTIK, KECERDASAN INTERPERSONAL DAN KECERDASAN INTRAPERSONAL DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPASMA NEGERI DI KOTA MAKASSAR

Muhammad Wajdi(1*), Andi Asmawati Azis(2), Rosdiana Ngitung(3),

(1) Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ujbe.v2i1.6507

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (i) Untuk mengetahui hubungan kecerdasan naturalistik dengan hasil belajar Biologi SMA Negeri di Kota Makassar (ii) Untuk mengetahui hubungan kecerdasan interpersonal dengan hasil belajar Biologi SMA Negeri di Kota Makassar, (iii) Untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan intrapersonal dengan hasil belajar Biologi SMA Negeri di Kota Makassar, (iv) Untuk mengetahui hubungan kecerdasan naturalistik, kecerdasan interpersonal dan kecerdasan intrapersonal secara bersamaan dengan hasil belajar Biologi SMA Negeri di Kota Makassar.

            Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas di SMA Negeri di Kota Makassar. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) Angket kecerdasan naturalistik, (2) Angket kecerdasan interpersonal, (3) Angket kecerdasan intrapersonal.

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat hubungan kecerdasan naturalistik dengan hasil belajar Biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Kota Makassar dengan nilai korelasi sebesar 0,570, (2) Terdapat hubungan kecerdasan interpersonal dengan hasil belajar Biologi kelas XI IPA SMA Negeri di Kota Makassar dengan nilai korelasi sebesar 0,536, (3) Terdapat hubungan kecerdasan intrapersonal dengan hasil belajar Biologi kelas XI IPA SMA Negeri di Kota Makassar dengan nilai korelasi sebesar 0,531, (4) Terdapat hubungan antara kecerdasan naturalistik, kecerdasan interpersonal dan kecerdasan intrapersonal dengan hasil belajar Biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Kota Makassar.


Keywords


Kecerdasan Naturalistik; Kecerdasan Interpersonal; Kecerdasan Intrapersonal; Hasil Belajar Biologi

Full Text:

PDF

References


Aziz, K, Joharman, Suryandari K, C. 2012. Hubungan Kecerdasan Interpersonal, Berfikir Kreatif, dan Hasil Menulis kelas V SD Negeri di kabupaten Kebumen. Jurnal Ikip UNS.

Cherry, K. 2012. Gardner’s Theory of Multiple Intelligence. Depok. Intuisi Press.

Gadner, H. 1983. Frames Of Mind The Theory Of Multiple Intelligences. New York: Basic Books.

Hidayah, U, A. 2013. Hubungan Antara Kecerdasan Naturalis dengan Hasil Belaajr Biologi Siswa pada Materi Ekosistem (Peneitian Korelasi Di kelas X SMA Negeri 33 Jakarta). Jakarta

Hikmah, I.F. 2012. Hubungan kecerdasan intrapersonal dan kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2taman.http://digilib.uinsby.ac.id/eprint/19642 Undergraduated tesis, UIN Sunan Ampes: Surabaya.

Hoerr, T. R. 2007. Buku Kerja Multipel Inteligences. Bandung : Kaifa.

Jayantika, Igan, T, I Made, A, I G, P, S. 2013. Kontribusi Bakat Numerik, Kecerdasan Spasial, Dan Kecerdasan Logis Matematis Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sd Negeri Di Kabupaten Bulelen. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 2.

Maryam. 2012. Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Alam Sebagai Sumber Belajar terhadap Hasil belajar Kognitif IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Makam rembang Purbalingga. Online. www.uin-alauddin.ac.id/download-02%20lingkungan. Diakses pada tanggal 3 Desember 2015.

Nggermanto, A. 2005. Quantum Quotient. Bandung: Nuansa.

Sholihah, I, M, dkk. 2012. Kekuatan dan Arah kemampuan Metakognisi, kecerdasan Verbal, dan Kecerdasan Interpesonal Hubungannya dengan Hasil Beelajar Biologi Siswa XI IPA SMA Negeri 3 Sukoharjo. Jurnal Fkip UNS. Vol 4 No. 1.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor – Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Violinda, Qristin. 2012. Implementasi Metode Smart Learning Solution Berdasarkan Teori Multiple Intelligence dalam Pengembangan Potensi Anak Usia Dini. IJECES 1 (1): 1-6.

Wahyudi, D, 2011. Pembelajaran berbasis kecerdasan intrapersonal, interpersonal dan eksistensial. Edisi Khusus No. 1, ISSN 1412-565X.


Article Metrics

Abstract view : 1127 times | PDF view : 120 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Muhammad Wajdi, Andi Asmawati Azis, Rosdiana Ngitung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh

Program Study Pendidikan Biologi

Program Pasca Sarjana UNM

Address : Jl. Bonto Langkasa, Gedung AD PPs UNM, Makassar 90222

Email : ujb@unm.ac.id

p-ISSN : 2581-1959

e-ISSN : 2581-1967

Terindeks Oleh


 Hasil gambar untuk google scholars icon

Creative Commons License