Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri Kecamatan Manggala Kota Makassar
(1) Pusat Pembelajaran Keluarga Provinsi Sulawesi Selatan
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/ujbe.v7i2.62980
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis ex-post facto yang bersifat korelasional yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh seluruh peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri Kecamatan Manggala Kota makassar yang terdiri dari 4 sekolah. Sampel dari penelitian ini diambil dari populasi siswa dengan menggunakan simple random sampling sebanyak 160 orang dari jumlah populasi yang akan diteliti. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket kecerdasan emosional, motivasi belajar dan dokumentasi hasil belajar peserta didik. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan SPSS Versi 25.0 for Windows. Berdasarkan pengujian hipotesis, hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional dan motivasi belajar berpengaruh secara langsung terhadap hasil belajar peserta didik SMA Negeri Kecamatan Manggala Kota Makassar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggorowati, E. L., Shinta, A. A. M., Nafi’ah, E. R., & Lathif, S. (2020). Peran Pendidikan Karakter Sebagai Wujud Pendidikan Berkualitas Sesuai De-ngan Tujuan Sustainable Develop-ment Goals. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi V 2019, 354–361.
Bahri, A., & Orebima, A. D. (2015). The Contribution Of Learning Motivation And Metacognitive Skill On Cognitive Learning Outcome Of Students Within Different Learning Strategies. Journal of Baltic Science Education, 14 (4).
Goleman, D. (2015). Emotional Intelligence. Gramedia Pustaka Utama.
Gusniwati, M. & Rahmawati, E. Y. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris. Simposium Nasional Ilmiah, 1(1), 11-20.
Hari, T., Sutrisno, & Nurdin, S. (2020). Self-Efficacy dan Motivasi Dalam Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Husamah, W. (2018). Pembelajaran Aktif: Strategi Pembelajaran yang Efektif di Era Milenial. Jakarta: Bumi Aksara.
Kadeni, M. (2014). Emosi dan Pengendaliannya dalam Pendidikan. Jakarta: Grafindo.
Lestari, S., Fatimah, S., & Arifin, Z. (2019). Kecerdasan Emosional dan Perkem-bangannya. Bandung: Alfabeta.
Nana, S. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 8(2), 67-79.
Nurlia, A. (2018). Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Hasil Belajar Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 123-135.
Panagiotidis, P., Trikalinos, T. A., & Ioannidis, J. P. A. (2018). Motivation and Learning Outcomes In Education. International Journal of Educational Research, 85, 67-75.
Puyod, J. V., & Charoensukmongkol, P. (2019). Emotional Intelligence and Self-Efficacy: an Empirical Study. International Journal of Educational Psychology, 8(1), 1-23.
Rosyid, M. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Siswa. Jakarta: Rajawali Press.
Sari, U. N. I., & Reffiane, F. (2024). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar IPAS Kelas V. Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(2), 245-250.
Sulfemi, Wahyu Bagja. (2018). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPS di SMP Kabupaten Bogor. Jurnal Pendidikan dan Administrasi Pendidikan, 18 (1).
Wicaksana, A. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Kesadaran Metakognisi. Jurnal Psikologi Pendidikan, 10(3), 145-156.
Yunanti, E. (2016). Hubungan Antara Kemampuan Metakognitif dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Kelas IX MTsN Metro Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Bioedukasi, 7(2), 81-89.
Article Metrics
Abstract view : 64 times | PDF view : 6 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Andi Ririn Puspitasari, Firdaus Daud, Muhiddin Palennari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Diterbitkan oleh
Program Study Pendidikan Biologi
Program Pasca Sarjana UNM
Address : Jl. Bonto Langkasa, Gedung AD PPs UNM, Makassar 90222
Email : ujb@unm.ac.id
p-ISSN : 2581-1959
e-ISSN : 2581-1967
Terindeks Oleh