Pengaruh Pembelajaran Biologi Berorientasi Science, Technology, Enginering, Mathematics (STEM) terhadap Keterampilan Kolaborasi dan Persepsi Siswa Kelas XII MIPA SMAN 6 Takalar

Sitti Halfainah(1), Abd. Muis(2*), Muhammad Arsyad(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ujbe.v7i2.62973

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan keterampilan kolaborasi siswa mengenai pembelajaran Biologi berorientasi STEM kelas XII MIPA di SMAN 6 Takalar, (2) mendeskripsikan persepsi siswa mengenai pembelajaran Biologi berorientasi STEM kelas XII MIPA di SMAN 6 Takalar (3) menganalisis pengaruh pembelajaran Biologi berorientasi STEM terhadap keterampilan kolaborasi siswa kelas XII di SMAN 6 Takalar, (4) menganalisis pengaruh pembelajaran Biologi berorientasi STEM terhadap persepsi siswa kelas XII MIPA di SMAN 6 Takalar. Desain penelitian ini berupa Non-equivalent Control Group Design dengan populasi terdiri dari siswa kelas XII MIPA 1 dan XII MIPA 2 semester 2 SMAN 6 Takalar Tahun Ajaran 2022-2023 pada materi Bioteknologi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) keterampilan kolaborasi  siswa dengan skor rata-rata 113,61 berada pada kategori sedang, (2) persepsi siswa ada 125,27 berada di kategori sedang, (3) uji Independent Sample t-Test dan hasilnya menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan pembelajaran Biologi berorientasi STEM terhadap keterampilan kolaborasi dengan nilai signifikansi 0,000<0,05 dan (4) uji Independent Sample t-Test dan hasilnya menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan pembelajaran Biologi berorientasi STEM terhadap persepsi siswa dengan nilai signifikansi 0,000<0,05 menunjukkan adanya pengaruh pembelajaran Biologi berorientasi STEM terhadap keterampilan kolaborasi dan persepsi siswa. Berdasarkan hasil tersebut, maka pembelajaran Biologi berorientasi STEM dapat digunakan dalam rangka meningkatkan keterampilan kolaborasi dan memberikan persepsi positif pada siswa.

Keywords


Keterampilan Kolaborasi, Pembelajaran Biologi Berorientasi STEM, Persepsi Siswa

Full Text:

PDF

References


Achmadi, Abu dan Cholid Narbuko. 2005. Metodologi Penelitian. Jakarta. Bumi Aksara.

Agus Sujanto. 2015. Psikologi Umum. PT. Jakarta. Bumi Aksara.

Agriani, A. 2014. Kontribusi Gaya Belajar dan Persepsi Siswa Tentang Gaya Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Negeri 1 Tellusiattinge Kabupaten Bone (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).

Agustin Setiani, Menza Hendri, Dian Pertiwi Resmi. 2021. Persepsi Peserta Didik terhadap LKPD terintegrasi Stem pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol.5, Number 2, tahun 2021 pp. 287-293. Universitas Jambi

Aisyiyah, A. T. P., & Amrizal, A. (2020). Penerapan Pendekatan Saintifik (Scientific Approach) Dalam Pembelajaran Biologi SMA. Jurnal Pelita Pendidikan, 8(4).

Apriono, D. 2009. Implementasi Collaborative Learning dalam Meningkatkan Pemikiran Kritis Mahapeserta didik. Jurnal Prospektus UNIROW Tuban, 7 (1), 13-20.

Arikunto, S. 2016. Manajemen Penelitian. Jakarta. Rineka Cipta.

Bicer, A., Peter, B., Robert, M.C., Mary, M.C. 2015. The Effects of STEM PBL on Student’s Mathematical and Scientific Vocabulary Knowledge. International Journal of Contemporary Educational Research. 2(2)

Bruice, J., Marsha W., Emily C. 2009. Models of Teaching.Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Fathul, J. J. 2021. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terintegrasi STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) terhadap Motivasi Belajar, Kemampuan Literasi Sains dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMA Islam Athirah II Makassar. Universitas Negeri Makassar.

Hala, Y. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik pada Konsep Ekosistem Bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Journal of Educational Science and Technology, 1(3), 177087.

Hardani, et al. 2020. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

Hendriana, H & Sumarmo, U. 2014. Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.

John W. Santrock. 2007. Perkembangan Anak. Erlangga. Jakarta

Lang, Helmut, R. & David, N. Evans. 2006. Models, Strategies, and Method: For Effective Teaching. US: Person

Lutfi, Ismail, Andi Asmawati Azis. 2018. Pengaruh Project Based Learning Terintegrasi Stem terhadap Literasi Sains, Kreativitas dan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya. Universitas Negeri Makassar.

Marilee Sprenger. 2011. Cara Mengajar agar Siswa tetap Ingat. Erlangga. Jakarta

Musfiqon & Nurdyansyah. 2015. Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Nizamia Learning Center. Sidoarjo.

Nada Aulia Sari, 2022. Pengaruh Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Lesson Study terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Prosiding SEMNAS BIO 2022 UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Winarno, A., & Afidzatul, M. 2020 The Implementation of Project Based Learning (PjBL0 Based on STEM: A Reflection Concept And Reality Within Learning Process in Business Departmen of Vacational High School. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen.

Yuniar Fahmi Latif, Sudarmin, Hartono. 2019. Persepsi Guru dan Siswa terhadap Pembelajaran IPA Berpendekatan Stem-R berbantuan Shalawat Sains. Seminar Nasional Pascasarjana 2019. Universitas Negeri Semarang.

Yuhana E. & Ratna K.I., 2021. Pengaruh Project Based Learning_STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) terhadap Pembelajaran Sains pada Abad 21. Ed-Humanistics. Volume 06 Nomor 01.Program Studi Tadris Kimia. UIN Antasari Banjarmasin.


Article Metrics

Abstract view : 41 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Sitti Halfainah, Abd. Muis, Muhammad Arsyad

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh

Program Study Pendidikan Biologi

Program Pasca Sarjana UNM

Address : Jl. Bonto Langkasa, Gedung AD PPs UNM, Makassar 90222

Email : ujb@unm.ac.id

p-ISSN : 2581-1959

e-ISSN : 2581-1967

Terindeks Oleh


 Hasil gambar untuk google scholars icon

Creative Commons License