Pengaruh Kecerdasan Emosional, Efikasi Diri, dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMAN 8 Pangkep

Muhammad Jufri(1), Arsad Bahri(2*), Muhiddin Palennari(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ujbe.v7i2.62969

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan esmosional, efikasi diri dan motivasi belajar terhadap hasil belajar biologi siswa SMAN 8 Pangkep pada tahun pelajaran 2022/2023. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa jurusan IPA SMAN 8 pangkep yang terdiri dari 124 orang siswa. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel yaitu sampel total dengan jumlah sampel sebanyak 124 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah kuesioner (angket) dan tes. Kuesioner (angket) digunakan untuk memperoleh data kecerdasan emosional, data efikasi diri dan data motivasi belajar, sedangkan Tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar biologi siswa. Data hasil penelitian dianalisis dengan statistika deskriptif dan statistika inferensial dengan uji regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) Terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar biologi siswa dengan kontribusi 13,2%, (ii) Terdapat pengaruh efikasi diri terhadap hasil belajar biologi siswa dengan kontribusi 7%, (iii) Terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar biologi siswa dengan kontribusi 9,7%, (iv) Terdapat pengaruh kecerdasan emosional, efikasi diri dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar biologi siswa dengan kontibusi 14,4%.

Keywords


Efikasi Diri, Hasil Belajar, Kecerdasan Emosional, Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Aqzayunarsih, A., Hala, Y., & Hartati, H. 2019. Pengaruh Efikasi Diri dan Regulasi Diri Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Biologi Siswa XI MIA SMAN Di Kota Palopo (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Education and Development, 8(2), 468-468.

Azwar, S. 2012. Penyusunan Skala Psikologi Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bahri, A., & Corebima, A. D. 2015. The contribution of learning motivation and metacognitive skill on cognitive learning outcome of students within different learning strategies. Journal of Baltic Science Education, 14(4), 487-500.

Daud, F. 2012. Pengaruh kecerdasan emosional (EQ) dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Biologi siswa SMA 3 Negeri Kota Palopo. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP), 19(2), 243-255.

Djuniarto, E & Sari, A. P. 2014. Hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi akademik mahasiswa psikologi tingkat satu Universitas Gunadarma, Jurnal Pendidikan, 3(1), 5.

Ghufron, M. N. & Risnawati, R. 2012. Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hamrah. 2015. Hubungan Kecerdasan Interpersonal, Gaya Belajar, dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Madrasah Aliyah Negeri Wajo. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: Program Pascasarjanan Universitas Negeri Makassar.

Irsyad, F. M., & Fauzi, S. 2021. Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Biologi di Kelas X Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tasikmalaya. Bioed: Jurnal Pendidikan Biologi, 8(1), 15-21.

Kartina, K., Muchtar, R., & Taiyeb, A. M. 2018. Hubungan antara Gaya Belajar, Motivasi dan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa SMP. Bio-Pedagogi, 7(1), 45-48.

Marlina, M. 2021. Hubungan Antara Motivasi Belajar, Efikasi Diri, Kecerdasan Emosional dengan Hasil Belajar Siswa Pelajaran PAI Melalui Pembelajaran Aktif. Ta'dib, 11(1), 77-89.

Masruroh, S., Saputra, O., Rodiani, Oktaria, D., & Utami, N. 2019. Hubungan Efikasi Diri terhadap Hasil Belajar Blok Emergency Medicine pada Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Artikel Penelitian, Vol. 6, No. 1, 20–24.

Munandar, H. 2017. Hubungan kecerdasan emosional dengan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA negeri di kota parepare pada mata pelajaran kimia. Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia, 18(1), 39-47.

Mutmainnah, M. 2021. Hubungan antara efikasi diriterhadap hasil belajar siswa kelas X di SMA Negeri 10 Luwu Utara (Doctoral Dissertation, Universitas Cokroaminoto Palopo).

Rambe, N. A. P., Hasanah, U., & Chairunnisa, N. 2018. Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Mia Man 3 Medan TP 2017/2018. Jurnal Pelita Pendidikan, 6(2).

Saenab, S. 2019. Keterampilan Metakognitif dan Motivasi Mahasiswa pada Perkuliahan Biologi Dasar di Universitas Negeri Makassar. Sainsmat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam. 8(1), 37.

Saptono, Y. J. 2016. Motivasi dan Keberhasilan Belajar Siswa. Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 181-204.

Utami, S. A., Damayanti, E., & Ismail, W. 2020. Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Biologi Peserta Didik. Psikoislamedia: Jurnal Psikologi, 5(1), 1-13.

Wijaya, T. 2007. Hubungan adversity intelligence dengan intensi berwirausaha (studi empiris pada siswa SMKN 7 Yogyakarta). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 9(2): 117-127.


Article Metrics

Abstract view : 30 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Muhammad Jufri, Arsad Bahri, Muhiddin Palennari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh

Program Study Pendidikan Biologi

Program Pasca Sarjana UNM

Address : Jl. Bonto Langkasa, Gedung AD PPs UNM, Makassar 90222

Email : ujb@unm.ac.id

p-ISSN : 2581-1959

e-ISSN : 2581-1967

Terindeks Oleh


 Hasil gambar untuk google scholars icon

Creative Commons License