Pengaruh Sikap Belajar dan Kemandirian Belajar terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA

Andi Martiani(1*), Firdaus Daud(2), Muhiddin Palennari(3),

(1) SMP Negeri 1 Mare
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ujbe.v7i2.62966

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian Ex Post Facto bertujuan untuk menganalisis pengaruh langsung sikap belajar dan kemandirian belajar terhadap motivasi belajar, pengaruh langsung sikap belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar, serta menganalisis pengaruh tidak langsung sikap belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar. Sampel penelitian diambil sebanyak 114 siswa dari jumlah populasi dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen penelitian adalah angket dan soal evaluasi untuk memperoleh skor sikap belajar, kemandirian belajar dan motivasi belajar. Sedangkan soal evaluasi digunakan untuk memperoleh nilai hasil belajar IPA. Data yang digunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan pengujian hipotesis hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap belajar dan kemandirian belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar, sikap belajar berpengaruh negatif dan signifikan terhadap hasil belajar, kemandirian belajar dan motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar, serta sikap belajar dan kemandirian belajar berpengaruh tidak langsung terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar. Hal ini disebabkan karena, sikap belajar dan kemandirian belajar mempengaruhi motivasi belajar siswa untuk memperoleh hasil belajar yang baik secara langsung maupun tidak langsung.

Keywords


Hasil Belajar, Kemandirian Belajar, Motivasi Belajar, Sikap Belajar

Full Text:

PDF

References


Amaliyah, M., Suardana, I. N., & Selamet, K. (2021). Analisis kesulitan belajar dan faktor-faktor penyebab kesulitan belajar IPA siswa SMP Negeri 4 Singaraja. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 4(1), 90-101.

Dewi, N. N. R., Manuaba, I. B. S., & Suadnyana, I. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V SD Gugus Letda Made Putra. Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, 5(2), 1–10.

Djamarah, S. B. (2011). Psikologi Belajar Edisi II. Jakarta: Rineka Cipta.

Hasanudin. (2017). Biopsikologi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Syiah Kuala Universiti Press.

Jupriyanto, J. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas IV. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 105-111.

Khairawati, Rahayu, H. M., & Setiadi, A. E. (2018). Analisis Korelasi Sikap Ilmiah Dan Prestasi Belajar Siswa di Smpn 3 Sungai Kakap. Pena Kreatif : Jurnal Pendidikan, 7(1), 52.

Khairawati, Rahayu, H. M., & Setiadi, A. E. (2018). Analisis Korelasi Sikap Ilmiah Dan Prestasi Belajar Siswa Di SMPN 3 Sungai Kakap. Pena Kreatif: Jurnal Pendidikan, 7(1), 52.

Laksana, D. N. L. (2016). Miskonsepsi Dalam Materi IPA Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 166.

Martiningsih, M., Situmorang, R. P., & Hastuti, S. P. (2018). Hubungan Keterampilan Generik Sains dan Sikap Ilmiah Melalui Model Inkuiri Ditinjau Dari Domain Kognitif. Jurnal Pendidikan Sains (Jps), 6(1), 24.

Muhammad, Maryam. (2016). Pengaruh Motivasi dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(2).

Pahrudin, A., & Pratiwi, D. D. (2019). Pendekatan Saintifik dalam Implementasi K-13 & Dampaknya Terhadap Kualitas Proses & Hasil Pembelajaran. Pustaka Ali Imron.

Putri Ningrat, S., Tegeh, I. M., & Sumantri, M. (2018). Kontribusi Gaya Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 257.

Samsuddin, Endang. (2019). Pengaruh Motivasi dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar IPA Siswa (Survey pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri di Kecamatan Telagasari Karawang). Biodidaktika, 14(1).

Sari, N. L., Yunus, M., & Hamid, S. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Damdas Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Tematik Melalui Metode Course Review Horay Di Kecamatan Tallo Kota Makassar. Bosowa Journal of Education, 2(1), 82-87.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syakban, S. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Peta Konsep Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Negeri 014 Geringging Baru. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(5).

Wahyudi, M., & Wulandari, I. G. A. A. (2021). Kontribusi Gaya Kognitif dan Sikap Ilmiah Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 17–25.

Yuliastini, L. G. I., Wiyasa, I. K. N., & Manuaba, I. B. S. (2020). Kontribusi Gaya Belajar dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Mimbar Ilmu, 25(1), 11.


Article Metrics

Abstract view : 51 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Andi Martiani, Firdaus Daud, Muhiddin Palennari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh

Program Study Pendidikan Biologi

Program Pasca Sarjana UNM

Address : Jl. Bonto Langkasa, Gedung AD PPs UNM, Makassar 90222

Email : ujb@unm.ac.id

p-ISSN : 2581-1959

e-ISSN : 2581-1967

Terindeks Oleh


 Hasil gambar untuk google scholars icon

Creative Commons License