Pengaruh Sikap Belajar dan Kemandirian Belajar terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA
(1) SMP Negeri 1 Mare
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/ujbe.v7i2.62966
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amaliyah, M., Suardana, I. N., & Selamet, K. (2021). Analisis kesulitan belajar dan faktor-faktor penyebab kesulitan belajar IPA siswa SMP Negeri 4 Singaraja. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 4(1), 90-101.
Dewi, N. N. R., Manuaba, I. B. S., & Suadnyana, I. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V SD Gugus Letda Made Putra. Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, 5(2), 1–10.
Djamarah, S. B. (2011). Psikologi Belajar Edisi II. Jakarta: Rineka Cipta.
Hasanudin. (2017). Biopsikologi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Syiah Kuala Universiti Press.
Jupriyanto, J. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas IV. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 105-111.
Khairawati, Rahayu, H. M., & Setiadi, A. E. (2018). Analisis Korelasi Sikap Ilmiah Dan Prestasi Belajar Siswa di Smpn 3 Sungai Kakap. Pena Kreatif : Jurnal Pendidikan, 7(1), 52.
Khairawati, Rahayu, H. M., & Setiadi, A. E. (2018). Analisis Korelasi Sikap Ilmiah Dan Prestasi Belajar Siswa Di SMPN 3 Sungai Kakap. Pena Kreatif: Jurnal Pendidikan, 7(1), 52.
Laksana, D. N. L. (2016). Miskonsepsi Dalam Materi IPA Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 166.
Martiningsih, M., Situmorang, R. P., & Hastuti, S. P. (2018). Hubungan Keterampilan Generik Sains dan Sikap Ilmiah Melalui Model Inkuiri Ditinjau Dari Domain Kognitif. Jurnal Pendidikan Sains (Jps), 6(1), 24.
Muhammad, Maryam. (2016). Pengaruh Motivasi dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(2).
Pahrudin, A., & Pratiwi, D. D. (2019). Pendekatan Saintifik dalam Implementasi K-13 & Dampaknya Terhadap Kualitas Proses & Hasil Pembelajaran. Pustaka Ali Imron.
Putri Ningrat, S., Tegeh, I. M., & Sumantri, M. (2018). Kontribusi Gaya Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 257.
Samsuddin, Endang. (2019). Pengaruh Motivasi dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar IPA Siswa (Survey pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri di Kecamatan Telagasari Karawang). Biodidaktika, 14(1).
Sari, N. L., Yunus, M., & Hamid, S. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Damdas Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Tematik Melalui Metode Course Review Horay Di Kecamatan Tallo Kota Makassar. Bosowa Journal of Education, 2(1), 82-87.
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Syakban, S. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Peta Konsep Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Negeri 014 Geringging Baru. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(5).
Wahyudi, M., & Wulandari, I. G. A. A. (2021). Kontribusi Gaya Kognitif dan Sikap Ilmiah Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 17–25.
Yuliastini, L. G. I., Wiyasa, I. K. N., & Manuaba, I. B. S. (2020). Kontribusi Gaya Belajar dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Mimbar Ilmu, 25(1), 11.
Article Metrics
Abstract view : 51 times | PDF view : 3 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Andi Martiani, Firdaus Daud, Muhiddin Palennari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Diterbitkan oleh
Program Study Pendidikan Biologi
Program Pasca Sarjana UNM
Address : Jl. Bonto Langkasa, Gedung AD PPs UNM, Makassar 90222
Email : ujb@unm.ac.id
p-ISSN : 2581-1959
e-ISSN : 2581-1967
Terindeks Oleh