Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Pencernaan Makanan

Aswarini Tonji(1), Andi Asmawati Azis(2*), Muhammad Arsyad(3), Arsad Bahri(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ujbe.v7i1.47943

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar biologi peserta didik pada materi sistem pencernaan makanan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran berdiferensiasi sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar biologi peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI yang belajar mata pelajaran biologi sebanyak 9 kelas, sedangkan sampelnya adalah kelas XI Alfred Nobel sebagai kelas eksperimen dengan jumlah peserta didik 30 orang dan kelas XI Aristoteles sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik 30 orang. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar berupa pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Analisis of Covarian (Ancova). Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial   untuk data hasil belajar diperoleh nilai signifikansi 0,029 lebih kecil dari α = 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar biologi peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Takalar pada materi sistem pencernaan makanan.


Keywords


Hasil Belajar, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Berdiferensiasi, Sistem Pencernaan Makanan

Full Text:

PDF

References


Arylien L.B. 2014. Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, dan Kinestetik terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan, 44(2), 168-169.

Benjamin, A. 2017. Differentiated Instruction: A Guide for Middle and High School Teachers. New York, Landon: Routledge Taylor & Francis Group.

Darmawan, P. A. & Sujoko. E. 2013. Revisi Taksonomi Pembelajaran Bejamin S. Bloom: Satya Widya, 29(1), 30-39.

Hockett, J. 2018. Differentiation Handbook: Strategies and Examples: Grades 6–12. The Tennessee Department of Education.

Marlina. 2019. Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. Universitas Negeri Padang.

Mulyani, D. 2013. Hubungan Kesiapan Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar. Jurnal Konselor. 2(1), 27-31.

Mutmainnah, M. 2020. “Pemikiran Progresivisme dan Pemikiran Eksistensialisme pada Pendidikan Anak Usia Dini (dalam Pembelajaran Bcct Pamela Phelps).” Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 6(1), 13. https://doi.org/10.22373/equality.v6i1.5918.

Pane, R.N., Lumbantoruan, S., Simanjuntak, S.D. 2022. Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. BULLET: Jurnal Mulitidisiplin Ilmu, 1(3), 173-180.

Sitorus, P., Tumanngor, R.M., Sigiro, M., Simanullang, E.N., Laila, I.S.A. 2022. Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Manduamas. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 2883-2890.

Sudjana, N., & Ibrahim., 2009. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.

Suwartiningsih. 2021. Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas Ixb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 80-94.

Tomlinson, C. A. 2001. How to Differentiate Instruction in Mixed-Ability Classrooms (second). Assosiation for Suprvision and Curriculum Development (ASCD).


Article Metrics

Abstract view : 76 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Aswarini Tonji, Andi Asmawati Azis, Muhammad Arsyad, Arsad Bahri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh

Program Study Pendidikan Biologi

Program Pasca Sarjana UNM

Address : Jl. Bonto Langkasa, Gedung AD PPs UNM, Makassar 90222

Email : ujb@unm.ac.id

p-ISSN : 2581-1959

e-ISSN : 2581-1967

Terindeks Oleh


 Hasil gambar untuk google scholars icon

Creative Commons License