Pengembangan E-Modul Biologi Berbasis Contextual Teaching and Learning dengan Mind Mapping pada Materi Sistem Koordinasi Siswa Kelas XI SMA
(1) Prodi Pendidikan Biologi, Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/ujbe.v5i2.31336
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Angela, L., & Aprianto, R. (2018).
Pengembangan Modul Biologi Berbasis
Contextual Teaching and Learning (CTL)
pada Materi Keanekaragaman Hayati
Kelas X Madrasah Aliyah. JEMS: Jurnal
Edukasi Matematika Dan Sains, 6(2), 93–
Arikunto, Suharsimi. (2009). Dasar-dasar
Evaluasi Pendidikan. Jakarta:Bumi
Aksara.
Departemen Pendidikan Nasional .(2008).
Panduan Pengembangan Bahan Ajar.
Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah
Menengah Atas.
Desmiwati, R., Ratnawulan, R., &
Yulkifli, Y. (2017). Validitas Lkpd Fisika
Sma Menggunakan Model Problem Based
Learningberbasis Teknologi Digital.
Jurnal Eksakta Pendidikan: Validitas Lkpd
Fisika Sma Menggunakan Model Problem
Based Learningberbasis Teknologi
Digital, 1(1), 33–38.
Fadhillah, F., & Andromeda, A. (2020).
Validitas dan Praktikalitas E-Modul
Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi
Laboratorium Virtual pada Materi
Hidrolisis Garam kelas XI SMA/MA.
Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 4(2),
–188.
Fadieny, N., & Fauzi, A. (2021). Validitas
E-Modul Fisika Terintegrasi Materi
Bencana Petir Berbasis Experiential
Learning. Jurnal Penelitian Pembelajaran
Fisika, 7(1).
Faelasofi, R. (2016). Penerapan Metode
Mind Mapping pada Pembelajaran
Matematika. JURNAL E-DuMath, 2(2).
Hartini, S., Firdausi, S., Misbah, M., &
Sulaeman, N. F. (2018). The development
of physics teaching materials based on
local wisdom to train saraba kawa
character. Jurnal Pendidikan IPA
Indonesia, 7(2), 130–137.
Hobri. (2009). Metodologi Penelitian
Pengembangan (Development research)
Aplikasi pada Penelitian Pendidikan
Matematika. Jember: FKIP.
Kurniawan, A. D. (2013). Metode inkuiri
terbimbing dalam pembuatan media
pembelajaran biologi untuk meningkatkan
pemahaman konsep dan kreativitas siswa
SMP. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia,
(1).
Mustami, M. K., Syamsudduha, S., Safei,
& Ismail, M. I. (2019). Validity,
practicality, and effectiveness
development of biology textbooks
integrated with augmented reality on high
school students. International Journal of
Technology Enhanced Learning, 11(2),
–200.
Novita, R., & Khairunnisak, C. (2014).
Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bidang
Datar Dengan Menggunakan Pendekatan
Ctl Di Smp Muhammadiyah I Banda Aceh.
Visipena Journal, 5(2), 140–147.
Nurhidayah, N. (2017). Pengembangan
Biomagazine Terintegrasi Augmented
Reality (AR) pada Konsep Genetika di
Sekolah Menengah Atas [PhD Thesis].
Universitas Negeri Makassar.
Nurnisa, Ismail, I., & Ismail, W. (2019).
Pengembangan Modul Biologi Berbasis
Pendekatan Contextual Teaching and
Learning (CTL) di SMPN 3
Sungguminasa. J. Al-Ahya., 1(1), 70–83.
Panggabean, N. H., & Danis, A. (2020).
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR
BERBASIS MIND MAPPING PADA
PEMBELAJARAN IPA TEMA
Lingkungan Sahabat Kita. Jurnal Tunas
Bangsa, 7(2), 204–218.
Panjaitan, D. J. (2018). Peningkatan
Pemahaman dan Aplikasi Konsep Melalui
Pendekatan Contextual Teaching and
Learning. Jurnal MathEducation
Nusantara, 1(1), 52–59.
Plom, T. Dan Nieveen, N. (Eds). (2017).
An Introduction to Educational Design
Research. Enschede: SLO (Netherlands
institute for curriculum development).
Prabowo, C. A., Ibrohim, I., & Saptasari,
M. (2016). Pengembangan modul
pembelajaran inkuiri berbasis laboratorium
virtual. Jurnal Pendidikan: Teori,
Penelitian, Dan Pengembangan, 1(6),
–1097.
Putra, K. W. B., Wirawan, I. M. A., &
Pradnyana, G. A. (2017). Pengembangan
e-modul berbasis model pembelajaran
discovery learning pada mata pelajaran
“sistem komputer” untuk siswa kelas x
multimedia smk negeri 3 singaraja. Jurnal
Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan,
(1).
Raharjo, J. F., & Sulaiman, H. (2017).
Mengembangkan kemampuan pemahaman
konsep matematika diskrit dan
pembentukan karakter konstruktivis
mahasiswa melalui pengembangan bahan
ajar berbantuan aplikasi education edmodo
bermodelkan progresif pace (project,
activity, cooperative and exercise).
Teorema: Teori Dan Riset Matematika,
(1), 47–62.
Ridwan, R., Adnan, A., & Bahri, A.
(2018). Pengembangan E-Modul Biologi
Berbasis Nilai Iman dan Taqwa pada
Siswa MA Kelas XI [PhD Thesis].
Universitas Negeri Makassar.
Riduwan. (2007). Belajar Mudah
Penelitian untuk Guru-Karyawan dan
Peneliti Pemula. Bandung: alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Dan
Pengembangan Research And
Development. Bandung: Alfabeta.
Wati, M. (2020). The practicality of
physics teaching materials based on local
wisdom in the wetland environment. 1st
South Borneo International Conference on
Sport Science and Education (SBICSSE
, 185–187.
Widoyoko, Eko Putro. (2014). Evaluasi
Program Pembelajaran Panduan Praktis
Bagi Pendidik dan Calon Pendidik.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yumna, H., & Fauzi, A. (2019). Validity of
flood themed science textbook for junior
high school with sequenced model using
problem-based learning. Journal of
Physics: Conference Series, 1185(1),
Article Metrics
Abstract view : 314 times | PDF view : 49 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Sri Febriani Masdi, Muhiddin Palennari, Syamsiah Syamsiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Diterbitkan oleh
Program Study Pendidikan Biologi
Program Pasca Sarjana UNM
Address : Jl. Bonto Langkasa, Gedung AD PPs UNM, Makassar 90222
Email : ujb@unm.ac.id
p-ISSN : 2581-1959
e-ISSN : 2581-1967
Terindeks Oleh