Pengembangan E-Modul Biologi Berbasis Contextual Teaching and Learning dengan Mind Mapping pada Materi Sistem Koordinasi Siswa Kelas XI SMA

Sri Febriani Masdi(1), Muhiddin Palennari(2), Syamsiah Syamsiah(3*),

(1) Prodi Pendidikan Biologi, Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ujbe.v5i2.31336

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk berupa emodul biologi berbasis contextual teaching and learnind dengan mind mapping pada materi sistem koordinasi kelas XI SMA. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu Analisis (Analyze), desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar validasi, angket respon guru, angket respon siswa, dan tes hasil belajar. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Luwu. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) e-modul biologi berbasis contextual teaching and learnind dengan mind mapping memenuhi kriteria valid dengan rerata skor sebesar 4,4; 2) e-modul biologi berbasis contextual teaching and learnind dengan mind mapping memenuhi kriteria praktis berdasarkan hasil respon guru dengan rerata 96.7% pada kategori sangat kuat dan 3.3% pada kategori kuat, sedangkan hasil respon siswa dengan rerata 36.7% pada kategori sangat kuat dan 63.3% pada kategori kuat; 3) e-modul biologi berbasis contextual teaching and learnind dengan mind mapping memenuhi kriteria efektif dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 81% (sangat efektif). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa e-modul biologi berbasis contextual teaching and learnind dengan mind telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.

Keywords


Bahan Ajar, E-Modul, CTL, Mind mapping

Full Text:

PDF

References


Angela, L., & Aprianto, R. (2018).

Pengembangan Modul Biologi Berbasis

Contextual Teaching and Learning (CTL)

pada Materi Keanekaragaman Hayati

Kelas X Madrasah Aliyah. JEMS: Jurnal

Edukasi Matematika Dan Sains, 6(2), 93–

Arikunto, Suharsimi. (2009). Dasar-dasar

Evaluasi Pendidikan. Jakarta:Bumi

Aksara.

Departemen Pendidikan Nasional .(2008).

Panduan Pengembangan Bahan Ajar.

Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah

Menengah Atas.

Desmiwati, R., Ratnawulan, R., &

Yulkifli, Y. (2017). Validitas Lkpd Fisika

Sma Menggunakan Model Problem Based

Learningberbasis Teknologi Digital.

Jurnal Eksakta Pendidikan: Validitas Lkpd

Fisika Sma Menggunakan Model Problem

Based Learningberbasis Teknologi

Digital, 1(1), 33–38.

Fadhillah, F., & Andromeda, A. (2020).

Validitas dan Praktikalitas E-Modul

Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi

Laboratorium Virtual pada Materi

Hidrolisis Garam kelas XI SMA/MA.

Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 4(2),

–188.

Fadieny, N., & Fauzi, A. (2021). Validitas

E-Modul Fisika Terintegrasi Materi

Bencana Petir Berbasis Experiential

Learning. Jurnal Penelitian Pembelajaran

Fisika, 7(1).

Faelasofi, R. (2016). Penerapan Metode

Mind Mapping pada Pembelajaran

Matematika. JURNAL E-DuMath, 2(2).

Hartini, S., Firdausi, S., Misbah, M., &

Sulaeman, N. F. (2018). The development

of physics teaching materials based on

local wisdom to train saraba kawa

character. Jurnal Pendidikan IPA

Indonesia, 7(2), 130–137.

Hobri. (2009). Metodologi Penelitian

Pengembangan (Development research)

Aplikasi pada Penelitian Pendidikan

Matematika. Jember: FKIP.

Kurniawan, A. D. (2013). Metode inkuiri

terbimbing dalam pembuatan media

pembelajaran biologi untuk meningkatkan

pemahaman konsep dan kreativitas siswa

SMP. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia,

(1).

Mustami, M. K., Syamsudduha, S., Safei,

& Ismail, M. I. (2019). Validity,

practicality, and effectiveness

development of biology textbooks

integrated with augmented reality on high

school students. International Journal of

Technology Enhanced Learning, 11(2),

–200.

Novita, R., & Khairunnisak, C. (2014).

Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bidang

Datar Dengan Menggunakan Pendekatan

Ctl Di Smp Muhammadiyah I Banda Aceh.

Visipena Journal, 5(2), 140–147.

Nurhidayah, N. (2017). Pengembangan

Biomagazine Terintegrasi Augmented

Reality (AR) pada Konsep Genetika di

Sekolah Menengah Atas [PhD Thesis].

Universitas Negeri Makassar.

Nurnisa, Ismail, I., & Ismail, W. (2019).

Pengembangan Modul Biologi Berbasis

Pendekatan Contextual Teaching and

Learning (CTL) di SMPN 3

Sungguminasa. J. Al-Ahya., 1(1), 70–83.

Panggabean, N. H., & Danis, A. (2020).

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR

BERBASIS MIND MAPPING PADA

PEMBELAJARAN IPA TEMA

Lingkungan Sahabat Kita. Jurnal Tunas

Bangsa, 7(2), 204–218.

Panjaitan, D. J. (2018). Peningkatan

Pemahaman dan Aplikasi Konsep Melalui

Pendekatan Contextual Teaching and

Learning. Jurnal MathEducation

Nusantara, 1(1), 52–59.

Plom, T. Dan Nieveen, N. (Eds). (2017).

An Introduction to Educational Design

Research. Enschede: SLO (Netherlands

institute for curriculum development).

Prabowo, C. A., Ibrohim, I., & Saptasari,

M. (2016). Pengembangan modul

pembelajaran inkuiri berbasis laboratorium

virtual. Jurnal Pendidikan: Teori,

Penelitian, Dan Pengembangan, 1(6),

–1097.

Putra, K. W. B., Wirawan, I. M. A., &

Pradnyana, G. A. (2017). Pengembangan

e-modul berbasis model pembelajaran

discovery learning pada mata pelajaran

“sistem komputer” untuk siswa kelas x

multimedia smk negeri 3 singaraja. Jurnal

Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan,

(1).

Raharjo, J. F., & Sulaiman, H. (2017).

Mengembangkan kemampuan pemahaman

konsep matematika diskrit dan

pembentukan karakter konstruktivis

mahasiswa melalui pengembangan bahan

ajar berbantuan aplikasi education edmodo

bermodelkan progresif pace (project,

activity, cooperative and exercise).

Teorema: Teori Dan Riset Matematika,

(1), 47–62.

Ridwan, R., Adnan, A., & Bahri, A.

(2018). Pengembangan E-Modul Biologi

Berbasis Nilai Iman dan Taqwa pada

Siswa MA Kelas XI [PhD Thesis].

Universitas Negeri Makassar.

Riduwan. (2007). Belajar Mudah

Penelitian untuk Guru-Karyawan dan

Peneliti Pemula. Bandung: alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Dan

Pengembangan Research And

Development. Bandung: Alfabeta.

Wati, M. (2020). The practicality of

physics teaching materials based on local

wisdom in the wetland environment. 1st

South Borneo International Conference on

Sport Science and Education (SBICSSE

, 185–187.

Widoyoko, Eko Putro. (2014). Evaluasi

Program Pembelajaran Panduan Praktis

Bagi Pendidik dan Calon Pendidik.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yumna, H., & Fauzi, A. (2019). Validity of

flood themed science textbook for junior

high school with sequenced model using

problem-based learning. Journal of

Physics: Conference Series, 1185(1),


Article Metrics

Abstract view : 314 times | PDF view : 49 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sri Febriani Masdi, Muhiddin Palennari, Syamsiah Syamsiah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh

Program Study Pendidikan Biologi

Program Pasca Sarjana UNM

Address : Jl. Bonto Langkasa, Gedung AD PPs UNM, Makassar 90222

Email : ujb@unm.ac.id

p-ISSN : 2581-1959

e-ISSN : 2581-1967

Terindeks Oleh


 Hasil gambar untuk google scholars icon

Creative Commons License