Pengembangan Modul Bioteknologi Berbasis Potensi Lokal Sebagai Sumber Belajar Siswa kelas XII SMA Negeri 13 Luwu Utara

YENNI T Tompe(1), Firdaus Daud(2*), Syamsiah .(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ujbe.v6i1.23669

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa modul bioteknologi berbasis potensi lokal sebagai sumber belajar siswa kelas XII di SMAN 13 Luwu Utara. Penelitian ini merupakan Penelitian dan Pengembangan (R&D) yang mengacu pada model pengembangan desain ADDIE, yang terdiri dari lima tahap, yaitu tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi instrumen, angket respon guru, angket respon siswa, dan tes hasil belajar. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA I SMAN 13 Luwu Utara. Hasil analisis data diperoleh rata-rata validitas modul oleh dua ahli validator yaitu 4,5 yang berada pada kategori valid. Kepraktisan modul mendapat tanggapan guru sebesar 93,33% berada pada kategori sangat praktis, dan tanggapan siswa sebesar 73,33% berada pada kategori praktis. Keefektifan modul diperoleh 70% siswa yang tuntas berada pada kategori efektif. Selain itu, diperoleh hasil tabulasi silang antara respon siswa dan hasil belajar dengan Signifikansi Asimptotik adalah 0,004 < 0,05 sehingga kesimpulannya terdapat hubungan yang kuat antara kepraktisan dengan keefektifan modul bioteknologi berbasis potensi lokal.


Keywords


Penelitian dan Pengembangan, Sumber Belajar, Modul, Berbasis Potensi Lokal

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, S. (2014). Pengembangan perangkat pembelajaran dengan pendekatan contextual teaching and learning berbantuan modul interaktif. Chemistry in Education, 3(2).

Ariani, M. A. S., & Ristiati, N. P. (n.d.). Setiawan.(2014). Implementasi Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Dan Ketrampilan Berpikir Kritis Siswa SMP. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 192–205.

Arikunto, S. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Cimer, A. (2012). Whats make biology learning difficult and effective: Student’views. Academic Journal, 7(3).

Dawson, V., & Schibeci, R. (2003). Western Australian high school students’ attitudes towards biotechnology processes: Case studies. Journal of Biological Education, 38(1), 7–12.

Depdiknas. (2008). Peraturan Pemerintah RI No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta:Depdiknas

Dewi, C. R., & Abdullah, A. (2021). Pemanfaatan Modul Pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Peredaran Darah Di SMAN 5 Kota BANDA ACEH. Prosiding Biotik, 8(1), Article 1.https://jurnal.arraniry.ac.id/index.php/ Biotik/article/view/9671

Hala, Y. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran biologi berbasis pendekatan saintifik pada konsep ekosistem bagi siswa sekolah menengah pertama. Journal of Educational Science and Technology (EST), 1(3).

Haryanto, R. (2018). Analisis Pemanfaatan Modul Berbasis Potensi Lokal sebagai Alternatif Bahan Ajar Pendidikan Lingkungan. Indonesian Biology Teachers, 1(2), 62–68.

Hobri. (2009). Model-model Pembelajaran Inovatif. Jember. Center of Society Studies Jember.

Lestari, W. M., Ariani, T., & Gumay, O. P. U. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Scientific Approach. SPEJ (Science and Physic Education Journal), 2(1), 18–29.

Libbrecht, P. (2015). Adaptations to a Learning Resource. Acta Didactica Napocensia, 8(1), 67–74.

Midroro, J. N., Prastowo, S. H. B., & Nuraini, L. (2021). Analisis Respon Siswa SMA Plus Al-Azhar Jember Terhadap Modul Fisika Digital Berbasis Articulate Storyline 3 Pokok Bahasan Hukum Newton Tentang Gravitasi. Jurnal Pembelajaran Fisika, 10(1), 8. https://doi.org/10.19184/jpf.v10i1.23762

Mulyasa. (2004). Menjadi Guru Professional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nuraini, L., & Supriadi, B. (2018). Analisis Pemanfaatan Multimedia Terhadap Penguasaan Konsep Reaksi Nuklir Mahasiswa Pada Matakuliah Fisika Inti. Saintifika, 20(2), 22–31.

Nurdin, A. (2015). Penerapan E-Book Interaktif Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Pokok Bahasan Pencemaran Dan Perubahan Lingkungan Di Kelas X SMA Negeri 1 Waled [PhD Thesis]. IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Nurjanah, A. K., Sajidan, S., & Karyanto, P. (2016). Pengembangan Modul Biologi Berbasis Model Guided Inquiry Laboratory Pada Materi Bioteknologi. Inkuiri, 5(3), 26–39.

P, G. P., Divayana, D. G. H., & Sugihartini, N. (2019). Pengaruh E-Modul Berbasis Metode Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Basis Data Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Siswa (Studi Kasus: Kelas XII Rekayasa Perangkat Lunak Di SMK Negeri 1 Negara). Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika : JANAPATI, 7(2), 121.131.https://doi.org/10.23887/janapati.v7i2.12369

Pamungkas, Z. S. (2016). Modul Mind Mapping Berbasis Potensi Lokal Terintegrasi Sets Pada Mata Pelajaran Ipa Di Smp. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(5), 318–331.

Pamungkas, Z. S., Wahyuni, S., & Prihandono, T. (2017). Kelayakan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Potensi Lokal Pada Pokok Bahasan Perubahan Benda Di SMPN 1 Semboro Kabupaten Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(3), 270–278.

Pratama, M. A., Amin, M., & Suarsini, E. (2016). Pengembangan Buku Ajar Matakuliah Bioteknologi Di Universitas Jember. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(10), 1987–1992.

Pratama, D. R., Widiyatmoko, A., & Wusqo, I. U. (2016). Pengaruh Penggunaan Modul Kontekstual Berpendekatan Sets Terhadap Hasil Belajar Dan Kemandirian Peserta Didik Kelas VII SMP. Unnes Science Education Journal, 5(3), Article3.https://doi.org/10.15294/usej.v5i3.13168

Pratondo, B. S., Pujiati, P., & Ardhi, M. W. (2018). Penyusunan Modul Bioteknologi SMA Berbasis Riset Uji Potensi Enzim Selulase dari Kapang Trichoderma viride dalam Mendegradasi Bahan Selulosa. Prosiding Seminar Nasional SIMBIOSIS, 3.

Riduwan. (2010). Metode dan Teknis Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta

Riduwan. (2015). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta

Safitri, A. N., Subiki, S., & Wahyuni, S. (2018). Pengembangan modul IPA berbasis kearifan lokal kopi pada pokok bahasan usaha dan energi di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(1), 22–29.

Sagala, S. (2013). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta, 2009. Cet. VII.

Sankey, M., Birch, D., & Gardiner, M. (2011). The impact of multiple representations of content using multimedia on learning outcomes across learning styles and modal preferences. International Journal of Education and Development Using ICT, 7(3), 18–35.

Sari, D. Y. K., Wahyuni, S., & Supriyadi, B. (2016). Pengembangan modul pembelajaran IPA berbasis salingtemas (sains, lingkungan, teknologi, masyarakat) di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(3), 218–225.

Sirate, S. F. S., & Ramadhana, R. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Keterampilan Literasi. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 6(2), 316–335.

Suastika, I. K., & Rahmawati, A. (2019). Pengembangan modul pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4(2), 60.

Untari, F. S. (2016). Pengembangan Ensiklopedia Keanekaragaman Capung Sungai Oyo Sebagai Sumber Belajar Biologi untuk siswa kelas X SMA. MA. Yogyakarta. UIN Sunan Kalijaga.

Warsita, B. (2008). Teknologi pembelajaran landasan dan aplikasinya.

Widyawati, S. (2016). Pengaruh Kemampuan Koneksi Matematis Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas IX SMP di Kota Metro. Iqra’: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 1(1), 47–68.

Widoyoko, E, P. (2014). "Evaluasi Program Pembelajaran Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik". Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yamasari, Y. (2010). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis ICT yang berkualitas. Seminar Nasional Pascasarjana X–ITS, Surabaya, 4.

Yerita, H., Haviz, M., & Rahmi, E. (2014). Efektivitas Penggunaan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Kontekstual Pada Pokok Bahasan Ekosistem Siswa Kelas X di SMAN 1 Rambatan. Jurnal Pembelajaran MIPA, 1(1), 8–10.


Article Metrics

Abstract view : 353 times | PDF view : 52 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 YENNI T Tompe, Firdaus Daud, Syamsiah .

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh

Program Study Pendidikan Biologi

Program Pasca Sarjana UNM

Address : Jl. Bonto Langkasa, Gedung AD PPs UNM, Makassar 90222

Email : ujb@unm.ac.id

p-ISSN : 2581-1959

e-ISSN : 2581-1967

Terindeks Oleh


 Hasil gambar untuk google scholars icon

Creative Commons License