Pengaruh Model Group Investigation (GI) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran IPS Geografi Siswa SMA Negeri 7 Makassar

Sukmawati Sukmawati(1*), Nur Astaman Putra(2),

(1) STKIP Pembangunan Indonesia Makassar
(2) STKIP Pembangunan Indonesia Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ugj.v3i1.14595

Abstract


The purpose of this research was to determine the effect to the Group Investigation (GI) model on students’ critical thinking skills in learning Social Sciences Geography at SMA Negeri 7 Makassar. This research is a type of experimental research that is true experiment design. A sample was two classes, each class consisting of 30 people from the control class given conventional treatmen. Data collection techniques used in this research were tests of students’ critical thinking skills. Data were analyzed by using descriptive statistics and inferential statistical analysis techniques. The result of the data analysis showed that the use of th Group Investigation leraning model has an effect on the critical thinking skills of class XI students of SMA Negeri 7 Makassar. The average class learning outcomes that used the Group Investigation (GI) learning model were higher than classes that did not use the Group Investigation (GI)learning model. In other words, Group Investigation (GI) learning models wa better to improve students’ critical thinking skills than conventionals models (lectures, questions and assigments).

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model group investigation (GI) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPS Geografi di SMA Negeri 7 Makassar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Eksperimen yaitu True Experiment Design. Sampel sebanyak dua kelas, setiap kelas terdiri dari 30 orang kelas eksperimen dan 32 orang kelas kontrol yang diberi perlakuan model kenvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kritis siswa. Data  dianalisis dengan statistika deskriptif dan teknik analisis statistik infrensial. Hasil analisis data menunjuukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Group Investigation (GI) berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMA Negeri 7 Makassar. Rata-rata hasil belajar kelas yang menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) lebih tinggi daripada kelas yang tidak menggunakan pembelajaran model Group Investigation. Dengan kata lain model pembelajaran Group Investigation (GI) lebih baik digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa daripada model konvensional (ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas).




Keywords


Group Investigation (GI) Learning Model; Critical Thinking Skills

Full Text:

PDF

References


Agustina, Sri. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Berdasarkan masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Mahasiswa Universitas Kanjuruhan Malang pada Matakuliah Hidrologi. Malang: Tesis tidak diterbitkan.

Japa, I gusti ngurah. 2008. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Terbuka Melalui Investigasi Bagi Siswa Kelas V SD 4 Kaliuntu. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 2. (1): 60-73.

Purwanto. 2004. Model Pembelajaran Group Investigation dalam Proses Belajar Mengajar Mata Kuliah Dasar-Dasar Ilmu Politik di FIS UNY. (online). (http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/JURNAL%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20KELOMPOK%20INVESTIGASI%20PADA%20MATA%20KULIAH%20DASAR-DASAR%20ILMU%20POLITIK%20DI% 20FIS%20UNY.pdf, Diakses April 2019).

Rianto, M. 2002. Pendekatan dan Metode Pembelajaran. Malang; Depdiknas.

Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Wena, M. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer; Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Cetakan I. Jakarta: Bumi Aksara.


Article Metrics

Abstract view : 81 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Sukmawati Sukmawati, Nur Astaman Putra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

UGJ IS INDEXED BY

 

UGJ IS PUBLISHED BY :

Geography Education Postgraduate Program

Universitas Negeri Makassar


UGJ IS LICENSED BY :

Creative Commons License
UNM Geographic Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

UGJ EDITORIAL LOCATION :

 width= Kampus Barat Gedung AB01 Lantai 1, Jalan Bontolangkasa, Makassar.

For StatCounter Click View My Stats